NEW!Referensi istilah di supply chan dan logistik Buka di sini
kesehatan

Tips Mencegah Radang Kelopak Mata

2 Mins read
radang kelopak mata
radang kelopak mata
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Apakah kamu pernah mengalami mata yang memerah kemudian mata menjadi terasa sangat lengket? Bisa jadi jika kamu terkena Blefaritis atau yang juga disebut sebagai radang kelopak mata. Radang kelopak mata ini bisa terjadi kepada setiap orang dari semua golongan usia dan pada umumnya tidak menular kepada orang lain.

Radang kelopak mata ini mempunyai beberapa gejala sebagai berikut ini:

  • Ciri yang pertama adalah ditandai dengan mata yang memerah.
  • Kemudian ciri yang kedua bisa terjadi pelengketan pada kelopak mata.
  • Ciri yang lain, pada mata menjadi terasa berair atau sebaliknya menjadi terasa kering.
  • Ciri-ciri yang lain adalah penglihatan yang menjadi buram.
  • Kemudian bisa terdapat pembengkakan pada kelopak mata.
  • Matapun menjadi sensisitif terhadap cahaya.
  • dan ciri yang terakhir adalah adanya kotoran di ujung mata.

Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, maka bisa jadi kamu sedang mengalami radang pada kelopak mata. Lalu jika kamu mengalami gejala tersebut, kamu bisa melakukan 4 hal berikut sebagai langkah awal untuk mengatasi radang kelopak mata:

  1. Yang pertama, basahi kain yang bersih dengan air hangat
  2. Kemudian lagkah kedua, peras dan letakkan pada kelopak mata.
  3. Selanjutnya diamkan kain yang menutupi kelopak mata tersebut selamat 5 menit.
  4. Kemudian ulangi kembali lagi langkah-langkah ini sampai kelopak mata kamu menjadi terasa nyaman.

Keempat langkah ini jika kamu lakukan maka akan bisa membantu kamu untuk melembutkan kerak-kerak dan juga dapat meluruhkan serpihan berminyak yang ada di kelopak mata kamu.

Meski radang kelopak mata ini bisa terjadi pada setiap orang, tetapi kamu juga masih bisa untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena radang kelopak mata ini. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya radang kelopak mata, antara lain:

1. Menjaga kebersihan pada kelopak mata.

Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan pada kelopak mata. Kamu bisa lakukan dengan cara membersihkan kelopak mata pada saat mencuci muka, terutama jika kamu berada pada luar ruangan selama beberapa waktu.

2. Menggunakan Produk Makeup Berkualitas

Jika kamu pengguna makeup, pastikan untuk selalu menggunakan produk makeup yang berkualitas dan menggunakan bahan yang aman. Selain itu, pastikan makeup yang kamu pakai belum mencapai kadaluarsa, karena makeup yang sudah kadaluarsa akan menjadi rentan untuk mengandung bakteri dan jamur.

3. Menghapus Riasan Mata sebelum tidur

Jika menggunakan riasan mata, hapuslah semua riasan mata sebelum tidur. Ini akan mencegah riasan mata kamu menempel pada kelopak mata terlalu lama.

4. Jaga Kebersihan Tangan

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan kamu. Jika tangan kamu kotor atau kamu tidak yakin tangan kamu dalam kondisi bersih, selalu lakukan cuci tangan di air yang mengalir untuk menghindari tejadinya infeksi bakteri. Selain itu jangan pernah menggaruk mata dengan tangan yang kotor.

5. Segera ke dokter bila mata terasa memerah atapun membengkak

Jika mata kamu sudah terasa memerah atau membengkak dan kamu sudah melakukan tindakan awal untuk mengatasinya, tetapi mata kamu belum mendapatkan kesembuhan, kamu bisa segera pergi ke dokter langganan kamu agar bisa segera tertangani. Penanganan dokter yang cepat akan bisa mencegah radang yang terjadi menjadi lebih buruk, sehingga penanganan untuk menuju kesembuhanpun menjadi agak lama.

Bagaimana 5 tips untuk mencegah radang kelopak mata yang sudah disampaikan dalam artikel ini? Semoga tips ini bisa membantu kamu untuk mencegah radang kelopak mata.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.