NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Travelling

Road Trip Bandung Dari Surabaya

7 Mins read
road trip Bandung Dari Surabaya

Yakin mau melakukan road trip atau perjalanan darat untuk kegiatan traveling? Sepertinya itu keluarga saya banget. Kalau boleh, saya pasti menginginkan melakukan travelling dengan cara road trip. Berikut ini adalah cerita road trip Bandung dari Surabaya yang pernah saya lakukan.

Mengapa Memilih Road Trip?

Dari semua cara untuk travelling yang pernah saya lakukan, menurut saya yang paling berkesan adalah melakukan. travelling dengan cara road trip. Jika pada saat saya SMA dahulu, saya sering melakukan road trip dengan kawan saya dengan naik sepeda motor. Kurang lebih saya sudah mengelilingi jawa timur hingga pulau Bali. Untuk tempat menginap, saya memilih memakai tenda ataupun tinggal di rumah kawan.

Namun setelah berkeluarga, saya melakukannya dengan bermobil. Anggota keluarga saya hanya bertiga, saya, istri dan anak. Dengan mobil, rasanya nyaman sekali.

Alasan utama saya memilih cara road trip untuk travelling adalah banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan sepanjang perjalanan bisa mampir ke berbagai tempat. Terkadang kita bisa mampir ke tempat yang mungkin sulit atau bahkan tidak kita rencanakan. Misalnya tiba-tiba kita melihat tepi danau yang indah pada saat melintas di suatu jalan. Intinya selain menyenangkan, road trip juga bisa menjadi penuh kejutan. Bonus lainnya adalah kekompakan keluarga menjadi semakin terbentuk.

Apa Saja Yang Dipersiapkan Sebelum Melakukan Road Trip

Seperti trip travelling pada umumnya, Kami juga mempersiapkan berbagai hal dalam melakukan road trip. Beberapa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan road trip di antaranya:

  1. Rute Perjalanan
    Rute perjalanan ini sangat penting, karena juga berhubungan dengan waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, rute perjalanan juga dikaitkan dengan tempat yang ingin Kamu tuju. Saya biasanya mencoba melihat rute perjalanan di Google Maps, terutama berkaitan dengan waktu dan perkiraan waktu berangkat ataupun ketibaan di tempat tujuan.

  2. Tujuan Wisata
    Tentunya ini bagian utama dari road trip ini kan? Saran saya, jangan terlalu banyak memasukkan tujuan wisata karena sayang banget jika tempat wisata yang bagus yang seharusnya bisa kamu nikmati dalam waktu lama, hanya bisa kamu kunjungi sebentar saja karena terburu waktu untuk mengunjungi tempat wisata lainnya. Percaya deh, semua tempat wisata itu memang bagus, tapi tidak akan pernah cukup waktu untuk bisa mengunjungi dalam satu waktu tertentu.

  3. Tempat Menginap
    Untuk tempat menginap, biasanya saya memilih yang berada di tempat menginap jika bisa berada di dekat tempat yang ingin kita kunjungi. Misalnya tempat kuliner ataupun tempat belanja.

  4. Biaya Yang Harus Dikeluarkan
    Nah kalau yang ini sudah pasti tahu semua ya, jika melakukan road trip ini membutuhkan biaya. Mulai dari biaya bahan bakar, tol, parkir, tiket masuk, biaya makan hingga sewa kamar hotel. Namun percaya deh, semua itu akan terbayarkan dan membuat kita puas. Meski tidak selalu tergantikan dengan uang, namun kepuasan bisa melihat berbagai keindahan dan mendapatkan banyak cerita selama road trip, membuat biaya yang dikeluarkan tersebut menjadi sangat sebanding.
Baca Juga   Barang Sepele Namun Wajib Kamu Bawa Saat Travelling

Cerita Road Trip Bandung Dari Surabaya

Edisi road trip Bandung dari Surabaya ini sebetulnya ulangan dari road trip yang dulu pernah saya lakukan. Bedanya, dulu saya melakukan road trip Bandung tapi dari Tangerang, karena pada saat itu masih tinggal di Tangerang. Selain itu, dulu hanya daerah sekitar Ciwidey saja yang dituju. Selain karena hanya satu hari saja, juga karena pertimbangan biaya yang harus dikeluarkan.

Kali ini road trip Bandung dimulai dari kota Surabaya. Perjalanan yang cukup jauh. Namun tidak melelahkan. Bersyukur ada tol trans Jawa yang sudah terbentang hingga menyambung dari Surabaya ke Bandung. Dengan adanya tol ini, waktu tempuh menjadi lebih terukur. Begitu juga dengan berbagai biaya misalnya biaya bahan bakar, makan maupun tol. Banyaknya tempat beristirahat juga membantu untuk menghilangkan lelah sepanjang perjalanan.

Driving road trip Bandung Dari Surabaya
Driver Siaga Sepanjang Perjalanan

Tidak lupa adalah bonus berbagai pemandangan indah sepanjang perjalanan yang mungkin hanya bisa kita nikmati kalau kita melakukan road trip lewat tol trans Jawa saja.

Mengapa Memilih Bandung Sebagai Tujuan?

Ini adalah pertanyaan yang sangat menarik. Bicara tentang Bandung, Kita bisa mendapatkan banyak hal yang menarik. Mulai dari berbagai kuliner yang enak, tempat wisata yang tersebar mulai dari Bandung selatan hingga Utara. Namun alasan utama saya untuk memilih Bandung sebagai tujuan road trip kali ini adalah karena ingin sekali lagi mengunjungi Bandung Selatan khususnya daerah Ciwidey dan juga mengunjungi Bandung utara yang belum pernah saya kunjungi.

Khusus Bandung utara sedikit memorable buat saya, karena kebetulan saya pernah tinggal di Bandung dan tepatnya hanya beberapa kilometer saja dari Lembang. Kurang lebih dua tahun tinggal di sana, namun saya belum pernah sama sekali berwisata di daerah Lembang. Jadi saya tekadkan untuk suatu saat harus bisa menjelajah ke daerah Lembang. Apalagi di daerah Lembang saat ini berkembang sebagai tujuan wisata dengan berbagai tempat wisata yang menarik.

Selain wisata, kita juga bisa berkeliling kota Bandung. Mengunjungi berbagai mall maupun berbelanja pakaian, karena Bandung sangat terkenal dengan Factory Outletnya.

Tempat Wisata Yang Dituju Selama Road Trip Bandung Dari Surabaya

Road trip kali ini agak istimewa, karena saya merencanakan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Bandung, baik yang ada di daerah Bandung Selatan maupun Bandung bagian utara. Beberapa tempat wisata yang dituju antara lain:

1. Kawah Putih

Kawah Putih Yang Indah road trip Bandung Dari Surabaya
Kawah Putih

Ini adalah kali kedua saya mengunjungi Kawah Putih. Lokasinya berada di kawasan Ciwidey, kabupaten Bandung. Pemandangan kawah berwarna putih yang indah membuat saya tidak bosan untuk terus mengunjungi tempat ini. Saat yang tepat untuk mengunjungi Kawah Putih adalah di pagi hari. Kalau saya bahkan sebelum lokasi ini buka, saya sudah stand by di depan loketnya, hehehe. Kamu bisa baca tentang keseruan saya dan keluarga mengunjungi kawah putih di sini.

2. Ciwidey Valley Resort and Hotel

Ciwidey road trip Bandung Dari Surabaya
Ciwidey Valley

Lokasi berikutnya yang saya kunjungi adalah Ciwidey Valley Resort and Hotel. Lokasinya tidak jauh dari Kawah Putih. Di tempat ini menyediakan tempat menginap, restoran dan kolam air panas. Saya memilih tempat ini sebagai tempat makan pagi setelah dari Kawah Putih sekaligus menikmati kolam air panas. Memang, jika mengunjungi Ciwidey adanya kurang jika tidak menikmati kolam air panas yang alami. Rasanya segala kelelahan bisa sirna setelah berendam air panas di Ciwidey Valley Resort and Hotel. Namun ada cerita seru di tempat ini. Baca di bagian cerita seru selama road trip di bagian bawah post ini ya.

Baca Juga   Pengalaman Seru Wisata ke Solo dengan Traveloka Xperience

3. Situ Patenggang

Makan di Pinisi Resto di road trip Bandung Dari Surabaya
Pinisi Resto di tepi Situ Patenggang

Bagian lain dari Ciwidey yang menarik adalah Situ Patenggang. Tempat ini adalah sebuah danau yang berada di antara kebun teh. Airnya sangat tenang. Beberapa tahun yang lalu, saya pernah mengunjunginya dan sempat menaiki perahu di atas Situ Patenggang. Ada tempat yang menarik di Situ Patenggang yaitu Batu Cinta.

Namun di road trip ini saya tidak hanya menikmati keindahan Situ Patenggang saja. Kali ini saya mengunjungi Pinisi Resto, sebuah tempat makan berbentuk kapal pinisi yang berada di tepian Situ Patenggang. Cerita tentang Pinisi Resto sudah saya kisahkan di post lain di blog ini.

4. Teropong Bintang Boscha

Mengunjungi Boscha di road trip Bandung Dari Surabaya
Teropong Bintang Boscha

Pernah nonton film petualangan Sherina? Ada adegan dimana Sherina lari dari penculik dan bersembunyi di teropong bintang Boscha. Namun bukan karena habis nonton film ini terus saya jadi ingin ke sana. Sebetulnya sudah semenjak dahulu saya ingin ke tempat ini. Apalagi saya pernah tinggal di Bandung dan sayangnya belum sempat ke sana. Padahal dari rumah ke tempat ini hanya 15 menit saja naik angkutan umum.

Jadi, pada road trip kali ini saya memasukkan teropong bintang Boscha sebagai salah satu tujuan yang harus didatangi. Berlokasi di daerah Bandung utara, tepatnya di daerah Lembang. Namun sayang sekali, pada saat saya kunjungi, teropong bintang tersebut tidak dibuka untuk umum. Namun karena kebaikan bapak penjaga keamanan, kami diperkenankan masuk ke sekitar teropong bintang Boscha. Wah lumayan, meski tidak masuk ke dalam, Kami bisa berfoto di sekitar teropong bintang yang terkenal se-Indonesia ini.

Dan sejujurnya, sampai sekarang saya masih penasaran untuk bisa masuk ke dalamnya. Meski pada saat road trip itu, saya masih terkagum-kagum dengan berbagai perangkat yang ada di sana.

5. Floating Market

Floating Market Lembang road trip Bandung Dari Surabaya
Floating Market Lembang

Tempat ini sangat mengejutkan. Ternyata lokasinya hanya 1,5 kilometer dari teropong bintang Boscha. Dengan melalui jalan kecil, Kami bisa tiba ke tempat ini dari Boscha dengan cepat, thanks ya Waze.

Ini tempat yang cukup famous di daerah Lembang. Dan memang tempatnya bagus dan cocok untuk wisata keluarga.

6. Farm House

Farm House road trip Bandung Dari Surabaya
Memberi Minum Sapi di Farm House Lembang

Lokasi Farm House juga berada di daerah Lembang. Dari namanya, jelas ini berbau peternakan. Ya benar sekali, di tempat ini kita bisa melihat berbagai hewan yang diternakkan. Selain itu, kita juga bisa menikmati susu segar. Oh iya, banyak aktifitas yang cocok untuk pembelajaran anak-anak, misalnya saja memberikan makan hewan, memeras susu dan masih banyak lagi.

Berbagai cerita keseruan liburan asyik di Lembang bisa kamu dapatkan di postingan yang lain di blog ini.

Cerita Seru Selama Road Trip Bandung Dari Surabaya

Cerita seru ini adalah bonus selama road trip Bandung dari Surabaya. Sebetulnya setiap travelling selalu dapat bonus cerita yang tidak terduga, namun mungkin ceritanya bisa berbeda. Seperti contohnya cerita seru selama road trip Bandung ini.

Baca Juga   Bepergian dengan Bus, Ini Sejumlah Keunggulannya...

Begini ceritanya. Karena arah jalan yang sama sekali tidak kita ketahui, sudah pastilah sepanjang road trip mengandalkan aplikasi Waze. Sejauh ini Waze menunjukkan arah yang tepat.

Namun ada cerita lucu pada saat saya menuju situ Patenggang. Seperti biasa saya mengikuti saja arah yang ditunjukkan. Tidak dinyana, Waze semakin mengarahkan jalan yang semakin sempit di tengah kebun teh. Saya sih yakin saja, apalagi di belakang saya juga ada satu mobil menuju ke arah yang sama. Namun yang terjadi, akhirnya sampai juga di jalan yang tidak bisa sama sekali dilalui oleh mobil. Akhirnya turunlah untuk tanya ke penduduk setempat, dan diarahkan ke jalan yang benar. Dan saya juga sempat untuk bertanya kepada pengemudi mobil yang di belakang. Ternyata dia juga keliru karena mengikuti Waze.

Setelah mengikuti petunjuk penduduk setempat, akhirnya sampai juga ke Situ Patenggang. Sebetulnya Waze tidak 100% salah mengarahkan. Hanya Waze mengarahkan ke arah sisi lain dari Situ Patenggang dan kebetulan jalan tersebut tidak dapat diakses mobil.

Cerita Waze mengarahkan ke arah yang aneh-aneh mungkin sering kita dengar. Namun yang saya alami salah satunya pada saat road trip ke Bandung adalah ketika menuju ke Situ Patenggang. Kalau cerita lain bagaimana Waze mengarahkan ke arah yang aneh juga sering saya alami. Paling ekstrim adalah ketika saya harus melewati jalan yang berada di tebing dengan jurang di sisinya plus harus melewati jalan berkabut. Hmmm, lain kali saya akan ceritakan tentang ini.

Cerita Seru di Ciwidey Valley Resort and Hotel

Cerita seru lainnya adalah di Ciwidey Valley Resort and Hotel. Untuk mendapatkan kunci loker, Kami harus menukar kartu identitas dengan kunci sebagai jaminan. Pada saat itu, istri saya menukarkan KTP-nya. Setelah sampai di hotel, istri saya heran karena kunci lokernya terbawa olehnya. Dia heran kenapa tidak ditanyakan oleh karyawan loker. Saya pun langsung menyahut kalau yang jadi jaminan adalah KTP dirinya. Langsung saja dia bingung, karena lokasinya kan cukup jauh, masak harus kembali ke sana, Akhirnya berinisiatif untuk menelpon Ciwidey Valley Resort and Hotel. Ternyata kejadian KTP yang tertinggal sering terjadi. Karyawan di sana woles aja jawabnya. Mereka cuma meminta untuk kunci loker dikirimkan ke mereka dan nanti KTP dikembalikan.

Namun yang heran ketika ditanya bagaimana biaya pengiriman pengembalian KTP, tidak dijawab, Akhirnya istri saya berinisiatif mengembalikan kunci tersebut dengan disertai uang yang kurang lebih sesuai dengan biaya pengiriman. Tidak lama setelah kunci dikirim, KTP istri saya juga dikirim.

Salut juga sih dengan pelayanan dari pengelola Ciwidey Valley Resort and Hotel.

Road Trip Menyenangkan Bukan?

Nah bagaimana menurutmu, melakukan travelling dengan road trip menyenangkan bukan? Coba deh lakukan ini bersama dengan teman, sahabat atau keluarga jangan sendirian ya. Percaya deh, kekompakanmu semakin terbentuk. Belum lagi bonus cerita seru yang bakalan kamu dapatkan selama road trip, bakal tidak mudah untuk dilupakan.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Travelling

Bepergian dengan Bus, Ini Sejumlah Keunggulannya...

2 Mins read
Ada beragam pilihan moda transportasi untuk bepergian, mulai dari kendaraan pribadi, kereta api, pesawat terbang, kapal, sampai dengan armada bus serta travel….
Travelling

Apartemen Margonda Residence 2, Penginapan Murah di Kota Depok

2 Mins read
Apakah Anda sedang berencana pergi ke kota Depok? Jika iya, pastikan Anda sudah memiliki daftar akomodasi yang akan dijadikan destinasi untuk menginap….
Travelling

Barang Sepele Namun Wajib Kamu Bawa Saat Travelling

2 Mins read
Travelling saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang wajib di lakukan oleh setiap orang. Baik tua ataupun muda, entah itu untuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.