NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Keuangan

Sebelum Memulai Bisnis, Siapkan 4 Jenis Sistem Pembayaran ini

3 Mins read
jenis sistem pembayaran

Saat ini, hampir segala aktivitas harian kita dapat dilakukan melalui smartphone. Salah satunya adalah cara bertransaksi, karena ada banyak jenis sistem pembayaran digital yang memudahkan kita dan menghemat waktu. Walaupun secara digital, keamanannya tetap terjamin, kok!

Transaksi secara digital saat ini tidak hanya berlaku di toko-toko besar saja, tetapi bisnis yang baru berdiri pun banyak yang mengandalkan transaksi secara digital. Alasannya, sudah banyak orang yang lebih memilih transaksi cashless alias secara digital. 

Nah, buat kamu yang ingin bangun bisnis, lengkapi bisnis kamu dengan 4 jenis sistem pembayaran digital ini agar memudahkan transaksi.

Jenis Sistem Pembayaran Online

1. Transfer Bank

Jika berbicara mengenai jenis sistem pembayaran digital, maka jenis transaksi yang pertama adalah transfer bank. Metode transfer bank merupakan salah satu sistem pembayaran digital yang sudah lebih dulu ada dibandingkan jenis pembayaran lainnya. 

Dengan menggunakan sistem pembayaran ini, kamu tinggal memilih rekening tujuan untuk mentransfer dana sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mentransfer dana ke rekening yang berbeda bank. 

Walaupun akan terkena biaya tambahan, namun tetap saja metode pembayaran yang satu ini masih banyak digunakan, kok! Kemudahan serta rasa aman menjadi hal yang disukai dari jenis pembayaran ini.

2. E-Wallet

Jenis sistem pembayaran digital selanjutnya adalah aplikasi e-wallet. Saat ini ada banyak aplikasi e-wallet atau disebut juga dengan aplikasi dompet digital. Dan bukan rahasia lagi nih kalau banyak orang yang menggunakan aplikasi e-wallet. Alasannya, aplikasi e-wallet dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi, seperti membayar produk, membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik, tagihan kartu kredit, ataupun transaksi lainnya.

Baca Juga   Era Digital Dan Kemudahannya Bagi Manusia

Selain dilengkapi dengan kemudahan bertransaksi, aplikasi e-wallet juga sering memberikan banyak promo bagi penggunanya jika melakukan transaksi menggunakan aplikasi ini. Jadi ga heran kalau banyak yang suka bertransaksi menggunakan aplikasi e-wallet. Nah, kondisi itu bisa kamu manfaatkan dengan menyiapkan metode transaksi menggunakan e-wallet, lho!

3. Virtual Account

Jenis sistem pembayaran berikutnya adalah dengan menggunakan virtual account. Banyak yang mengira virtual account sama saja dengan transfer bank. Namun sebenarnya, dua jenis metode ini jelas berbeda, karena cara transaksinya juga berbeda, kok. 

Berbeda dengan transfer bank, virtual account terdiri dari kode unik dan setiap customer memiliki kode virtual account yang berbeda-beda. Nah, jika bertransaksi menggunakan jenis sistem pembayaran transfer bank, kamu perlu memilih nomor rekening tujuan dan mengisi nominal transaksi, hal tersebut ga perlu kamu lakukan jika bertransaksi menggunakan virtual account.

Karena, dengan virtual account kamu tinggal langsung membayar saja. Cara kerjanya, kamu akan memasukkan nomor virtual account milik merchant yang kamu beli produknya. Jika nomor virtual account nya benar, kamu akan diperlihatkan nama merchant dan juga jumlah yang harus dibayar. 

Jika sesuai, kamu tinggal masukkan PIN ATM kamu dan saldo kamu akan otomatis terpotong untuk membayar tagihan tersebut. Praktis, kan?

4. QR Code

Jenis sistem pembayaran yang terakhir adalah dengan menggunakan QR Code, atau di Indonesia disebut dengan QRIS. QRIS merupakan QR Code unik milik merchant yang dapat kamu scan untuk melakukan pembayaran. 

Setiap merchant memiliki QR Code masing-masing sehingga tidak akan sama dengan toko lainnya.  QRIS pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 oleh Bank Indonesia. Sejak saat itu, menurut data QRIS sudah digunakan lebih dari 20 juta merchant, lho! 

Baca Juga   Ini Dia Solusi Pinjaman Dengan Mudah Dan Cepat

Walaupun terhitung baru, QRIS banyak disukai baik oleh pelanggan maupun penjual karena kemudahannya dalam transaksi.

Dengan menggunakan QRIS, kamu ga perlu melakukan transfer antar rekening lagi, tapi cukup scan barcode milik merchant atau penjual untuk melihat harga yang harus kamu bayar. Setelahnya, isi nominal transaksi dan masukkan PIN ATM kamu.

Pembayaran selesai, deh! Nah, karena banyak yang menyukai metode QRIS, jika kamu ingin membangun bisnis, wajib banget nih menyediakan metode bayar pakai QR Code ini.

Salah satu cara agar dapat memiliki QR code adalah dengan menggunakan layanan transaksi bernama Fazz Business! Karena, di Fazz Business tersedia layanan pembayaran dengan metode QR code yang dinamis dan dikirimkan melalui payment link

Perlu diketahui, QR code atau QRIS ini bersifat dinamis, sehingga cocok digunakan oleh pemilik bisnis agar lebih mudah dalam mencatat transaksi yang terjadi.

Miliki Berbagai Jenis Sistem Pembayaran Bisnis dengan Fazz Business

Dengan menggunakan Fazz Business, kamu bisa lho memiliki jenis sistem pembayaran QR code! Caranya, kamu cukup mengunjungi laman resmi Fazz Business untuk meminta bantuan tim Fazz agar kamu dapat memiliki QR Code yang dinamis ini. 

Selain menyediakan layanan ini, Fazz Business juga dapat membantu kamu mengelola keuangan bisnis kamu dengan cara yang lebih praktis dan cepat. Yuk, segera gunakan Fazz Business sekarang juga!

1468 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
KeuanganPendidikan

Cicilan Biaya Pendidikan dengan Mudah bersama JULO

4 Mins read
Mempersiapkan biaya pendidikan merupakan tantangan besar bagi setiap orangtua yang memiliki atau akan memiliki anak di masa depan. Biaya pendidikan di negara…
Keuangan

Solusi Pembayaran Online dengan Kartu Kredit & PayPal

4 Mins read
Dalam era digital seperti sekarang, pembayaran online menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan kita. Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk berbelanja, membayar…
Keuangan

Cara Mendapatkan Uang dari Bitcoin Indonesia

3 Mins read
Bitcoin adalah cryptocurrency yang mempunyai market capital terbesar di dunia. Bitcoin menjadi salah satu contoh penerapan teknologi blockchain yang sukses. Tidak heran,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.