NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Software

9 Fitur Wajib dalam Aplikasi HR untuk Memudahkan Manajemen SDM

2 Mins read
aplikasi hr

Manajemen SDM adalah aspek penting dalam perusahaan. Sebab, manajemen SDM akan berpengaruh terhadap kualitas tenaga kerja. Semakin baik manajemen SDM dalam perusahaan, maka semakin tinggi produktivitas karyawan. Oleh karenanya dibutuhkan aplikasi HR untuk mendukung manajemen SDM yang optimal.

Memilih aplikasi HR tidak bisa sembarangan. Alih-alih memudahkan, memilih aplikasi HR dengan fitur yang tidak lengkap justru bisa menyulitkan perusahaan. Jadi, fitur apa saja yang harus ada pada aplikasi HR? Mari simak ulasan di bawah ini!

Payroll

Memberikan gaji sesuai ketentuan UU Ketenagakerjaan merupakan kewajiban perusahaan. Namun, proses penggajian merupakan salah satu tugas HRD yang cukup sulit dan rumit mengingat banyaknya komponen yang dimiliki seperti biaya jabatan, iuran BPJS Kesehatan, dan sebagainya.

Fitur payroll di aplikasi HR dapat membantu penyimpanan, pengelolaan, hingga proses perhitungan gaji dengan efektif. Tak hanya itu, fitur ini juga mampu membantu HRD membuat laporan penggajian yang efektif dan efisien.

Recruitment

Selain memelihara karyawan yang sudah ada di dalamnya, perusahaan juga perlu mencari talenta baru untuk bergabung menjadi bagian perusahaan melalui rekrutmen. Talenta baru ini nantinya diharapkan menjadi pendukung dalam perkembangan perusahaan.

Akan tetapi, proses rekrutmen tidaklah mudah. Ada banyak kandidat yang mendaftar, sementara waktu yang dimiliki HRD untuk melakukan seleksi tidaklah lama. Maka fitur recruitment akan membantu HRD untuk menyeleksi lamaran dari banyak kandidat sampai proses onboarding karyawan.

Competency Management

Setiap karyawan mempunyai kompetensi yang berbeda-beda. Kompetensi jika dikembangkan dapat menjadi nilai plus tersendiri bagi karyawan dan berguna bagi bisnis perusahaan. Oleh karena itu, fitur competency management dapat membantu HRD untuk mengembangkan kompetensi para karyawan melalui berbagai macam program.

Baca Juga   Cara Mengganti Skin FF (Free Fire) Gratis

Performance Management

Kompetensi yang baik akan menghasilkan performa kerja yang optimal. Oleh karena itu, performa kinerja juga harus dikelola dengan maksimal agar mencapai kinerja yang maksimal. Namun begitu performa tidak selalu stabil. Dengan menggunakan fitur performance management, perusahaan dapat memantau dan mengelola kinerja karyawan melalui satu sistem dengan mudah dan real time. Alhasil berbagai masalah seputar kinerja lebih mudah dideteksi dan dituntaskan sesegera mungkin.

Time Management

Kehadiran karyawan jarang dianggap sebagai hal penting dalam perusahaan. Padahal, kehadiran karyawan akan berpengaruh kepada progress kerja tim dan tugas-tugas administrasi yang dikerjakan oleh HRD. Fitur time management akan membantu pengelolaan jadwal kerja karyawan. Menetapkan kuota atau jatah cuti tiap karyawan, sampai membuat laporan kehadiran untuk penggajian bulanan.

Learning and Development

Kompetensi karyawan dapat dikembangkan melalui program pengembangan dan pelatihan karyawan. Dalam hal tersebut, penyusunan silabus serta penentuan tujuan apa yang ingin dicapai sangatlah penting agar program pelatihan dan pengembangan menghasilkan output yang diinginkan. HRD dapat memanfaatkan fitur learning and development pada fitur aplikasi HR agar penyusunan program pelatihan dan pengembangan lebih sistematis.

Personnel Administration

Data karyawan adalah aspek konfidensial yang perlu dijaga kerahasiaannya. Sebab, sering dijumpai ada berbagai kasus penyalahgunaan data dan informasi karyawan yang tentunya akan merugikan pihak karyawan dan perusahaan itu sendiri. Adanya fitur personnel administration dapat menunjang pendokumentasian informasi karyawan dengan aman dan rapi, sehingga HRD tidak perlu kesulitan lagi untuk mengelola dan mencari informasi tertentu seperti ketika menggunakan cara manual.

Reimbursement

Sering kali karyawan harus menggunakan dana pribadi untuk keperluan perusahaan. Nantinya uang ini akan diganti oleh pihak perusahaan. Proses pencairan dana yang sebelumnya ditalangi oleh karyawan akan dikelola menggunakan fitur reimbursement. Karena dapat diproses lebih cepat, pihak karyawan tidak perlu lagi menunggu approval terlalu lama dari HRD.

Baca Juga   Ajib! Ini Aplikasi Alternatif AutoCAD Dengan Lisensi Seumur Hidup

Succession

Berbagai posisi penting dalam perusahaan tidak bisa diisi oleh sembarang orang, posisi penting tersebut harus diisi oleh kandidat yang memenuhi kualifikasi. Untuk mencari kandidat unggulan dari internal perusahaan, fitur succession akan sangat berguna. Fitur succession akan mengelola dan membantu HRD memilih karyawan dengan performa terbaik yang akan dipersiapkan menjadi pemimpin masa depan.

Itulah fitur-fitur wajib dalam aplikasi HR serta akan membantu tugas HRD lebih efektif dan efisien. Salah satu aplikasi HR yang memiliki fitur-fitur lengkap di atas adalah LinovHR. Sebagai vendor, LinovHR dikenal memiliki tampilan yang mudah dipahami dengan tim layanan yang responsif.

Semoga informasi di atas dapat membantu!

1356 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Software

Ingin Menyimpan Video Dari Instagram? Ikuti Cara Simpan Video Instagram Berikut

2 Mins read
Simak cara menyimpan video dari Instagram berikut ini! Saat ini penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari–hari memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi….
Software

Ajib! Ini Aplikasi Alternatif AutoCAD Dengan Lisensi Seumur Hidup

3 Mins read
Aplikasi alternatif AutoCAD dengan lisensi seumur hidup ini banyak dicari.  Hal itu karena AutoCAD saat ini memberlakukan lisensi langganan setiap tahun sehingga…
Software

5 Aplikasi Untuk Membuat Meme Dengan Mudah

2 Mins read
Sekarang ini, memang meme comic menjadi trend di kalangan pengguna media sosial. Meme comic ini bisa mencakup hampir semua aspek kehidupan. Mulai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.