NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Keuangan

Era Digital Dan Kemudahannya Bagi Manusia

3 Mins read
Kemudahan Di Era Digital
Kemudahan Di Era Digital

Diakui atau tidak perkembangan teknologi yang semakin pesat, memaksa kita sebagai manusia untuk mau terus berubah dan mengupgrade pengetahuan kita mengikuti perkembangan jaman agar tidak ikut terjerembab dalam pusaran waktu. Terlebih di era digital kini, dimana semua aktifitas kita tak lagi terhalang waktu dan tempat.

Dari Era Digital Revolusi Industry 3.0 Ke Society 5.0

Sebelum membahas pengaruh era digital bagi dunia finansial, kita kenali dulu apa itu era digital. Jadi menurut para ahli, era digital adalah jaman dimana semua tatanan kehidupan manusia yang mulanya dikerjakan oleh manusia dengan bantuan alat elektronik dan mekanik analog digantikan oleh teknologi digital.

Era digital ini sebenarnya sudah tercetus saat revolusi industri ke tiga atau revolusi industri 3.0 dimana teknologi komputer, otomasi, dan sistem informatika sudah dipakai dalam industri, namun penemuan awal internet di akhir industri ketigalah yang justru membuka gerbang pada revolusi industri 4.0 dimana semua tatanan kehidupan manusia bersandar pada internet atau IoT (Internet of Thing). Para ahli mulai memanfaatkan Artifisial Intelejen (AI) dan robot untuk membantu dalam bidang industri. Para ahli memanfaatkan sistem pengolahan dan penyimpanan data secara virtual untuk membantu perusahaan mengetahui preferensi pelanggan mereka.

Namun, bagai pisau bermata dua, dengan adanya gelombang digital yang begitu besar pada dunia industri yang membawa kemajuan dan keuntungan besar pada sektor industri, di sisi lain membuat banyak tenaga manusia tergantikan oleh tenaga robot yang membuat naiknya tingkat pengangguran. Beruntung bagi mereka yang sudah mempersiapkan era ini dengan menambah skill dan pengetahuan mereka, namun bagi pekerja yang tak bisa beradaptasi, otomatis akan tergerus oleh perkembangan teknologi di bidang industri ini.

Baca Juga   Ini Dia Solusi Pinjaman Dengan Mudah Dan Cepat

Hal inilah yang memicu timbulnya revolusi industri kelima atau yang dikenal dengan nama Society 5.0. Society 5.0 ini pertama kali didengungkan oleh perdana menteri Jepang Shinto Abe di Jepang pada akhir Januari 2019. Semakin menurunnya populasi manusia di Jepang yang berakibat menurunnya angka pekerja produktif adalah penyebab dicetuskannya Society 5.0.

Dengan Society 5.0 maka teknologi bukan lagi sebagai pengganti manusia namun teknologi dianggap sebagai bagian hidup dari manusia hingga manusia dapat hidup berdampingan akrab dengan teknologi. Jadi dalam Society 5.0 bukan lagi teknologi sebagai fokus utamanya tapi lebih kepada manusia.  Diharapkan dengan kemajuan teknologi manusia dapat terbantu baik dari segi ekonomi, kesehatan dan banyak bidang lainnya..

Contoh penerapan Society 5.0 yang ada di Indonesia saat ini antara lain Ojek Online, PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan media temu online, dan banyak lagi, sedangkan contoh Society 5.0 di Jepang saat ini adalah penggunaan drver-less car untuk mengurangi gas buang emisi di negara Sakura tersebut.

Kemudahan Di Era Digital

Era Digital adalah jaman dimana kita sebagai manusia dimanjakan oleh banyak kemudahan pelayanan yang biasanya tak bisa kita nikmati karena terhalang tempat dan waktu namun dapat kita capai dengan cukup mudah hanya melalui jaringan internert yang ada di sekitar kita. Banyaknya area wifi gratis juga seakan mendukung kenyamanan kita dalam era digital ini. Berikut ini adalah 3 contoh kemudahan yang bisa kita peroleh di era digital :

1. Bertemu Saudara Atau Teman Yang Jauh Hanya Melalui Video Call

Video Call Dengan Mudah
Video Call Dengan Mudah

Saya teringat saat saya masih duduk di Sekolah Dasar awal, di tahun 90an, saya menonton film Star Trek di bioskop bersama orang tua saya dan begitu takjub saat pemeran utama pria yang saat itu ada di atas pesawat berbicara dengan lawan mainnya yang ada di bumi menggunakan alat komunikasi berbentuk persegi panjang dengan panjang yang tak lebih besar dari genggaman tangannya, alat itu bisa menunjukkan wajah masing–masing penggunanya sehingga mereka bisa berbicara langsung face to face dari jarak jauh.

Baca Juga   P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Tak pernah saya pikirkan sebelumnya bahwa alat yang saya pernah jumpai 30 tahunan yang lalu di film kini dimiliki oleh hampir 90% manusia di bumi ini sehingga kini jarak bukan lagi sebagai peghalang silahturahmi manusia karena cukup melakukan panggilan video call dan kerinduan anda pada kerabat bisa sedikit terobati.

2. Membeli Barang Cukup Dari Rumah

Berbelanja Online di Rumah
Berbelanja Online di Rumah

Era digital ini juga mendukung kenyamanan para milenial yang kebanyakan mager atau malas gerak  karena kita bisa membeli segala sesuatu dari toko manapun cukup dari rumah. Banyak aplikasi yang mendukung kita untuk membeli semua barang dari rumah, mulai dari makanan, barang fashion, hingga kebutuhan rumah tangga. Semua cukup lewat aplikasi yang kita punya di gadget.

3. Transaksi Perbankan Lebih Mudah

 Membawa uang secukupnya dan bertransaksi menggunakan kartu dan ponsel agaknya kini menjadi kebiasaan sebagian besar milenial di Indonesia. Selain lebih praktis juga lebh aman karena menghindari tindakan kriminal dari orang asing yang mungkin terjadi karena uang yang kita bawa.

 Era digital memudahkan kegiatan transfer antar bank yang sebelumnya harus kita lakukan di kantor cabang bank atau di atm menjadi cukup dirumah atau dimanapun kita sedang berada. Cukup dengan mendownload aplikasi di playstore dan anda bisa memilih sendiri aplikasi transfer antar bank yang anda inginkan.

Nah, bagi anda yang tertarik menggunakan aplikasi keungan untuk transfer antar bank yang gratis tanpa dibebani biaya admin (biasanya sebesar Rp. 6.500,-) yang biasanya diberlakukan bank saat anda melakukan transaksi transfer antar bank, anda bisa memilih neu.

Transfer Antar Bank Dengan Neu
Transfer Antar Bank Dengan Neu

Apa itu neu? neu adalah aplikasi keuangan milik PT. Neu Inklusi Keuangan yang didukung oleh SAFECASH (PT. Inklusi Keuangan Nusantara) yang sudah mengantongi ijin transfer dana  dari Bank Indonesia yang bisa kawan sekalian download di playstore dan appstore. Selain bebas biaya admin, neu juga bisa digunakan untuk transfer ke 10 bank sekaligus dalam waktu yang bersamaan lho. Oya, ada maksimal transfer perhari menggunakan neu ini ya yaitu sebesar Rp. 25.000.000,-.           

Baca Juga   Cara Mudah Lapor Pajak Online dengan e-Filling DJP Online

Selain neuTransfer yang bisa membantu kawan semua untuk transfer antar bank, masih banyak fitur menarik lainnya di aplikasi neu ini seperti neuBudget yang bisa membantu kalian mengontrol pengeluaran kalian lho. Aplikasi neu ini juga bisa membantu kawan semua membayar berbagai tagihan dan top up cukup dari rumah saja.

Bagaimana kawan? Tertarik menggunakan neu?

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Keuangan

Ini Dia Solusi Pinjaman Dengan Mudah Dan Cepat

4 Mins read
Kali ini kita akan membahas mengenai solusi pinjaman. Saya sengaja menggunakan kata solusi di depan kata pinjaman karena pada dasarnya pinjaman adalah…
Keuangan

Tips Mudah Apabila Lupa Username dan Password BRImo

1 Mins read
Username dan password sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai hal. Terutama bagi Anda yang akan melakukan aktivitas finansial secara online. Hal tersebut akan…
Bisnis

P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

2 Mins read
Kebutuhan akan permodalan terkadang menjadi suatu halangan ketika ada keinginan untuk mengembangkan bisnis, hal ini terutama pada bisnis yang baru mulai berkembang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.