NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Lifestyle

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

2 Mins read
Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai pekerja, BPJS Ketenagakerjaan wajib anda miliki. Pasalnya, dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, anda seperti mempunyai tabungan di hari tua atau pensiun dari hasil potongan gaji setiap bulannya.

Bicara BPJS Ketenagakerjaan, dalam kesempatan kali akan coba membahas tentang fungsi BPJS Ketenagakerjaan dan cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut.

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

  1. Sebagai Jaminan Kecelakaan (JKK)
    Fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah untuk menjamin karyawan yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai apabila menderita suatu penyakit akibat kerja atau mengalami kecelakaan kerja. Risiko kecelakaan akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan mulai dari karyawan pergi dan pulang kerja. Dan keseluruhan iuran menjadi tanggung jawab pihak perusahaan.

  2. Sebagai Jaminan Hari Tua (JHT)
    Fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang satu ini adalah berupa jaminan yang bisa diterima oleh karyawan setelah pensiun nanti. Program ini bertujuan supaya karyawan mendapatkan uang cash setelah masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

  3. Sebagai Jaminan Pensiun
    Perlu diketahui bahwa jaminan pensiun dan jaminan hari tua memiliki perbedaan. Dimana, jaminan penisun baru diberikan selama per bulan maksimal 180 bulan sejak masa karyawan selesai atau pensiun. Program ini bertujuan untuk menjamin karyawan agar memiliki kehidupan yang layak setelah berkurangnya penghasilan. Bila karyawan tersebut meninggal dunia, maka iuran bisa diturunkan ke anak karyawan yang menjadi peserta.

  4. Sebagai Jaminan Kematian (JKM)
    Jaminan kematian ini berupa bantuan dana apabila karyawan yang terdaftar meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja. Santunan ini biasanya akan diberikan langsung kepada ahli waris dari peserta. 

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenegakerjaan

Pada kartu BPJS tertera nomor BPJS (nomor virtual Account) dari masing-masing peserta yang digunakan untuk melakukan pembayaran setiap bulannya. Selain itu, nomor BPJS tersebut juga digunakan untuk mengecek dan mengetahui informasi seputar BPJS.

Baca Juga   Ini Dia Bulu Mata Palsu Keren Dari Korea

Lantas, bagaimana cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Cek Nomor BPJSTKU via Media Sosial
    Cek Nomor BPJSKU via Facebook:
    • Buka Facebook BPJSTKU di @BPJSKinfo
    • Kemudian anda kirim permohonan melalui fitur kirim pesan atau inbox
    • Cantumkan nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dan NIK KTP (cara cek no bpjs ketenagakerjaan dengan nik).

  2. Cek Nomor BPJSTKU via Twitter:
    • Anda buka Twitter  @BPJSKinfo.
    • Lalu cari fitur direct message.
    • Setelah ditemukan, anda ketik dengan format mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, NIK e-KTP.

  3. Cek Nomor BPJSTKu via WhatsApp:
    Selain menggunakan Facebook, anda juga bisa menggunakan WhtasApp untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Caranya juga sangat mudah, namun layanan ini masih terbatas bagi Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri. Anda bisa mengecek nomor BPJSTKU menggunakan WhatsApp di nomor telepon +62 811-9115910 dan +62 855-1500910.

  4. Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan via Situs Resmi
    Ada cara lainnya untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan online melalui situs resmi. Cara ini juga bisa anda gunakan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
    • Anda kunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. 
    • Masukkan alamat email dan password yang sebelumnya sudah anda daftarkan.
    • Lalu klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.
    • Pilih login.
    • Klik cek kartu digital
    • Kemudian akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan anda.
1384 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Kisahku mengajarkan si kecil mencintai bumi dengan memakai tinta refill spidol

2 Mins read
Sebagai orang tua, saya tentunya harus berhitung untuk segala keperluan yang saya keluarkan tiap bulan. Salah satu pengeluaran yang ternyata selalu tercatat…
Lifestyle

Wahai Pria di luar sana, Perhatikan 8 hal ini ketika Memilih Jam Tangan

3 Mins read
Jam tangan bukah hanya berfungsi untuk penunjuk waktu, melainkan sudah menjadi aksesoris pria. Tentunya, pemilihan yang tepat akan menambah rasa percaya diri….
Lifestyle

Eits, Jangan beli kulkas dulu sebelum baca ini!

2 Mins read
Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia kerap kali tidak menentu, seringkali malah cuaca di sekitar tempat saya tinggal sangat panas. Suhu yang sangat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.