NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Teknologi

Kenapa Harus Menggunakan NAS sebagai Media Penyimpanan Data?

3 Mins read
media penyimpanan data

Kebutuhan penyimpanan data berkapasitas besar kini semakin meningkat. Baik untuk penggunaan pribadi, maupun bisnis, terutama bisnis berskala kecil. Media penyimpanan data dibutuhkan untuk menyimpan file atau data berbagai ukuran yang memiliki kemungkinan untuk digunakan kembali di masa mendatang. Untuk itu, Anda harus memilih penyimpanan yang tepat agar data Anda tetap aman.

Saat ini, ada banyak media penyimpanan yang dapat dipilih. Mulai dari penambahan kartu memori eksternal pada smartphone, hingga penggunaan HDD Eksternal, cloud publik dan NAS. Lalu, manakah yang paling tepat dan aman untuk menyimpan data milik Anda? Berikut ulasannya.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Menyimpan Data dalam HDD Eksternal
  • Backup dilakukan secara manual. Di satu sisi lagi-lagi Anda tidak perlu terkoneksi ke jaringan internet. Namun, tidak ada backup otomatis berpotensi membuat Anda kehilangan file penting.
  • Tidak memiliki penyimpanan terpusat. Walaupun memiliki banyak pilihan kapasitas memori, dari mulai gigabyte hingga terabyte, namun menyimpan semua data dengan size besar butuh banyak HDD eksternal. Hal ini membuat data tersebar di banyak hard drive dan tidak ada penyimpanan terpusat.
  • Tidak membutuhkan koneksi internet, tidak tersedia akses jarak jauh. Di satu sisi ini menghemat biaya paket internet Anda. Di sisi lainnya, Anda harus selalu membawanya jika ingin mengakses file atau data yang berada pada HDD Eksternal, kurang efisien.
  • Bila tidak di backup, file bisa hilang akibat HDD gagal / failure. Ya, penyimpanan pada perangkat hardware memiliki risiko besar terjadinya kerusakan.
  1. Kelebihan dan Kekurangan Menyimpan Data dengan Berlangganan Cloud Publik

Penyimpanan cloud publik merupakan layanan cloud yang memiliki jaringan infrastruktur tersebar di dunia, sehingga layanan ini bisa digunakan oleh siapa pun tanpa ada batas teritorial. Beberapa tahun terakhir, penyimpanan jenis ini semakin populer digunakan oleh berbagai kalangan. Walaupun lebih modern, Anda harus mengetahui plus minusnya menggunakan layanan cloud publik.

  • Memiliki pilihan kapasitas yang sesuai keinginan Anda. Namun, Anda harus merogoh kocek untuk biaya berlangganan setiap bulannya.
  • Bisa backup data secara otomatis melalui pengaturan tertentu. Ini tentunya menguntungkan bagi Anda yang sering lupa melakukan proses backup. Hanya saja kelebihan ini disertai risiko terkena masalah tentang privasi data. Ya, menyimpan sesuatu di internet berisiko mengalami kebocoran data atau diretas.
  • Walau memiliki akses tak terbatas, namun kadang ketika terjadi layanan downtime dari penyedia cloud, Anda tidak dapat mengakses datanya
  • Kebijakan perusahaan yang berubah mungkin akan berpengaruh pada penggunaannya.

Melihat keunggulan dan kelemahan dari HDD Eksternal dan Cloud publik mungkin membuat Anda berpikir untuk menggunakan keduanya sebagai media penyimpanan. Hanya saja, apakah Anda sudah mempertimbangkan bertambahnya pengeluaran Anda. Membeli HDD dan berlangganan bulanan cloud. Belum lagi kemungkinan data Anda semakin tersebar di banyak forum.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan NAS. Apa itu NAS? Apa yang membuatnya istimewa? Simak ulasan berikut!

Keunggulan Menggunakan NAS sebagai Media Penyimpanan

Network attached storage atau NAS bisa menjadi pilihan untuk menyimpan data dengan aman dan tepat. NAS adalah perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung ke jaringan dan memungkinkan untuk melakukan penyimpanan serta pengambilan data dari lokasi terpusat. Berikut beberapa keunggulannya.

  1. Perlindungan data yang aman untuk seluruh file Anda karena NAS merupakan penyimpanan modern yang andal.
  2. Tidak perlu mengeluarkan biaya berlangganan setiap bulannya. Pembayaran NAS hanya dilakukan satu kali di awal, baik untuk hardware maupun softwarenya.
  3. Bisa melakukan akses, berbagi, dan sync data lebih mudah, bahkan perangkatnya berbeda pun tidak masalah.
  4. Berkolaborasi dengan tim Anda jadi lebih mudah, tanpa ada hambatan karena mereka bisa mengaksesnya dari mana saja.
  5. Keamanan data terjamin. Privasi sepenuhnya di tangan Anda.
  6. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.
  7. Bagian dari Investasi jangka panjang, menghemat pengeluaran. Hanya perlu merogoh kocek satu kali di awal, dan Anda langsung bisa mendapat hardware dan software bawaan sekaligus.

Tips Memilih NAS Sesuai Kebutuhan Anda

  1. Menentukan Kapasitas Memori yang Dibutuhkan

Melakukan evaluasi terkait berapa banyak size penyimpanan yang Anda butuhkan bisa dimulai dari pengumpulan data yang saat ini Anda miliki. Kemudian tambahkan dengan perkiraan pertumbuhan data dalam 3 sampai 5 tahun berikutnya.

  1. Fungsi NAS untuk Anda

Coba tanyakan terlebih dulu pada diri Anda. Apa tujuan Anda menggunakan NAS? Apa sebagai upaya melakukan penyimpanan data untuk penggunaan pribadi atau bisnis. Lalu akan digunakan untuk apa saja, penyimpanan atau sekaligus backup data. 

  1. Pilih Tingkat Perlindungan

Menggunakan NAS sebagai media penyimpanan membuat Anda dapat memilih level perlindungan data yang diinginkan. Caranya melalui pemilihan jenis RAID. Nantinya Anda bisa memutuskan berapa banyak harddisk NAS yang Anda butuhkan.

  1. Siapa Saja yang Memiliki Akses Pada Data di NAS

Anda dapat mengatur siapa saja yang diizinkan mengakses data milik Anda, baik itu secara bersamaan ataupun dalam waktu tertentu. Misalnya saja memberikan akses untuk keluarga, rekan, dan lainnya. Semua bisa dilakukan dengan mudah di NAS.

  1. Tentukan Brand Pilihan Anda

Ada banyak brand di pasaran yang menawarkan bermacam-macam model NAS dengan spesifikasi hardware yang sedikit berbeda dengan tingkat performanya. Ada juga yang memilih berkomitmen membangun sebuah ekosistem lengkap dengan rangkaian aplikasinya. Kemudian kinerja software yang serba guna dan user interface atau UI yang user-friendly. Ini tentu memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mudah.

Salah satu penyedia NAS yang direkomendasikan adalah Synology. Synology merupakan penyedia solusi terkait penyimpanan data dengan pengalaman pengguna yang telah dioptimalkan. Banyaknya built-in software, aplikasi pihak ketiga, dan lainnya menjadi modal Synology untuk dapat memberikan solusi pelayanan yang tak hanya maksimal tapi juga terpercaya.

Jika Anda memerlukan bantuan atau rekomendasi dalam memilih tipe NAS, Anda bisa menggunakan NAS Selector dari Synology. Anda dapat mengaksesnya melalui website Synology

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang NAS Synology pada link https://sy.to/kaacs dan melakukan pembelian di https://sy.to/mng2l

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai beberapa pilihan penyimpanan, dan keunggulan yang diperoleh jika Anda menggunakan NAS untuk keperluan pribadi atau untuk bisnis. Semoga bermanfaat!

1304 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.