NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Software

Apakah Surat Lamaran Kerja Fisik Masih Efektif?

2 Mins read
Surat Lamaran Kerja

Seorang pelamar kerja akan mengirimkan surat lamaran kerja ketika hendak melamar pekerjaan. Surat lamaran tersebut berguna agar HRD mengetahui sekilas latar belakang dari sang kandidat. Beberapa kandidat masih mengirimkan surat berupa dokumen fisik karena dinilai lebih mudah dibandingkan mengirim via e-mail. Padahal tidak demikian. Surat dalam bentuk fisik sulit diproses oleh HRD, loh! Nah, daripada semakin bingung, coba ikuti pembahasan di bawah ini!

Mengirimkan Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Proses digitalisasi sudah merambah ke ranah industri. Hampir semua perusahaan mulai perlahan ke proses digital. Mau tidak mau, seorang kandidat pun harus mulai beradaptasi dengan perubahan yang ada. Kandidat harus mulai belajar secara mandiri bagaimana cara penggunaan produk teknologi, termasuk dalam mengirimkan surat lamaran kerja via email. Di bawah ini adalah perbandingan mengapa mengirimkan surat lamaran via email jauh lebih efektif dibandingkan dengan surat fisik:

Cepat Sampai ke HRD

Pengiriman dokumen fisik memakan waktu lama. Ketika surat lamaran kerja pun sampai ke perusahaan, belum tentu surat tersebut langsung diterima oleh HRD. Surat fisik yang masuk ke dalam perusahaan harus diterima oleh front office terlebih dahulu baru kemudian diteruskan kepada pihak terkait. Dengan mengirimkan via email langsung ke email HRD, surat lamaran kerja akan langsung sampai kepada HRD.

Memudahkan Seleksi

Setiap hari HRD menerima ratusan hingga ribuan surat lamaran kerja. Sulit bagi HRD untuk menyeleksi surat yang masuk jika surat tersebut datang dalam bentuk fisik karena akan memenuhi meja kerja. Tidak demikian dengan surat lamaran via email yang lebih ringkas dan praktis. HRD pun lebih mudah menyeleksi kandidat.

Baca Juga   4 Software Untuk HRD

Hemat

Seorang kandidat umumnya akan melamar ke beberapa perusahaan sekaligus. Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk biaya print surat lamaran? Belum lagi untuk membeli amplop coklat. Pasti sangat banyak, bukan? Sedangkan dengan mengirim via email, kandidat hanya perlu mengeluarkan biaya untuk internet yang tidak begitu memakan kuota untuk kirim email.

Lebih Mudah untuk Menyimpan Data

Semua surat lamaran yang masuk akan diproses dan di-input oleh HRD. JIka surat lamaran yang masuk melalui email, maka HRD tidak perlu mengetik ulang kedalam sistem. Untuk memudahkan HRD menjalankan rekrutmen, HRD menggunakan Recruitment Software dari LinovHR. Fitur web form dalam memudahkan HRD untuk memasukkan data dan informasi kandidat yang dibutuhkan perusahaan.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa mengirimkan surat lamaran kerja melalui email jauh lebih efektif daripada surat fisik. HRD akan jauh lebih cepat memproses surat lamaran yang masuk. Dengan menggunakan email pula akan menunjukkan kandidat memahami dan menguasai penggunaan teknologi untuk tugas-tugas sederhana, di mana itu adalah nilai plus bagi seorang kandidat. Akhirnya mendapatkan pekerjaan pun jauh lebih cepat!

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Review Produk

4 Software Untuk HRD

2 Mins read
Tugas dari bagian HRD (Human Resource Departement) pada sebuah instansi di antaranya adalah melakukan pengelolaan sumber daya manusia dari instansi tersebut. Termasuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.