NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Peluang Usaha yang bisa kita lirik di Masa Pandemi

4 Mins read
peluang usaha masa pandemi

Di masa pandemi karena Covid-19 ini, banyak pekerja yang terpaksa harus memutar otak karena adanya efisiensi perusahaan yang menyebabkan pemotongan gaji atau bahkan pengurangan pegawai di perusahaan yang menyebabkan PHK besar-besaran. Lalu apa yang dapat kita lakukan jika kita adalah salah satu korban pekerja tersebut?. Tentunya tak cukup mengandalkan bantuan dari pemerintah saja kan? kita harus lebih kreatif dan membuka peluang usaha untuk kemajuan diri sendiri. Dengan banyaknya usaha yang turun dikala pandemi, lalu usaha apa yang sekiranya cocok untuk kita jalani? Yuk intip dulu 5 peluang usaha di masa pandemi di bawah ini.

1. Usaha Makanan

usaha berjualan makanan
usaha berjualan makanan

            Akhir–akhir ini banyak konten viral tentang pilot atau pekerja kelas atas lainnya yang rame–rame membuka usaha kuliner setelah diberhentikan dari instansi mereka bekerja. Mencoba usaha kuliner memang tak ada salahnya, apalagi jika anda adalah orang yang suka dan bisa memasak. Lalu bagaimana jika anda tidak pandai memasak? Jangan kuatir, anda bisa memulai usaha dengan bekerja sama dengan orang lain yang ahli dalam memasak, seperti ibu, saudara, atau bahkan teman anda. Anda juga bisa memulai dengan mengikuti kursus memasak dan mulai membuka usaha setelah anda  lulus dari kursus memasak.

            Jika anda mempunyai modal yang cukup besar, mungkin anda juga bisa memulai usaha kuliner dengan membeli franchise dari usaha kuliner yang sudah dulu mempunyai nama dan pelanggan. Dengan membuka usaha dari franchise maka anda tak perlu memikirkan sistem dan bahan baku dari usaha anda karena biasanya akan disediakan langsung oleh pihak franchisor.

            Jika anda memutuskan untuk menjual masakan anda sendiri dari rumah, anda bisa memanfaatkan marketplace kuliner online untuk memudahkan anda menemukan calon pelanggan.

Baca Juga   Mengembangkan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T Indonesia Melalui Dayamaya

2. Membuka Bimbingan Belajar Atau Kursus Online

Usaha Kursus Online
Usaha Kursus Online

            Disaat pandemi seperti ini sebenarnya membawa banyak peluang bagi anda yang mempunyai keterampilan atau keahlian di bidang tertentu. Dikarenakan keputusan sekolah untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh. Jika anda mempunyai kemampuan lebih di bidang mata pelajaran tertentu dan mempunyai passion untuk mengajar, anda bisa membuka usaha bimbingan belajar online. Anda yang mempunyai keahlian melukis juga bisa membuka kursus lukis online. Anda yang adalah praktisi dalam bidang tertentu, bahkan dapat memanfaatkan waktu luang saat Work From Home untuk memberi kursus online berbayar karena disaat pandemi ini banyak sekali orang yang memanfaatkan waktunya di rumah untuk belajar keahlian baru.

3. Bisnis Bunga Dan Tanaman

Usaha Berjualan Tanaman
Usaha Berjualan Tanaman

            Anda termasuk orang yang senang dengan tanaman? Anda punya relasi dengan banyak penjual bunga dan tanaman? Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas? Jika semua jawaban diatas adalah iya, maka akan sangat tepat sekali jika anda memanfaatkan relasi anda untuk menjual bunga dan tanaman yang kini sangat marak karena pandemi Covid-19. Selain berjualan secara offline dari halaman rumah, anda bisa mengembangkan bisnis anda ini dengan memanfaatkan platform media sosial yang anda miliki untuk mempromosikan bunga dan tanaman yang anda jual.

4. Bisnis Piyama Atau Pakaian Tidur

Usaha Berjualan Piyama
Usaha Berjualan Piyama

            Ya, anda tidak salah baca. Bisnis piyama atau pakaian tidur sedang naik daun disaat pandemi Covid-19, mulai dari piyama, kaus, celana pendek, bahkan daster, semua laris manis disaat pandemi karena wanita dan anak – anak, yang adalah konsumen terbesar dari bisnis ini,  menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah. Berbagai model baju tidur yang diviralkan oleh para artis dan selebgram membuat banyak wanita di negara ini semakin menaruh minat pada fashion pakaian tidur karena mereka ingin tetap tampil modis dan stylish meskipun hanya di rumah saja.

Baca Juga   Tips Cara Jualan Online Laris di Marketplace

5. Bisnis Masker Kain Dan Aksesorisnya

Usaha Jual Masker
Usaha Jual Masker

            Masker adalah barang mutlak yang harus dimiliki oleh semua orang didunia saat ini, tak terkecuali masyarakat di Indonesia. Bisnis ini termasuk sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang besar, bahkan anda bisa membuat masker kain dari kain perca. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang mudah anda temukan di rumah. Tapi jika anda ingin masker anda berbeda dari yang lain, anda bisa menggunakan kreativitas anda dengan memakai kain – kain yang lain agar masker yang anda buat lebih cantik, misalkan dengan memadukan masker kain yang anda buat dengan kain brokat dan diberi manik sebagai hiasan. Anda juga bisa melengkapi bisnis anda ini dengan membuat tali gantungan masker dari manik–manik atau dari bahan lain sesuai kreativitas anda, cukup mudah bukan?

            Nah, itu tadi 5 peluang usaha yang bisa kalian manfaatkan untuk menambah penghasilan atau bahkan menggantikan penghasilan kalian yang hilang karena imbas pandemi Covid-19. Nah, kalau kalian ingin memulai salah satu usaha diatas tapi masih bingung karena belum punya modal usaha bagaimana?

            Jangan kuatir ya teman, kini ada Tunaiku. Apa itu Tunaiku? Tunaiku adalah teknologi finansial atau bahasa kerennya fintech. Nah, Tunaiku ini adalah fintech pertama di Indonesia yang menyediakan jasa peminjaman uang tunai tanpa agunan lho. Tunaiku ini sudah didukung dengan teknologi dan data analytic yang canggih sehingga memudahkan debitur dalam bertransaksi.

            Calon debitur bisa memanfaatkan aplikasi TUNAIKU yang ada di Play Store untuk memudahkan meminjam. Tinggal siapkan KTP dan buka aplikasinya aja, lalu pinjaman kamu bisa dicairkan sesuai nilai kontrak yang sudah disetujui.

Baca Juga   P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

            Bagi Kalian yang ingin membuka usaha baru atau bahkan menambah modal usaha, Tunaiku ini juga bisa kalian maafaatkan sebagai pinjaman modal usaha lho, ga perlu ribet cari surat atau barang yang bisa diagunkan ataupun bolak balik ke bank untuk mengurus pinjaman karena kalian bisa lakukan proses pinjaman modal usaha cukup dari aplikasi di rumah atau dari tempat usaha kalian, praktis kan?

            Oya, Tunaiku ini adalah bagian dari Kredit Personal Multiguna dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk, jadi tak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Yuk, manfaatkan Tunaiku.

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Jangan Lupakan Studi Kelayakan Dari Sebuah Rencana Bisnis

2 Mins read
Saat ini semakin banyak orang yang ingin menjalankan bisnis. Berbagai peluang bisnis dijajaki. Namun sebelum menjalankan sebuah bisnis, sangat diperlukan untuk memiliki…
Bisnis

Tips Cara Jualan Online Laris di Marketplace

5 Mins read
Perkembangan internet yang semakin masif menimbulkan dunia bisnis baru yang berkembang di masyarakat, yaitu bisnis online. Kemudahan yang didapatkan oleh pembeli ketika…
Bisnis

Mengembangkan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T Indonesia Melalui Dayamaya

3 Mins read
Saat ini ekonomi digital dipandang sebagai salah satu penggerak perekonomian suatu negara. Dengan penduduk yang banyak, maka Indonesia mempunyai potensi ekonomi digital…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.