NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
parenting

Cara Mengasuh Anak Dengan Belajar Dari Fakta Anak Bungsu

2 Mins read
Balajar Dari Fakta Anak Bungsu
Balajar Dari Fakta Anak Bungsu

Saya dan istri saya lekat dengan predikat anak bungsu. Saya adalah anak bungsu dari dua bersaudara, sedangkan istri saya sangat dekat dengan adik bungsunya. Hal inilah yang membuat kami banyak belajar dari fakta anak bungsu untuk mengasuh anak kami.

Fakta Anak Bungsu

Saya Sebagai Anak Bungsu Di Keluarga
Saya Sebagai Anak Bungsu Di Keluarga

Sebagai anak bungsu, saya memahami benar mengenai apa yang terjadi di seputar anak bungsu. Begitu pula dengan istri saya yang dekat dengan adik bungsunya karena pada saat itu diminta oleh kedua orang tuanya untuk mengasuh adik bungsunya.

Ada beberapa fakta yang melekat pada anak bungsu antara lain:

  1. Anak Bungsu Lebih Dimanja
    Banyak dari keluarga cenderung lebih memanjakan anak bungsu mereka. Saya juga merasakan hal yang sama. Saya sebagai anak bungsu merasakan bahwa saya lebih dimanja jika dibandingkan dengan kakak saya. Kondisi ini juga saya temui pada keluarga istri saya. Sebagai contohnya banyak kemauan dari anak bungsu yang lebih dituruti oleh kedua orang tuanya jika dibandingkan dengan kakak-kakaknya.

  2. Anak Bungsu Mencontoh Kakaknya
    Hal lain yang menjadi fakta dari anak bungsu adalah, seorang anak bungsu pastinya akan mencontoh kakaknya. Misalnya dengan mencontoh perilaku kakak, atau juga berbagai prestasi yang dilakukan oleh kakaknya.

  3. Anak Bungsu Mau Menang Sendiri
    Karena anak bungsu cenderung lebih dimanja di dalam keluarga, maka yang terjadi adalah anak bungsu akan mempunyai kecenderungan untuk mempunyai sikap yang mau menang sendiri. Ini tidak terlepas dari banyaknya kemauan dari anak bungsu yang selalu dituruti.

Ketiga hal ini mungkin sebagian kecil saja dari fakta yang muncul sebagai anak bungsu, fakta-fakta lain mungkin juga bisa muncul dan bisa juga menjadi hal yang berbeda dengan fakta yang telah diungkapkan ini.

Menentukan Pola Mengasuh Anak

Adik Bungsu Istri Saya
Bersama Adik Bungsu Istri Saya

Belajar dari fakta anak bungsu tersebut, maka saya dan istri sepakat untuk memasukkan fakta tersebut ke dalam pola mengasuh anak. Meski saat ini kami hanya memiliki satu anak, namun beberapa fakta dari anak bungsu tersebut bisa jadi juga muncul dalam perilaku anak kami.

Oleh sebab itu, berdasarkan fakta tersebut, kami menentukan beberapa hal berikut ini:

  1. Sebagai Bahan Untuk Membuat Pola Asuh Anak
    Sangat disadari bagi saya dan istri, posisi sebagai anak bungsu sangat berpengaruh pada perilaku anak. Oleh sebab itu dengan melalui proses perenungan kami sebagai orang tua, kami akan memastikan untuk memperhatikan kemungkinan perilaku yang terjadi pada anak bungsu juga kepada anak kami, dengan cara memperhatikan dan juga menentukan pola asuh anak kami.

  2. Mengarahkan Kepada Pendidikan Yang Tepat
    Memberikan pendidikan kepada anak memang benar sebagai kewajiban dari orang tua. Tetapi kami lebih memperdalamnya dengan memberikan pendidikan yang tepat untuk anak kami. Misalnya saja dengan memastikan kurikulum serta pola belajar ketika memilih institusi pendidikan tempat anak kami akan bersekolah.

  3. Memberikan Kesempatan Kepada Sang Anak
    Hal lain yang kami berikan kepada anak kami adalah keleluasaan pada pilihan. Hal ini tentunya disertai dengan tanggung jawab yang harus diembannya. Hampir mirip dengan anak bungsu yang selalu dituruti kemauannya, kami mengambil sisi positifnya dengan memastikan anak mengerti akan tanggung jawab dari kemauannya tersebut. Kami menganggap bahwa seorang anak akan mampu berhasil jika diberikan didikan dengan kesempatan dan tanggung jawab.

Ketiga hal inilah yang kami sebagai orang tua telah terapkan sebagai pola asuh anak kami dengan belajar dari fakta anak bungsu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Artha Nugraha Jonar
1204 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

18 Comments

  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.