NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Otomotif

Perbedaan Shockbreaker Tabung dengan Shockbreaker Biasa

3 Mins read
Perbedaan Shockbreaker Tabung dengan Shockbreaker Biasa

Sekarang ini kita bisa melihat ada banyak kendaraan sepeda motor keluaran Suzuki yang menggunakan shockbreaker tabung.

Memang shockbreaker tabung menjadi aksesoris yang tidak hanya bisa menjadi penambah unsur estetika dan keindahan dari kendaraan yang digunakan.

Namun sama seperti fungsi shockbreaker biasa, versi shockbreaker tabung ini juga berguna untuk menambah fitur kenyamanan yang akan dirasakan oleh pengendara saat berkendara melewati berbagai macam medan jalan yang beragam.

Sebenarnya shockbreaker original dari pabrikan motor tidak akan menggunakan jenis peredam kejut atau shockbreaker gas, namun pabrikan motor akan membuat unit sepeda motor dengan menggunakan shockbreaker biasa tanpa peredam kejut dan juga tabung gas.

Mungkin orang awam hanya akan menilai jika tabung gas yang ada di dalam shockbreaker gas ini adalah hiasan agar terlihat lebih berisi dan padat.

Selain itu banyak orang awam yang menganggap penggunaan shockbreaker tabung gas juga hanya berguna untuk menambah kegantengan dari kendaraan.

Padahal sebenarnya shockbreaker biasa dengan shockbreaker tabung gas ini memiliki perbedaanya masing-masing. Selain itu masing-masing jenis shockbreaker juga memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Nah untuk itu, bagi anda yang mungkin menganggap jika shockbreaker tabung gas hanya sebagai hiasan dan pelengkap saja. Silahkan anda simak postingan ini sampai selesai, karena kita akan membahas informasi mengenai shockbreaker tabung gas sampai mendetail.

Ternyata Ini Perbedaan Shockbreaker Tabung Gas dan Shockbreaker Biasa

Kebanyakan orang-orang awam akan menyebut komponen shockbreaker yang satu ini sebagai shockbreaker jenis gas

Ada juga yang menganggap jika isi dari tabung kecil yang ada pada shockbreaker tersebut adalah oli,

Baca Juga   Modifikasi Beat Street dengan Berbagai Aksesori

jadi kita tidak perlu lagi melaburi shockbreaker dengan menggunakan oli biasa karena sudah digantikan oleh shockbreaker gas. Padahal informasi tersebut tidak benar sama sekali.

Keberadaan dari shockbreaker tabung gas ini berawal dari masalah yang sering terjadi di shockbreaker biasa.

Hal ini karena shockbreaker biasa menggunakan oli yang berguna untuk membantu mengembalikan per shockbreaker memantul.

Tentu saja kekuatan memantul dari shockbreaker tersebut semakin hari semakin berkurang seiring dengan dipakainya kendaraan untuk melewati kontur jalan yang tidak rata.

Hal ini sebab senyawa oli yang ada di dalam shockbreaker akan membentuk gelembung busa dan juga memisah.

Nah dari masalah ini kemudian terciptalah inovasi dari para pabrikan shockbreaker untuk membuat pelengkap berupa tabung kecil gas yang menempel pada shockbreaker.

Dimana fungsi dari tabung kecil ini adalah untuk membantu dalam menjaga tekanan oli agar selalu tinggi serta mencegah terjadinya perubahan oli agar tidak menjadi gelembung.

Jadi bisa kita simpulkan, bahwa jenis shockbreaker tabung ini memiliki perbedaan dari sisi ketahanan.

Tentu saja shockbreaker tabung memiliki ketahanan yang lebih kuat, sekaligus mendapatkan nilai plus bisa menambah kegantengan dari tampilan sepeda motor yang kita miliki.

Kekurangan Shockbreaker Tabung

Walaupun bisa menambah sisi kegantengan dari motor, namun penggunaan shockbreaker tabung juga memiliki kelemahan atau kekurangan.

Dimana kekurangan yang biasanya dapat dirasakan oleh pengendara adalah tingkat kekerasan yang mungkin akan lebih tinggi dibandingkan shockbreaker jenis standar.

Hal ini memang bukan hanya mitos saja, walaupun tidak karena suspensi atau redapan yang mengeras, namun karena kinerja suspensi yang akan terasa lebih responsive akibat penambahan peredam kejut tersebut di tabung kecil shockbreaker.

Kelebihan Shockbreaker Tabung

Nah seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, karena dilengkapi dengan tabung kecil yang bermanfaat untuk menambah peredam kejut. Kelebihan dari shockbreaker tabung tentu saja adalah akan menjadi lebih responsive.

Baca Juga   Pertimbangkan 9 Tips Berikut Sebelum Membeli Honda Brio Bekas Seharga 70 Jutaan Ini.

Inilah keunggulan yang bisa dirasakan oleh setiap pengendara. Karena memiliki responsive yang tinggi, tentu saja penggunaan shockbreaker tabung ini akan cocok jika digunakan untuk kendaraan yang mungkin ingin terjun ke dunia balap.

Sebab dengan respon yang cepat dan juga akan membuat ban tidak mungkin kehilangan daya cengkeram di aspal. Oleh sebab itu, kita juga sering melihat kendaraan sepeda motor balap yang menggunakan shockbreaker tabung karena memang bisa membantu berkendara dengan kecepatan tinggi dan berbelok-belok menjadi lebih aman.

Nah itulah informasi mengenai perbedaan shockbreaker tabung dan shockbreaker biasa yang harus kita ketahui.

Apabila motor Suzuki Anda mengalami kerusakan pada bagian ini maka bisa langsung bawa kendaraan tercinta Anda ke dealer cabang Suzuki di bawah ini.

Trans Sumatra Andalan : https://tsasuzuki.com/

Suzuki Mobil Batam : https://suzukimobilbatam.co.id/

Suzuki Mogil Riau :https://suzukimobilriau.co.id/

Dengan membawa ke bengkel resmi untuk melakukan perbaikan dan pergantian pada shockbreaker maka anda dapat shockbreaker akan berfungsi secara maksimal, semoga bermanfaat.

1378 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Otomotif

Mudahnya Memiliki Motor Dengan Cicilan Motor Honda

2 Mins read
Sudah dipastikan sebagian besar orang pasti tahu dengan motor merek Honda. Saat ini motor Honda mempunyai berbagai varian yang menjangkau ke berbagai…
Otomotif

Lelang Motor Online Melalui Aplikasi IBID, Pasti Aman dan Terpercaya

2 Mins read
Bagi kamu yang sudah bosan dengan motor lamamu dan ingin menggantinya dengan yang baru, lelang motor online bisa menjadi solusi terbaik. IBID-Balai…
OtomotifTravelling

15 Tempat Wisata di Lampung Selatan Yang Lagi Hits Dan Viral 2022

5 Mins read
Hai sobat, apa kabar nih? Pandemi di negara kita udah mulai mereda lho. Rasanya kaki saya udah mulai gatal buat traveling lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.