NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Review Jasa

Liburan Asyik di Lembang Bandung

4 Mins read

Menurutku salah satu kota yang asyik untuk dijadikan tujuan berlibur adalah kota Bandung. Alasannya adalah karena kota Bandung ini adalah kota tempat saya sempat tinggal pada saat kecil dulu. Ada nuansa romantisme jika harus mengenang kota Bandung. Dahulu di Bandung kebetulan saya tinggal di daerah Bandung utara, tepatnya di kawasan Gegerkalong. Menariknya, kawasan Bandung utara ini terkenal dengan daerah wisata, misalnya kawasan wisata Lembang.

Pada saat saya masih kecil, orang tua saya sering mengajak saya ke Lembang. Dan sayapun punya keinginan mengajak keluarga saya untuk berwisata ke daerah Lembang. Dan keinginan itupun terwujud pada tahun lalu, tepatnya pada masa awal liburan lebaran. Saya beserta anak dan istri saya menyempatkan diri untuk berwisata ke daerah Bandung dan khususnya berbagai tempat wisata yang berada di kawasan Lembang.

Pada saat itu kami mengunjungi teropong bintang Boscha. Sayangnya pada saat itu tempat ini sedang tidak beroperasi karena libur lebaran. Namun kami masih diberi kesempatan untuk masuk ke area Boscha untuk mengamati dari luar. Tempat lainnya yang kami kunjungi adalah Floating Market yang famous itu. Wah saya cukup exciting ketika mengunjungi tempat ini. Menurut saya, Floating Market ini adalah tempat yang cocok banget untuk wisata keluarga.

Selanjutnya kami menutup wisata kami di Farm House. Tempat ini cukup unik, karena kita bisa melakukan aktifitas yang menarik seperti memberi makan binatang ataupun berfoto dengan latar belakan yang instagramable. Wah pada intinya sih pengalaman berwisata di Lembang ini memang tidak terlupakan.

Nah pengalaman mengasyikkan tadi membuat saya berkeinginan untuk sekali lagi pergi ke Lembang. Namun kali ini saya tidak hanya bertiga dengan istri dan anak saya saja, tetapi saya ingin mengajak liburan sekeluarga bersama orang tua dan mertua saya.

Baca Juga   Tempat Wisata Bogor yang Bersejarah
Persiapan Yang Harus Dilakukan

Karena kali ini akan mengajak keluarga besar untuk berwisata ke Bandung, maka diperlukan beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut adalah check list yang saya susun untuk persiapan ke Bandung.

  • Jadwal
    Nah ini persiapan yang paling ribet. Mengingat anggota keluarga yang diajak lebih banyak, maka harus dipastikan terlebih dahulu kapan akan mengadakan wisata ke Bandung. Tentu perlu diskusi yang panjang untuk menentukan jadwal yang tepat bagi seluruh anggota keluarga.
  • Itenary
    Kemudian jika waktu sudah ditentukan, selanjutnya tinggal menyesuaikan apa saja yang akan dikunjungi nantinya dengan waktu yang sudah ditentukan. Mengingat di Lembang nanti banyak tempat wisata, maka perlu masukan dari seluruh anggota keluarga untuk memilih tempat wisata mana yang akan dikunjungi.
  • Budget
    Selanjutnya adalah menentukan budget. Tentu saja untuk masalah budget ini akan ada kesepakatan bersama untuk biaya yang harus dikeluarkan bersama-sama
  • Transportasi
    Masalah transportasi juga harus dipikirkan. Mulai berangkat ke kota Bandung, hingga menuju ke daerah tempat wisata yang dituju
  • Penginapan
    Yang terakhir adalah memastikan tempat menginap untuk satu keluarga. Tentu saja tempat menginap nantinya dapat menampung satu keluarga. Jangan sampai nanti malah menginap di beda tempat, tentu ini malah jadi merepotkan.

Untuk masalah penginapan, jika berwisata dengan keluarga besar tentu pilihannya adalah tempat menginap yang dapat menampung seluruh keluarga. Banyak pilihan tempat menginap di Lembang dan sepertinya kami akan memilih tempat penginapan yang berbentuk villa. Beruntung sekali banyak bertebaran villa di Lembang yang bisa disewa. Tentu dengan jumlah orang yang lebih banyak, menyewa villa akan lebih ekonomis daripada menyewa hotel. Selain itu, biasanya villa juga menyediakan fasilitas yang bagus dan mempunyai view yang baik.

Liburan Asyik di Lembang
Pilih Accomodation Type Villa

Untuk urusan memilih penginapan saya menyerahkan kepada istri saya untuk mencari beberapa alternatif penginapan. Seperti biasanya istri saya akan mencari tempat penginapan melalui aplikasi Traveloka, alasannya karena kemudahan yang diberikan. Untuk mencari Villa yang tersedia di Lembang, kita cukup mengetikkan kata “Lembang“, kemudian tinggal memilih “Accomodation Type” Villa. Nantinya kita akan dapati daftar villa yang ada di Lembang.

villa di Lembang
List View View Villa di Lembang

Sebagai traveller, saya sangat mengandalkan aplikasi Traveloka. Selain memudahkan, saya jadi bisa melihat review dari pengunjung sebelumnya di tempat penginapan tersebut. Ini sangat penting, karena saya tidak bisa melihat secara langsung lokasinya. Dengan adanya review tersebut, saya jadinya tahu seperti apa sesungguhnya tempat penginapan tersebut.

Baca Juga   Pinisi Resto, Restoran Berbentuk Kapal di Glamping Lake Side, Rancabali, Bandung

Traveloka ini juga berbagai fitur keren lainnya. Misalnya Pay at Hotel, yang memungkinkan kita untuk membayar hotel pada saat kita check in. Atau juga fitur last minute hotel, yang pernah saya pakai pada saat di Semarang dan ternyata harus menginap mendadak di sana karena urusan pekerjaan. Saya tinggal tunjukkan nomer booking saja ke hotel, dan tanpa perlu repot lagi. Selain itu juga ada fitur hotel near me, yang dapat memberikan kita informasi penginapan yang berada di sekitar kita. Sebetulnya masih banyak fitur lainnya, tetapi yang pasti, saya selalu melihat review sebelum memesan tempat penginapan.

Traveloka memiliki pilihan pembayaran yang sangat beragam. Mulai dari pembayaran dengan credit card, kemudian membayar melalui transfer dan ATM, atau juga membayar dengan Direct Debits. Tidak ketinggalan kita juga bisa membayar di toko retail seperti Indomaret dan Alfamart. Selain itu, Traveloka juga mendukung pembayaran melalui e-wallet Uangku Balance hingga pembayaran melalui PayLater.

Menariknya fitur PayLater ini mendapat dukungan dari Danamas, sebuah platform peer to Peer Landing besutan Sinarmas, jadi gak perlu kuatir lagi tidak ada pendanaan buat PayLater yang kamu ajukan. Tapi jangan serem dulu ya dengan PayLater ini. Pokoknya jangan disamakan deh dengan pinjaman online yang lainnya. Kalau di platform pinjaman online lainnya kamu bakalan bisa menghadapi debt collector yang jahat, tetapi di PayLater ini penagihan hutang dilakukan secara profesional dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia, jadi kamu gak perlu kuatir dan merasa akan dikejar-kejar oleh Debt Collector itu jika memanfaatkan fasilitas PayLater ini.

Liburan Asyik di Lembang
Berbagai Fitur Pemabayaran

Memang Traveloka ini sangat bisa dijadikan andalan. Tapi tunggu dulu tidak cukup hanya itu saja. Traveloka ini juga mendukung pembayaran tempat-tempat wisata yang akan kita kunjungi. Seperti misalnya rencana saya ke Lembang, saya bisa membeli tiket masuk berbagai tempat wisata di Lembang. Caranya, tinggal memilih menu Things To Do, kemudian pilih Xperience. Selanjutnya ketik kata Lembang. Kemudian kita akan mendapatkan daftar informasi berbagai tempat wisata di Lembang.

Baca Juga   Tidak Takut Apek Lagi, Ada Royale by Soklin

Jika kita scroll di bawah, kita bakal dapatkan daftar tempat wisata di Lembang dan jika kita pilih salah satu, kita akan bisa membeli tiket masuknya dengan cara memilih tanggal berkunjung. Wah bakal gak kerepotan lagi untuk membeli tiket masuk tempat wisata.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh Traveloka ini, memang sudah selayaknya jika Traveloka ini menjadi aplikasi andalan buat para traveler.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Review Produk

Tidak Takut Apek Lagi, Ada Royale by Soklin

1 Mins read
Mencuci pakaian sudah menjadi rutinitas mingguan bagi saya. Kegiatan mencuci ini merupakan salah satu siklus yang tidak putus dan terkadang sangat membosankan,…
Review Produk

Q&Q Jam Tangan Jepang Yang Berkualitas

2 Mins read
Sebuah jam tangan merupakan aksesoris yang sering dipergunakan oleh kita. Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga dipergunakan sebagai bagian dari…
Travelling

Barang Sepele Namun Wajib Kamu Bawa Saat Travelling

2 Mins read
Travelling saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang wajib di lakukan oleh setiap orang. Baik tua ataupun muda, entah itu untuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.