NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Keuangan

Ini Dia Solusi Pinjaman Dengan Mudah Dan Cepat

4 Mins read
solusi pinjaman

Kali ini kita akan membahas mengenai solusi pinjaman. Saya sengaja menggunakan kata solusi di depan kata pinjaman karena pada dasarnya pinjaman adalah sesuatu yang mempunyai kegunaan dan manfaat jika dipergunakan untuk hal yang positif. Oleh sebab itu kita banyak menemukan berbagai solusi pinjaman yang ditawarkan bahkan pemerintah juga memberikan perlindungan baik kepada peminjam maupun pemberi pinjaman melalui regulasi.

Kegunaan Pinjaman

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa sebenarnya pinjaman mempunyai kegunaan dan manfaat secara positif. Di dalam masyarakat Indonesia melakukan proses pinjam meminjam adalah hal yang sudah lumrah. Mungkin ini disebabkan karena akar budaya kekeluargaan yang kuat sehingga dengan rela mau membantu keluarga bahkan orang lain yang sedang dalam kesulitan finansial.

Ada beberapa kegunaan yang dimanfaatkan dari pinjaman, antara lain:

  1. Keperluan Mendadak
    Siapa yang tidak ingin menghindari timbulnya keperluan mendadak? Tentu semua orang menginginkannya. Banyak dari kita yang sudah membuat perencanaan keuangan sedemikian rupa, namun ternyata di tengah perjalanan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan yang memerlukan uang yang lebih dari kita punya. Bahkan alokasi simpanan yang telah dibuat untuk cadangan ternyata tidak bisa menutupi kebutuhan tersebut. Oleh sebab itu melakukan pinjaman menjadi hal yang harus dilakukan. Contohnya saja tiba-tiba rumah yang kita tempati atapnya ambruk karena terkena angin kencang, padahal kita tidak pernah secara khusus mencadangkan uang untuk perbaikan atap dalam waktu dekat, sementara simpanan yang dipunya masih belum cukup untuk menutupi biaya perbaikannya. Maka solusi pinjamanlah yang diambil untuk menutupi kebutuhan keuangan yang mendadak tersebut.

  2. Pinjaman Untuk Keperluan Sekolah Anak
    Ketika akan masuk sekolah, khususnya jika akan masuk pertama kali di sekolah yang baru, maka salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah biaya untuk keperluan sekolah anak. Namun tidak disangka, biaya masuk yang diperlukan melebihi dari anggaran keluarga yang sudah ditetapkan. Namun mau tidak mau pembayaran biaya tersebut harus dilakukan. Maka salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan mengambil pinjaman.

  3. Pinjaman Modal Usaha
    Buat kamu yang sedang menjalankan usaha ataupun baru akan memulai usaha, maka salah satu sumber permodalah untuk menjalankan usaha bisa didapatkan dari pinjaman. Pada era bisnis online saat ini yang kita tahu volumenya semakin meningkat, maka mengambil pinjaman modal usaha untuk berbisnis online menjadi hal yang tepat. Tanpa tambahan modal, maka mustahil untuk bisa menangani transaksi permintaan yang semakin besar.

  4. Untuk Membeli Rumah
    Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar bagi manusia. Beberapa orang memimpikan untuk memilih tinggal di rumah sendiri daripada harus menumpang di sanak keluarga ataupun menyewa. Salah satu alasannya adalah nilai aset sebuah rumah terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika dana masih belum mencukupi, maka mengajukan pinjaman untuk kepemilikan rumah adalah salah satu solusi yang tepat agar dapat cepat memiliki rumah.

  5. Membeli Kendaraan Bermotor
    Kendaraan bermotor dapat dipandang dari berbagai sisi, baik sebagai kebutuhan alat transportasi maupun sebagai gaya hidup. Namun kebutuhan sebagai alat transportasi mendominasi dari alasan orang untuk membeli kendaraan bermotor. Jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum, maka biaya dikeluarkan bisa menjadi lebih besar. Selain itu waktu yang harus dihabiskan di jalan juga dapat semakin lama, Maka solusi dari masalah ini adalah dengan membeli kendaraan bermotor. Saat ini telah banyak kemudahan yang diberikan untuk dapat memiliki kendaraan bermotor, salah satunya dengan mengajukan pinjaman kepemilikan kendaraan bermotor.
Baca Juga   P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Pilihan Pinjaman

Ada berbagai macam jenis pinjaman. Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Pemerintah sudah mengatur mengenai pinjaman termasuk produk pinjaman. Gunanya agar pinjaman dapat tepat sasaran serta memberikan perlindungan terhadap peminjam.

Beberapa macam bentuk pinjaman yang saat ini ada di Indonesia antara lain:

  • Kartu Kredit
    Kartu kredit dikhususkan untuk pinjaman yang bersifat konsumtif. Kartu kredit dikeluarkan oleh perbankan dengan menggunakan lembaga keuangan khusus penerbit kartu seperti Visa dan Master Card. Pinjaman pada kartu kredit mempunyai batasan yang disesuaikan dengan kemampuan bayar peminjam.

  • KTA (Kredit Tanpa Agunan)
    Kartu kredit tanpa agunan adalah pinjaman tanpa agunan. Merupakan fasilitas pinjaman yang dikeluarkan oleh perbankan, Sebetulnya tidak sepenuhnya tanpa agunan karena biasanya fasilitas KTA ini menempel pada kartu kredit yang dimiliki oleh seseorang.

  • KKB (Kredit Kendaraan Bermotor)
    Kredit kendaraan bermotor adalah pinjaman yang cukup mendominasi di Indonesia. Salah satu alasannya adalah kebutuhan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi yang tinggi. Selain perbankan, kredit kendaraan bermotor juga bisa diajukan di lembaga finansial non-bank.

  • KPR (Kredit Pemilikan Rumah)
    Pinjaman lain yang juga mendominasi adalah kredit pemilikan rumah. Kita bisa mendapatkan pinjaman ini melalui lembaga perbankan.

  • Kredit Multiguna
    Pinjaman lain yang bersifat umum untuk kegunaanya adalah kredit multiguna. Seperti namanya, kredit multiguna adalah pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai kegunaan. Misalnya untuk biaya pendidikan, biaya kesehatan maupun untuk modal usaha.

Syarat Mendapatkan Pinjaman

Untuk mendapatkan pinjaman, biasanya lembaga keuangan seperti bank ataupun non-bank memberikan beberapa syarat dasar sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Identitas.
  2. Persetujuan dari suami/istri.
  3. Memiliki penghasilan.

Syarat lainnya yang biasa diajukan oleh lembaga keuangan seperti adanya jaminan yang harus diserahkan, survey dan interview kepada calon peminjam dan syarat lainnya yang bisa berbeda antara lembaga keuangan satu dengan lainnya. Ada juga lembaga keuangan yang memberikan kemudahan pinjaman asalkan tempat bekerja atau usaha mempunyai rekening untuk transfer gaji di tempat yang sama.

Baca Juga   Cara Mudah Lapor Pajak Online dengan e-Filling DJP Online

Cara Mudah Mencari Pinjaman Dengan Finpedia

Saat ini kita tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari pinjaman. Kita bisa memilih dan mengajukan pinjaman melalui platform online seperti Finpedia.

Apa itu Finpedia?

finpedia agregator pinjaman online
Finpedia Agregator Pinjaman Online

Findpedia adalah sebuah platform agregator finansial yang berkaitan dengan pinjaman. Bekerjasama dengan banyak Mitra Jasa Keuangan yang memiliki solusi pinjaman untuk berbagai kebutuhan.

Finpedia dikelola oleh PT Solusi Inklusi Finansial yang memiliki induk usaha Jianpu Technology, sebuah perusahaan finansial berbasis teknologi terbesar di China.

Finpedia saat ini telah tercatat dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Finpedia juga telah menjadi anggota Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Finpedia Solusi Pinjaman Dengan Mudah Dan Cepat

Finpedia adalah solusi finansial untuk pinjaman secara online. Melalui platform ini, pengguna dapat mengajukan pinjaman kepada mitra jasa keuangan yang telah bekerja sama dengan Finpedia.

Saat ini, Finpedia dapat melayani pinjaman untuk berbagai kebutuhan mulai pinjaman online, kredit tanpa agunan, kredit multigunam dan juga pengajuan kartu kredit dari berbagai produk perbankan.

Keunggulan mengajukan pinjaman melalui Finpedia adalah kemudahan dalam proses pinjaman karena cukup upload dokumen yang dibutuhkan secara online. Selain itu Finpedia juga menyediakan banyak informasi yang bisa digunakan sebelum mengambil keputusan pinjaman seperti perbandingan bunga, tenor dan jumlah cicilan.

Produk Pinjaman di Finpedia

Beberapa produk pinjaman yang saat ini dilayani oleh Finpedia antara lain:

  • Pinjaman Online
  • Kredit Tanpa Agunan
  • Kredit Kendaraan Bermotor
  • Kredit Pemilikan Rumah
  • Kredit Multiguna

Jadi buat kamu yang sedang mencari solusi pinjaman, kunjungi situs Finpedia, gali informasi mengenai pinjaman dan ajukan pinjamanmu segera.

1305 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Keuangan

Dapatkan Kemudahan Platform Keuangan Di Era Digital Dengan Aplikasi blu

4 Mins read
Menjalani kehidupan di saat ini, tentu harus bisa beradaptasi dengan kehidupan yang serba digital ini. Fasih menggunakan berbagai platform digital menjadi pertanda…
Keuangan

Wujudkan Impian Yang Tertunda bersama JULO

2 Mins read
Setiap orang ingin wujudkan impian tapi tak semua orang mau untuk bangun dari tidurnya, keluar dari zona nyaman untuk wujudkan impian mereka….
Keuangan

Era Digital Dan Kemudahannya Bagi Manusia

3 Mins read
Diakui atau tidak perkembangan teknologi yang semakin pesat, memaksa kita sebagai manusia untuk mau terus berubah dan mengupgrade pengetahuan kita mengikuti perkembangan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.