NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Teknologi

Gunakan Cloud Computing Untuk Membantu Menjaga Data-Data Customer Di Perusahaanmu

2 Mins read
Cloud Computing

Apakah kawan seorang pengusaha atau mungkin karyawan pada suatu perusahaan? Apakah perusahaan tempat kawan bekerja masih menggunakan flash disk, hard disk  pada komputer atau bahkan kertas untuk menyimpan data-data penting perusahaan? Bisa dibayangkan dong apa yang akan terjadi dengan data-data perusahaan tersebut jika suatu saat ada kecelakaan atau musibah yang terjadi pada kantor tempat kawan bekerja? Tentunya kejadian hilangnya data-data penting perusahaan tersebut tak akan bisa dihindari jika perusahaan masih menggunakan cara lama untuk menyimpan suatu dokumen.

Selama ini umumnya admin perusahaan menyimpan data-data customer dan data penting lainnya dalam komputer sehingga bisa dimaklumi jika kebutuhan komputer dalam perusahaan pun banyak. Bahkan bagian sales yang menghabiskan hampir 80% waktu mereka diluar untuk mencari customer pun membutuhkan komputer di mejanya untuk menginput dan menyimpan data customer, terkadang bahkan saat itu customer yang mereka datangi posisinya jauh dari kantor bahkan di luar kota sehingga kadang perusahaan harus menambahkan uang lembur untuk sales karena mereka harus bolak-balik kantor untuk segera menginput data dan waktunya habis di jalan sehingga saat kembali ke kantor, jam pulangpun sudah masuk waktu lembur.

Bayangkan jika kita bisa menghemat seluruh pengeluaran ini dengan menyediakan komputer secukupnya saja di kantor yang bisa digunakan bersama atau sales tidak harus bolak-balik ke kantor untuk menginput suatu data, cukup lewat laptop yang bisa mereka bawa kemana-mana, tentunya akan lebih praktis dan hemat kan?

Cloud computing adalah teknologi yang bisa mewujudkan itu semua. Apa itu cloud computing? Bagaimana cara pemanfaatannya dan apa pentingnya cloud computing bagi perusahaan? Dan bagaimana perkembangan kedepannya? Yuk kita simak bersama.

Baca Juga   Jika Tiba Saatnya Untuk Implementasi Warehouse Management System di Tempat Anda

Apa Itu Cloud Computing

Cloud yang jika diartikan secara harafiah dari bahasa inggris yaitu awan, dan computing mempunyai arti komputasi maka cloud computing disebut juga komputasi awan. Istilah cloud computing adalah penggabungan dari dua unsur teknologi yaitu cloud yang yang adalah metafora dari internet dan komputasi yang merupakan teknologi komputer.

Cloud sendiri awalnya didengungkan oleh John Mccarthy di tahun 1960 dan dipakai hingga kini oleh beberapa aplikasi contohnya Evernote, Wattpad, Dropbox, Google Drive, Youtube, Scribd, dan banyak yang lain.

Ada berbagai layanan cloud computing, yaitu Infrastructure as a Service (IaaS) yaitu bentuk cloud yang menyediakan sumber daya komputasi virtual melalui internet, berikutnya adalah Platform as a Service (PaaS) yaitu layanan cloud computing berupa platform yang bisa dimanfaatkan oleh developer maupun perusahaan untuk memanage, menjalankan dan membuat sebuah aplikasi, dan yang terakhir adalah Software as a Service (SaaS) yaitu layanan cloud computing yang berbentuk perangkat lunak.

Indonesian Cloud

Indonesian Cloud

Salah satu penyedia cloud yang ada di Indonesia adalah Indonesian Cloud sebagai salah satu cloud provider Indonesia yang telah dikenal dan melayani klien dari perusahaan ternama seperti Danone, Kirin, BFI Finance, Aswata, Adira Finance, Lintasarta, dan banyak yang perusahaan besar yang lain.

Indonesian Cloud membuktikan kualitas mereka dengan memperoleh sertifikasi ISO 9001 dan ISO 27001 serta memiliki sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standart (PCI DSS)  sehingga tak perlu diragukan lagi keamanannya dalam menangani klien dari sektor keuangan dan perbankan.

Salah satu layanan cloud computing dari Indonesian Cloud yaitu cloud backup. Dengan memanfaatkan layanan cloud backup dari Indonesian Cloud, anda tak perlu was-was lagi kehilangan data-data penting perusahaan anda karena seluruh data-data perusahaan anda akan disimpan di server milik Indonesian Cloud yang berada di lokasi aman dan didukung tingkat keamanan yang tinggi dengan tenaga ahli yang memadai yang siap membantu anda memulihkan data anda kapanpun anda butuhkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga bisnis anda tetap dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Harga yang ditawarkan oleh Indonesian Cloud ini juga bersaing dan terjangkau lho jadi tidak akan terlalu membebani anggaran perusahaan, toh keamanan data customer adalah yang terpenting bagi suatu perusahaan kan?

Baca Juga   Penyebab Genset Tidak Mau Hidup dan Solusi Mengatasinya

Ada dua produk dalam cloud backup ini yaitu veeam backup dan zerto backup yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda.

Jadi bagaimana? Anda tidak ragu mempercayakan data perusahaan anda pada Indonesian Cloud kan?

1305 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Penyebab Genset Tidak Mau Hidup dan Solusi Mengatasinya

3 Mins read
Genset tidak mau hidup? Ketahui terlebih dahulu penyebab sebelum mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya. Sekarang ini genset menjadi salah satu mesin yang…
Teknologi

Pentingnya Backlink Untuk Membantu Kepopuleran Website

2 Mins read
¬†Apakah anda seorang pebisnis atau mungkin seorang blogger? Apakah anda menggunakan media sosial dan internet untuk mengenalkan jasa atau bisnis anda? Apakah…
LogistikSoftwareWarehouse

Jika Tiba Saatnya Untuk Implementasi Warehouse Management System di Tempat Anda

2 Mins read
Buat Anda yang saat ini akan melakukan implementasi Warehouse Management System (WMS) tentu sudah melakukan berbagai perencanaan agar implementasi berjalan dengan sempurna….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.