NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

5 Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Blog WordPress

2 Mins read
web hosting terbaik untuk blog Wordpress

Salah satu hal yang utama ketika memutuskan memilih WordPress sebagai pilihan Content Management System (CMS) untuk platform blog adalah kemampuannya untuk dikelola secara mandiri di sebuah hosting atau dikenal dengan istilah self-hosted. Selain itu, WordPress juga dikenal dengan fleksibilitasnya dalam development dan pemasangan berbagai atribut tambahan atau yang dikenal dengan plugin. Belum lagi tersedianya banyak layout yang dapat Kamu pilih sesuai yang diinginkan. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih web hosting terbaik untuk blog wordpres. Simak 6 panduan ini.

Sebelum Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Blog WordPress, Pertimbangkan 3 Hal Berikut Ini

Saat akan memilih web hosting terbaik untuk blog wordpress, Kamu perlu pertimbangkan 3 hal berikut ini:

  1. Kira-kira, berapa banyak trafik yang akan Kamu dapatkan di blog Kamu?
  2. Dukungan teknis apa yang Kamu harapkan dari penyedia web hosting?
  3. Berapa biaya untuk web hosting yang ingin Kamu keluarkan?

Tenang, ini hanya pertanyaan awal untuk memastikan bahwa kamu sudah siap untuk menaruh blog WordPress Kamu di web hosting yang terbaik.

5 Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Blog WordPress

Ada banyak sekali pilihan web hosting yang tersedia, baik itu dari berada di luar negeri ataupun Indonesia hosting. Tersedia dengan beragam harga dan jenis layanan. 5 panduan ini akan membantu Kamu untuk dapat memilih web hosting terbaik untuk blog wordpress Kamu.

1. Kecepatan

Pengunjung blog Kamu pastinya ingin blog kamu dapat terbuka dengan cepat. Kecepatan blog juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung blog, bahkan Google memasukkan faktor kecepatan sebuah blog sebagai salah satu faktor untuk pemeringkat di mesin pencarinya. Meski kecepatan sebuah blog dapat dipengaruhi oleh banyak hal, namun faktor web hosting juga dapat menjadi salah satu pengaruhnya. Dengan web hosting yang menyediakan server yang cepat serta memiliki memori yang memadai untuk melakukan pemrosesan yang cepat, maka juga akan mendukung kinerja blog Kamu dari sisi kecepatan.

Baca Juga   Hack Deface Web Telkomsel.com, Tamparan keras buat perusahaan pengelola teknologi

2. Keamanan

Faktor keamanan blog milikmu adalah hal yang penting. Server hosting harus dilengkapi dengan berbagai pelindung yang kuat seperti adanya firewall serta terus dilakukan pemantauan dari aktifitas yang tidak normal. Pastikan jika web hosting pilihanmu mendukung sertifikat SSL, yaitu sebuah layer keamanan tambahan yang akan melakukan pengacakan pada informasi yang berjalan antara server web hosting dan browser pengunjung.

3. Dukungan Layanan

Web hosting yang terbaik akan memberikan dukungan selama 24/7. Selain itu dipastikan jika pengelola web hosting juga memiliki cadangan sumber daya listrik di pusat servernya, terutama jika terjadi pemadaman listrik, agar blog Kamu bisa tetap terakses.

4. Skalabilitas

Lakukan review terhadap trafik blog Kamu. Pastikan web hosting kamu dapat mengakomodasi kenaikan trafik blog Kamu.

5. Harga

Ada banyak harga web hosting yang ditawarkan dengan berbagai paket layanan. Pastikan jika Kamu sudah mengetahui mengenai detail layanan serta berbagai persyaratan yang menyertainya.

6 Pertanyaan Untuk Web Hosting

Untuk lebih detail, Kamu bisa menyampaikan 6 pertanyaan berikut kepada pengelola web hosting sebelum menggunakan layanan mereka. 6 pertanyaannya sebagai berikut:

  1. Jenis dukungan apa yang ditawarkan oleh web hosting? Apakah web hosting menyediakan dukungan 24 jam dan bagaimana Kamu dapat mengaksesnya? Apakah melalui telepon, email atau tiket. Pastikan juga berapa waktu responnya.
  2. Jenis keamanan apa yang disediakan dalam paket hosting? Misalnya kelengkapan firewall, perangkat anti virus terbaru ataupun deteksi dan penghapusan malware.
  3. Berapa uptime dari web hosting tersebut? Carilah peringkat uptime paling tidak sekitar 99.5%.
  4. Apakah ada backup? Jika ada, seberapa sering pihak penyedia web hosting menjalankan backup? Sebisa mungkin, carilah penyedia web hosting yang memiliki backup harian.
  5. Apakah dapat meningkatkan paket hosting? Pastikan web hosting dapat mengakomodasi perubahan paket hosting, terutama buat blog Kamu yang sedang bertumbuh trafiknya.
  6. Apa saja batasan dalam paket hosting? Pastikan Kamu mengetahui berbagai batasan yang ada dalam paket hosting tersebut, misalnya jumlah domain yang bisa dikelola dalam paket hosting tersebut, batasan transfer file dan lain sebagainya.
Baca Juga   Peluang Kuat Pertumbuhan Perusahaan Teknologi Logistik di Indonesia

Itu tadi 5 panduan untuk memilih web hosting terbaik untuk blog WordPress Kamu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Kamu.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Kenali 3 Jenis Vacuum Pump Dan Fungsinya

2 Mins read
Perlengkapan industri kini telah semakin berkembang, salah satu produknya yakni sebuah alat yang bernama vacuum pump. Alat ini sendiri sudah banyak distribusikan…
Teknologi

Bagaimana Teknologi Merevolusi Memeriksa Plagiarisme?

3 Mins read
Jika Anda ingin tahu tentang bagaimana teknologi telah mengubah aspek pemeriksaan plagiarisme, maka Anda telah menempatkan diri Anda di tempat yang tepat…
Teknologi

4 Tips Untuk Membongkar Rahasia Algoritma TikTok

1 Mins read
Salah satu aplikasi media sosial yang sedang naik daun sekarang adalah TikTok. Sebetulnya aplikasi ini sudah cukup lama ada, tetapi akhir-akhir ini,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.