NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Travelling

Pantai Balekambang Malang, Ramainya kayak di Bali

2 Mins read
Pintu Masuk Pantai Balekambang Malang
Pintu Masuk Pantai Balekambang Malang

Sudah lama sebetulnya saya tidak berkunjung ke pantai Balekambang Malang. Kalau tidak salah terakhir ke sana pada tahun 1996, waktu saya masih SMA.  Salah satu alasannya adalah lokasi pantai Balekambang yang cukup jauh dari tempat tinggal saya dulu. Kali ini saya berkunjung ke pantai Balekambang Malang untuk menghapus rasa penasaran. Oh iya, sebelumnya mau kasih info kalau tanggal 5-11 November 2020 ini, Traveloka lagi bikin EPIC sale, bakalan banyak diskon gede di sana.

Mirip Tanah Lot Bali

Pose Latar Belakang Pura di Pantai Balekambang Malang
Pose Latar Belakang Pura di Pantai Balekambang Malang

Kali ini saya berkesempatan kembali mengunjungi pantai Balekambang di Malang. Satu-satunya ingatan saya mengenai tempat ini adalah akses jalan yang melewati pepohonan jati serta adanya Pura di pulau kecil yang terhubung dengan jembatan kecil, mirip banget dengan Tanah Lot di Bali.

Untuk menuju ke pantai Balekambang, kita bisa berangkat dari arah kota Malang lalu menuju ke arah selatan, kurang lebih menghabiskan waktu selama dua jam perjalanan. Akses jalan cukup bagus dan petunjuk arah menuju pantai Balekambang sangat jelas, hanya saja selepas daerah desa Bantur kita akan melewati jalan yang agak kecil yang terkadang kalau ada mobil dari arah yang berlawanan, kita harus agak minggir dari bahu jalan.

Setelah melalui jalan tersebut, kita akan bertemu dengan jalan Jalur Lintas Selatan sebelum kita masuk ke lokasi pantai. Oya, sepanjang jalur lintas selatan kita bisa menemui banyak pantai yang eksotis juga lho seperti pantai Goa Cina, pantai Teluk Asmara, pantai Sendang Biru dan masih banyak pantai lainnya.

Lokasinya Rame Banget

Untuk masuk ke lokasi pantai Balekambang, kita tinggal mengikuti jalan masuk dengan penanda gerbang menuju ke pantai Balekambang. Setelah itu kita akan menjumpai loket pembayaran tiket. Pada saat ini harga tiket dikenakan sebesar 15 ribu rupiah dan enaknya anak kecil tidak dihitung, horay!

Baca Juga   Liburan Asyik di Lembang Bandung

Setelah masuk area pantai, ternyata kondisinya sudah berbeda dari jaman dulu waktu saya terakhir ke sini. Sekarang sudah ramai banget yang berjualan. Meski demikian pantainya tetap bersih karena posisi yang berjualan tidak berada di pinggi pantai, jadi tetap nyaman untuk bermain di pantai.

Ikon dari pantai ini adalah adanya pura yang berada di pulau kecil. Untuk menuju ke pura tersebut, kita harus menyeberangi jembatan. Seingat saya jembatan ini dahulu terbuat dari kayu, sekarang sudah terbuat dari beton. Di sekitar pulau airnya cukup tenang dan jauh dari ombak, jadi banyak yang bermain di sekitar pulau tersebut.

Pada saat itu, ada beberapa bule yang datang membawa papan surfing. Entah apakah pantai Balekambang ini bisa dijadikan sebagai spot surfing atau tidak, karena tidak tampak yang berselancar di sana.

Pantai Balekambang adalah pantai yang cocok untuk menjadi tempat wisata bersama keluarga. Fasilitasnya lengkap, mulai dari tempat berbilas, tempat orang berjualan makanan hingga parkir yang luas. Hanya mungkin akses jalan menuju ke pantai Balekambang perlu diperlebar lagi agar wisatawan semakin mudah untuk menuju ke pantai ini.

Eksplorasi Keindahan Indonesia

Ternyata terbukti ya kalau pantai Balekambang yang lama tidak saya kunjungi ini sudah banyak sekali perubahan dan menjadi semakin baik. Tidak heran jika hingga kini pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi favorit di daerah Malang selatan. Pantai Balekambang juga menjadi salah satu dari jajaran pantai indah di Indonesia. Jika kamu penasaran untuk menjelajah berbagai pantai di Malang selatan, termasuk juga dengan pantai Balekambang, maka inilah saatnya untuk melakukan penjelajahan. Saat ini, Traveloka sedang mengadakan travel fair yang bakalan memberikan diskon besar hingga 80% selamat tanggal 5 hingga 11 November 2020. Jadi tunggu apa lagi, segera kemasi barangmu dan masukkan ke dalam tas kemudian segera berangkat menjelajah.

Baca Juga   Apartemen Margonda Residence 2, Penginapan Murah di Kota Depok
Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Travelling

Road Trip Bandung Dari Surabaya

7 Mins read
Yakin mau melakukan road trip atau perjalanan darat untuk kegiatan traveling? Sepertinya itu keluarga saya banget. Kalau boleh, saya pasti menginginkan melakukan…
Travelling

Bepergian dengan Bus, Ini Sejumlah Keunggulannya...

2 Mins read
Ada beragam pilihan moda transportasi untuk bepergian, mulai dari kendaraan pribadi, kereta api, pesawat terbang, kapal, sampai dengan armada bus serta travel….
Travelling

Apartemen Margonda Residence 2, Penginapan Murah di Kota Depok

2 Mins read
Apakah Anda sedang berencana pergi ke kota Depok? Jika iya, pastikan Anda sudah memiliki daftar akomodasi yang akan dijadikan destinasi untuk menginap….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.