NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Review Jasa

Berbagai Pemanfaatan Akrilik

3 Mins read
pemanfaatan akrilik

            Minggu kemarin, sebuah paket datang ke rumah dan ternyata pesanan talang AC yang saya pesan telah sampai ke rumah. Saya heran melihat bahwa bahan talang AC  yang saya pesan ternyata terbuat dari bahan transparan semacam kaca, bahkan dengan bahan yang sama berkilaunya dengan kaca tapi ternyata bukan kaca. Setelah menyelesaikan pekerjaan rumah, iseng–iseng saya cari tahu bahan talang AC tadi yang ternyata terbuat dari bahan akrilik.

            Apa itu akrilik? Menurut wikipedia, akrilik atau polimetil metakrilat atau disingkat PMMA  adalah bahan yang berupa termoplastik transparan yang dapat dijadikan sebagai bahan alternatif kaca. Termoplastik sendiri adalah bahan yang mudah melunak jika dipanaskan dan mudah mengeras jika didinginkan. Termoplastik mengandung resin hidrokarbon dan manik – manik kaca. Material ini dikembangkan oleh banyak ahli seperti William Chalmers, Otto Röhm, and Walter Bauer  pada sekitar awal tahun 1928 pada berbagai laboratorium namun mulai dipasarkan sejak tahun 1933 oleh Perusahaan German Rohm & Haas AG.

            Akrilik ini ada banyak tipenya ya temans, tapi kali ini saya hanya akan berfokus pada akrilik yang berbentuk lembaran seperti yang saya temui di rumah pada talang AC yang baru saya beli.

1. Akrilik vs Kaca

            Sifat akrilik yang lentur membuat akrilik lebih kuat dibandingkan dengan kaca karena tidak mudah pecah. Menurut penelitian, akrilik 4x–8x lebih kuat daripada kaca. Selain itu, akrilik juga lebih resisten terhadap sinar matahari dan UV.

            Dengan tampilan yang sama dengan kaca namun memiliki berat yang lebih ringan dari kaca, maka akrilik dapat dikatakan lebih ekonomis daripada kaca karena selain memiliki durabilitas yang lebih baik daripada kaca namun karena akrilik lebih ringan maka ongkos yang diperlukan untuk mengangkut akrilik juga akan lebih murah dibanding ongkos angkut kaca yang jelas – jelas lebih berat. Karena lebih ringan daripada kaca, bahkan akrilik juga ideal digunakan untuk proyek DIY karena bahannya lebih mudah dikerjakan.

2. Akrilik vs Polycarbonate

            Akrilik memang bukan satu – satunya alternatif pengganti kaca, bahan lain yang juga terkenal sebagai pengganti kaca adalah Polycarbonate. Akrilik lebih berkilau daripada polycarbonate, meski demikian, meskipun akrilik adalah bahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca namun cenderung lebih rapuh daripada polycarbonate. Tapi dari sisi harga polycarbonate lebih mahal dari harga akrilik, bahkan perbedaan harganya bisa mencapai 35%.

            Selain lebih ekonomis, akrilik juga telah terbukti aman digunakan karena telah melalui proses pengujian di laboratorium yang membuktikan bahwa akrilik tidak mengandung Bisphenol A yang pernah ditemukan terkandung pada polycarbonate. Jadi dari sisi kesehatan, jelas akrilik lebih aman digunakan ketimbang polycarbonate.

3. Pemanfaatan Akrilik

            Nah, setelah kita tahu apa itu akrilik dan perbandingannya dengan kaca maupun polycarbonate, tentunya kita juga ingin tahu bisa dimanfaatkan untuk apa sajakah akrilik ini selain untuk piala dan talang AC seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

 A. Jam Dinding Stylish

            Bahan akrilik yang transparan dan elegan sangat cocok dijadikan jam dinding yang tentunya akan terlihat stylish.

B. Kotak Penyimpanan

            Wadah kosmetik atau perhiasan yang terbuat dari bahan akrilik sudah banyak bertebaran di toko – toko aksesoris karena selain bahnnya yang kuat, wadah atau tempat penyimpanan dari bahan akrilik ini terlihat lebih cantik dan lebih mahal dari bahan yang hanya terbuat dari kayu atau plastik.

C. Kotak Amal Sumbangan

            Mungkin kotak amal sumbangan adalah benda yang terbuat dari akrilik yang paling sering kita lihat. Sifat transparan dari akrilik ini memudahkan bagi pengurus kotak sumbangan amal untuk mengambil kotak ketika uang yang ada dalam kotak sumbangan telah penuh.

D. Plakat Akrilik

            Akhir–akhir ini, plakat yang terbuat dari akrilik sedang ramai dipakai oleh beberapa penyelenggara kompetisi untuk diberikan pada peserta maupun juara dari kompetisi yang mereka adakan. Selain diberikan pada juara dalam kompetisi, plakat akrilik juga kerap diberikan sebagai  simbol  penghargaan dalam berbagai acara.

            Nah, untuk kalian yang ada di daerah Bandung dan sekitarnya yang ingin membuat plakat akrilik seperti diatas, bisa menghubungi pembuatplakat.com yang jadi spesialis plakat Bandung. Tersedia banyak bentuk dan berbagai plakat akrilik yang unik di plakat.com lho. Jadi, jangan ragu diorder ya.

1290 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.