NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Tulisan Lepas

Tugas Malaikat Raqib dan Atid adalah Mencatat Amal Perbuatan Seluruh Manusia

2 Mins read
amal perbuatan manusia

Malaikat Raqib dan Atid mendapatakan julukan sebagai malaikat pencatat amal. Malaikat Raqib dan Atid apun ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencatat setiap amal perbuatan baik dan buruk setiap manusia.

Setiap muslim, sangat wajib hukumnya untuk mengimani keberadaan dan tugas dari para malaikat. Ada banyak sekali malaikat yang dibuat oleh Allah di dunia. Namun, hanya ada 25 malaikat yang wajib muslim ketahui dan imani. Sebagaimana telah disebukan oleh Allah SWT dalam firman-Nya di Surat Al- Baqarah ayat 285 yang menyebutkan bahwa.

“Rasulullah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya, yakni Al- Qur’an dari Allah SWT. Demikian pula dengan orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, dan rasul-Nya. Mereka pun berkata bahwa, “kami tidak pernah membedakan seorang pun dari rasul-Nya.” Dan mereka juga berkata bahwa, “kamu dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Allah, dan kepada-Mu tempat kami akan kembali.””

Agar Anda bisa lebih memahami apa tugas malaikat Raqib dan Atid, maka berikut ini akan dijelaskan tentang malaikat Raqib dan Atid yang dijuluki sebagai malaikat pencatat amal.

Malaikat Pencatat Amal Perbuatan Seluruh Manusia

Malaikat merupakan makhluk ghaib yang tampak mata dan menjalankan tugasnya selaras dengan perintah Allah SWT. Jumlah dari malaikat yang wajib diketahui dan diimani oleh setiap muslim berjumlah sepuluh, dan masing-masing tentunya memilki tugas yang berbeda-beda.

Malaikat Raqib dan Atid ini selalu mendapmpingi manusia, kemana saja setiap saat. Mengutip dari buku berjudul ‘Menguak Kematian” yang dituliskan oleh Argawi Kandito, dijelaskan bahwa malaikat Raqib dan Atid dalam menjalankan tugasnya menggunakan qorinnya untuk kemudian ditempatkan pada setiap manusia di dunia.

Tugas malaikat Raqib dan Atid ini adalah untuk mencatat seluruh amal kebaikan dari manusia. Sementara itu, malaikat Atid sendiri bertugas untuk mencatat amal peruatan jahat dari seluruh manusia.

Baca Juga   Mendapatkan Pekerjaan Dari Iklan Lowongan Pekerjaan di Koran

Dijelaskan juga seara tersirat dalam Surat Qaf ayat 18, bahwa malaikat Raqib selalu berdampingan dengan malaikat Atid dalam menjalankan tugasnya tersebut. Nabi Muhammad SAW bersabda.

“Bahwa sesungguhnya, Allah SWT telah menugaskan malaikat Raqib dan Atid ini untuk menuliskan segala sesuatu yang dilakukan dan dikatakan oleh hamba-Nya, satu di kanan dan satu lagi di kiri. Kemudian, ketika orang tersebut meninggal, Tuhan memerintahkan kepada malaikat Raqib dan Atid dengan firman-Nya untuk, “Biarlah kalia berdua tetap tinggal di kuburan hamba-Ku dan biarlah kamu mengucapkan tasbih, tahmid, dan takbir hingga hari kiamat, dan biarlah kamu menulis pahala untuk hamba-Ku itu.” (HR Abu Al- Sheikh dan Tabrani).

Tugas malaikat Raqib dan Atid ini mencatat dengan sangat hati-hati, sehingga tidak ada satu pun amal kebaikan dan keburukan yang lolos dari catatannya. Mereka tidak ditugaskan untuk menjatuhkan hukuman kepada umat manusia, melainka hanya mencatat, dan semu keputusan dikembalikan lagi kepada Allah SWT.

1304 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Tulisan Lepas

Solusi Turn Over Karyawan Yang Tinggi

4 Mins read
Sering menghadapi turn over karyawan yang tinggi? Simak artikel ini untuk mengatas solusi turn over karyawan yang tinggi. Sumber Daya Manusia Sebagai…
Tulisan Lepas

5 Tips Cara Menjadi Programmer Yang Handal

2 Mins read
Oh really mau nulis tentang cara menjadi programmer? Awalnya agak ragu untuk memulai menulis ini. Tapi pekerjaan pertama saya realnya programmer lho….
Tulisan Lepas

RIP Om Leo Soputan

2 Mins read
Waktu tinggal di Tangerang, aku gak menyangka bisa tinggal bertetangga dengan legenda sepakbola Indonesia, salah satunya adalah om Leo Soputan. Hari ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.