Jangan Pernah Tunda BAB Untuk Mengatasi Susah BAB

Mengatasi Susah BAB
Gambar oleh 【微博/微信】愚木混株 【Instagram】cdd20 dari Pixabay

Permasalahan untuk susah buang air besar (BAB) bisa timbul pada setiap orang, dan pastinya kamu juga pernah mengalami keadaan dimana kamu mengalami susah untuk BAB. Sebetulnya jika ditelisik lebih lanjut, banyak sekali penyebab dari susah BAB ini. Penyebabnya antara lain bisa timbul karena pengaruh pola makan yang diasup yang kurang kaya akan serat, kemudian bisa juga ditimbulkan oleh karena sedang berada dalam fase kehamilan, ataupun juga susah BAB yang ditimbulkan karena pengaruh dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Selain dari penyebab-penyebab tersebut, ternyata susah BAB juga dapat ditimbulkan karena sering menunda-nunda waktu BAB. Kali ini saya ingin berbagi informasi pada artikel ini mengenai cara mengatasi susah BAB dengan cara tidak menunda waktu untuk BAB.

Mungkin beberapa dari kamu seringkali menunda waktu BAB. Biasanya hal ini disebabkan karena ada perasaan yang enggan untuk pergi ke toilet yang ditimbulkan karena perasaan malu karena di dalam toilet umum sedang ada banyak orang, atau juga takut pergi ke toilet karena lokasi toilet yang berada di ujung gedung dan sangat sepi, ataupun kamu merasa tidak mendapatkan privasi ketika berada di dalam ruangan toilet karena desain toilet yang menurut kamu sedikit terbuka dan masih banyak lagi alasan lainnya. Namun ternyata karen aktifitas menunda BAB ini justru malah menimbulkan akibat lain, yaitu timbulnya sembelit yang berujung pada susah untuk BAB.

Jadi, pastikan supaya kamu jangan pernah untuk menunda-nunda waktu BAB. Jika rasa ingin BAB itu timbul, segerakan saja untuk melakukan BAB di toilet, jangan pernah menundanya. Untuk itu kamu bisa ikuti 2 tips ini untuk mengatasi susah BAB yang timbul karena menunda waktu BAB.

Baca Juga   Yuk Sempatkan Untuk Jalan Kaki Setiap Hari

1. Rutin Untuk Melakukan BAB

Tips yang pertama agar kamu tidak sewaktu-waktu timbul rasa keinginan untuk BAB, maka kamu harus terapkan dan lakukan BAB secara terjadwal. Manusia sebenarnya memiliki ritme yang berkaitan dengan metabolisme di dalam tubuh. Dengan kamu membiasakan BAB di waktu-waktu tertentu, maka kamu bisa mengurangi saat-saat BAB yang timbul secara tiba-tiba. Beberapa orang menerapkan jadwal waktu BAB di setiap pagi hari, sementara beberapa yang lain ada yang menerapkan waktu BAB di malam hari. Atur waktu kamu senyaman mungkin. Dengan mengatur waktu BAB yang terjadwal, kamu juga bisa jadi terhindar untuk BAB di toilet yang mungkin bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, semisal toilet umum yang misalnya menurut kamu terbuka sehingga orang yang berada di sekitar bisa mendengar.

2. Abaikan Perasaan Sungkan

Kemudian tips yang kedua untuk terhindar dari susah BAB adalah jika kamu dengan sangat terpaksa harus melakukan BAB di toilet umum, maka kamu harus abaikan perasaan yang timbul pada diri kamu. Ingatlah bahwa kesehatan kamu itu lebih berharga daripada perasaan kamu yang timbul tersebut. Jadi kamu jangan pernah untuk menunda waktu BAB kamu. Ketika rasa ingin BAB itu timbul dan mendesak maka kamu harus segera melakukannya. Namun memang hal ini memerlukan pembiasaan agar perasaan sungkan kamu tersebut bisa hilang.

Jadi sekali lagi jangan pernah untuk menunda-nunda ketika rasa ingin BAB itu timbul. Jika kamu menjalankan salah satu dari 2 tips tersebut, saya yakin kamu bisa terhindar dari susah BAB. Semoga informasi yang telah saya bagikan ini bisa berguna buat kamu untuk mengatasi susah BAB.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.