NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

Kenali Menu Firebase – Tutorial Menggunakan Database Firebase #2

1 Mins read
Kenali Menu Firebase

Pada tulisan sebelumnya kita sudah mengenal apa itu firebase. Pada tulisan kali ini saya akan mengangkat dengan topik Kenali Menu Firebase.

Sebelumnya, saya akan mengarahkan anda untuk masuk ke dalam konsol firebase. Untuk masuk ke dalam konsol firebase, kita bisa masuk melalui link https://firebase.google.com/ lalu klik tombol buka konsol, atau langsung saja masuk ke link https://console.firebase.google.com/u/0/. Tapi pastikan dulu sudah mempunyai akun google ya.

Kenali Menu Firebase

Setelah kita masuk ke dalam konsol, kita akan menjumpai tampilan konsol seperti gambar di atas. Pada saat saya membuat tulisan ini, tampilan konsol firebase seperti pada gambar di atas, namun bisa saja tampilan yang didapatkan berbeda, karena ada pembaharuan pada tampilannya.

Pada tampilan tersebut kita bisa mendapati daftar dari project yang pernah kita buat sebelumnya. Selain itu kita juga bisa membuat project baru dengan cara klik Add Project.

Jika kita melakukan klik pada label add project, maka kita mendapatkan tampilan berikut. Untuk membuat project baru, nanti akan dijabarkan pada tulisan yang lain. Sementara pada saat ini, kita hanya akan mengenal apa saja yang ada di dalam firebase.

Sementara, jika kita membuka project yang pernah kita buat atau punya, maka akan tampilannya sebagai berikut. Tampak di sebelah kanan berupa sidebar menu yang berisikan fitur-fitur yang dimiliki oleh firebase, yang nanti kita kenalkan satu persatu.

Sementara di bagian main display kita bisa melihat statistik dari Hosting dan Realtime Database yang digunakan pada firebase kita. Karena Firebase ini bersifat “Pay As You Go” alias bayar sesuai pemakaian, maka statistik ini sangat penting, supaya kita mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan yang tercermin dari pemakaian tersebut sudah sesuai dengan budget kita atau tidak.

Baca Juga   Pakai method isClean() Untuk Cek Ada Perubahan Pada Data yang Diupdate

Oke pada tulisan ini, kita sudah belajar mengenai cara akses ke dalam firebase. Kemudian kita juga sudah belajar untuk mengenali tampilan ketika sudah masuk ke dalam dashboard firebase.

Semoga tulisan tentang Kenali Menu Firebase ini menjadi awal dalam mempelajari tentang firebase lebih lanjut.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Menggunakan Dua DataTable Pada Satu Halaman

1 Mins read
Kali ini saya sebagai programmer receh mau share tentang penggunaan dua data table pada satu halaman. Namanya programmer receh, selalu ada aja…
Teknologi

Merubah format time picker di adminLTE 2 sebelum di simpan di database (PHP)

1 Mins read
Beberapa aplikasi yang saya buat menggunakan adminLTE. Ini seperti admin template sejuta umat. Bahkan template yang profesional-pun banyak yang dikembangkan dari adminLTE….
Teknologi

Pakai method isClean() Untuk Cek Ada Perubahan Pada Data yang Diupdate

1 Mins read
method isClean() ini saya pakai pada saat melakukan pengecekan apakah data yang diparsing melalui request ada perubahan. Jika tidak ada perubahan, berarti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.