NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
LogistikSoftwareWarehouse

Jika Tiba Saatnya Untuk Implementasi Warehouse Management System di Tempat Anda

2 Mins read
Implementasi Warehouse Management System

Buat Anda yang saat ini akan melakukan implementasi Warehouse Management System (WMS) tentu sudah melakukan berbagai perencanaan agar implementasi berjalan dengan sempurna. Dalam tulisan ini saya mau membagikan beberapa hal yang bisa anda jadikan referensi ketika akan implementasi warehouse management system di tempat anda.

Definisi Warehouse Management System (WMS)

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita simak terlebih dahulu mengenai definis dari WMS. APICS memberikan definisi WMS sebagai berikut:

A computer application system designed to manage and optimize workflows and the storage of goods within a warehouse. These systems often interface with automated data capture and enterprise resources planning systems.

Dari definisi APICS ini secara gamblang kita dapatkan bahwa WMS merupakan sebuah sistem komputer yang akan mengelola proses dan penyimpanan barang di gudang.

Memulai Project WMS

Pengelolaan gudang adalah bagian penting dari supply chain management. Di dalamnya kita bisa melakukan manajemen inventori. Secara karakter, mengelola gudang sendiri ataupun gudang publik ataupun jenis-jenis gudang lainnya memilki cara pengelolaan tersendiri.

Memilih menggunakan warehouse management system (WMS) adalah salah satu pilihan terbaik ketika mengelola sebuah gudang. Beberapa alasan menggunakan WMS antara lain menginginkan kenaikan akurasi inventory, menaikkan akurasi pengiriman, mengurangi waktu replenishment, WMS diharapkan mampu menangani volume order transaksi untuk masa 5 tahun mendatang. Selain itu harapan dari sisi karyawan maupun pelanggan adalah sistem ini mampu meningkatkan kepuasan misalnya dengan meningkatnya produktifitas yang dibarengi dengan aktivitas yang efisien dan efektif.

Proses selanjutnya untuk memulai project WMS adalah menentukan siapa yang akan membangun WMS tersebut. Ada beberapa pilihan, mulai dari in-house atau menggunakan jasa konsultan pengembang perangkat lunak.

Namun yang terpenting adalah tim internal anda. Mengapa demikian? Karena tim internal yang paling mengerti proses tersebut. Pastikan untuk membentuk tim ini terlebih dahulu yang nantinya akan masuk ke dalam tim desain WMS.

Di sisi lain ada beberapa yang memilih menggunakan WMS yang sudah jadi dan tinggal digunakan. Namun biasanya solusi yang ditawarkan bersifat umum. Jika scope WMS masih bisa mengelola proses bisnis di gudang anda, maka anda boleh menggunakan WMS yang sudah jadi tersebut. Namun jika dirasa kompleksitasnya masih kurang, maka sebaiknya membangun atau melakukan kustomisasi.

Saatnya Implementasi Warehouse Management System

Jika WMS sudah selesai dibangun maka saatnya untuk melakukan implementasi WMS. Ada beberapa hal yang bisa anda siapkan untuk implementasi WMS ini:

  1. Ketika melakukan implementasi WMS, pastikan melakukan pelatihan yang bersifat intensif. Untuk karyawan yang berkaitan langsung dengan implementasi WMS, tarik dari pekerjaan harian mereka agar lebih fokus pada pelatihan dan implementasi WMS. Dengan demikian mereka dapat lebih terbuka dan mampu mendapatkan gambaran umum dari WMS tersebut.
  2. Tunjuk mentor. Jika tidak ada dari internal, anda bisa menggunakan jasa konsultan yang memiliki pengetahuan baik tentang WMS dan mampu menjadi pengajar yang baik.
  3. Bagi yang berkaitan dengan implementasi WMS, pastikan untuk memiliki semua materi tentang WMS tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah adanya ruang untuk melakukan ujicoba langsung terhadap WMS tersebut. Biasanya, akan ada aplikasi versi testing yang bisa digunakan untuk ujicoba.
  4. Akan ada beberapa orang yang akan memegang akun penting misalnya untuk akun yang diberikan privilege sebagai WMS Administrator ataupun WMS Super user. Pastikan untuk memberikan pelatihan yang lebih kepada akun yang memiliki privilege ini. Selain itu, dorong mereka juga untuk bisa ikut mengembangkan WMS tersebut di masa-masa mendatang.
1369 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Mengenal Token Kripto Alam Hijau Anagata (AHA) Yang Ramah Lingkungan

2 Mins read
Teknologi kripto begitu hingar bingar saat ini, tidak terkecuali juga dengan token kripto Alam Hijau Anagata (AHA). Token yang satu ini dikenal…
Teknologi

Jenis-Jenis Stretch Film untuk Pengaplikasian Industri Logistik

2 Mins read
Stretch film plastik merupakan salah satu produk kemasan yang paling umum digunakan untuk menjaga produk pada tahap transportasi. Namun, sekedar membungkus produk…
Software

Ingin Menyimpan Video Dari Instagram? Ikuti Cara Simpan Video Instagram Berikut

2 Mins read
Simak cara menyimpan video dari Instagram berikut ini! Saat ini penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari–hari memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
Tulisan Lepas

Perkembangan Teknologi Informasi Supply Chain Management