NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Asuransi

Ini Pengertian Asuransi Mobil Kombinasi Secara Lengkap

2 Mins read
jenis-jenis asuransi mobil

Selama ini, jenis asuransi mobil yang banyak diketahui orang-orang adalah All Risk dan Total Loss Only (TLO). Keduanya sangat populer dan memang sudah banyak digunakan oleh pemilik kendaraan. Akan tetapi, ada juga produk perlindungan kendaraan yang disebut asuransi mobil kombinasi, apa sih maksudnya?

Mengenal Lebih Jauh Asuransi Kombinasi dan Manfaatnya

manfaat asuransi kombinasi
sumber gambar: inafina.com

Selaras dengan namanya, asuransi kombinasi merupakan gabungan dari 2 jenis asuransi mobil. Walaupun terbagi 2, tidak menutup kemungkinan nasabah dapat mengkombinasikan kedua asuransi tersebut. Hal ini berkaitan dengan faktor ekonomis dan kebutuhan dari nasabah itu sendiri.

Sebagai contoh, saat membeli truk baru, nasabah dapat mempertimbangkan asuransi all risk pada 2-3 tahun pertama. Sementara pada tahun berikutnya beralih pada asuransi TLO, mengingat usia kendaraan yang sudah tidak muda lagi. Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan asuransi kombinasi yang patut Anda ketahui. Berikut merupakan manfaat yang dimaksud:

  1. Proteksi Optimal
    Karena mengkombinasikan manfaat dari asuransi all risk dan TLO, secara otomatis kendaraan Anda akan memperoleh proteksi yang lebih optimal. Anda dapat merasakan manfaat pertanggungan atas berbagai jenis risiko dari asuransi all risk, serta merasakan manfaat pertanggungan pada kerusakan besar dari TLO.

  2. Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan
    Untuk asuransi kombinasi, nasabah dapat menentukan durasi perlindungan dari masing-masing asuransi. Poin ini membuat asuransi kombinasi terbilang lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan berikut kondisi kendaraan ataupun finansial Anda.

Kelemahan Asuransi Kombinasi

kelemahan asuransi kombinasi
sumber gambar: dananow.muf.co.id

Sebaik apapun produk asuransi yang ditawarkan, tetap akan ada kekurangan yang menyertainya. Sama halnya dengan asuransi kombinasi yang punya kelemahan sebagai berikut:

  1. Biaya Premi Mahal
    Jika dibandingkan dengan asuransi all risk atau TLO, harga premi dari asuransi kombinasi relatif lebih mahal. Ini terjadi karena asuransi kombinasi merupakan campuran dari keduanya yang membuat pemberian fitur, benefit, juga perlindungan yang lebih lengkap.

  2. Sistem Klaim yang Lebih Rumit
    Diketahui, asuransi kombinasi mempunyai 2 kategori asuransi yang dibagi dalam 2 periode waktu berbeda. Sistem seperti ini terkadang menimbulkan masalah dalam hal klaim. Nasabah seringkali lupa bahwa mereka harus mengajukan klaim sesuai kategori perlindungan dan periode waktu yang berlaku.
Baca Juga   Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Cara dan Syarat Klaimnya

Sebagai contoh, di tahun pertama nasabah memilih menggunakan asuransi all risk. Namun kerusakan ringan yang dialami terjadi di tahun ke-2, yang mana sudah memasuki periode asuransi TLO. Maka, pengajuan asuransi bakal langsung ditolak karena tidak sesuai dengan jenis dan periode asuransi.

Cara Klaim Asuransi Kombinasi

cara klaim asuransi kombinasi
sumber gambar: mudanews.com

Apabila terjadi kerugian pada kendaraan, nasabah dapat mengajukan klaim untuk asuransi yang dibelinya. Prosedur klaim sendiri tergolong beragam, bergantung pada jenis proteksi yang sedang aktif ketika kerugian terjadi, apakah all risk atau TLO. Berikut merupakan proses lengkap klaim asuransi kombinasi saat mobil mengalami kerugian:

  1. Mengisi formulir klaim yang dapat diakses melalui situs resmi maupun aplikasi dari penerbit asuransi terkait.
  2. Menambahkan lampiran dokumen pendukung seperti yang dipersyaratkan.
  3. Mengirimkan formulir ke kantor perusahaan asuransi untuk diproses lebih lanjut.
  4. Menunggu pihak asuransi untuk melakukan verifikasi dan investigasi lanjutan.
  5. Apabila pengajuan klaim disetujui, perusahaan akan menghubungi nasabah lewat kontak aktif yang nasabah isikan dalam formulir.
  6. Kemudian, tunggu petugas resmi dari perusahaan asuransi untuk datang dan menjemput mobil yang hendak diperbaiki, serta mengantarkannya ke bengkel rekanan.
  7. Apabila sudah selesai diperbaiki, kendaraan bakal diantarkan kembali dari bengkel rekanan menuju rumah nasabah.

Untuk memaksimalkan kesempatan pengajuan klaim diterima, pastikan melengkapi seluruh dokumen persyaratan yang diminta. Misalnya KTP, laporan kepolisian untuk kasus kecelakaan, fotokopi kondisi mobil, surat pernyataan kepolisian untuk kasus kehilangan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi terkait asuransi mobil kombinasi lengkap dengan kelebihan dan kekurangan, serta prosedur klaim yang tepat. Dari informasi ini, bisa Anda ketahui bahwa jenis-jenis asuransi mobil tidak hanya terdiri dari TLO dan all risk saja. Anda bisa juga memilih asuransi mobil kombinasi untuk perlindungan kendaraan.

Baca Juga   Kenalan dengan Asuransi Unit Link yuk!
1383 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Asuransi

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Cara dan Syarat Klaimnya

2 Mins read
Kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia tergolong sangat tinggi, oleh karena itu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kecelakaan lalu lintas. Selain untuk…
Asuransi

Tips Membeli Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

3 Mins read
Pembelian asuransi itu sebenarnya sangat penting dan kalian membutuhkan untuk mencari asuransi umum terbaik di Indonesia. Asuransi memiliki manfaat yang sangat banyak bagi…
Asuransi

Berbagi Kebaikan Dengan Memilih Produk Asuransi Kesehatan Syariah Prudential

3 Mins read
Memilih produk asuransi kesehatan syariah Prudential – Salah satu filosofi dari suku Jawa yang sangat saya kagumi adalah “Urip iku urup”. Dalam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.