NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Otomotif

Ketahui Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia, Intip Sejarah dan Inovasinya

2 Mins read
Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Dunia otomotif mengalami perkembangan yang juga cukup pesat. Khususnya terhadap kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang menjadikan teknologi dunia otomotif mengalami perkembangan. Perkembangan mobil listrik di Indonesia mengalami peningkatan demi mendapatkan lingkungan yang lebih baik.

Sejumlah perusahaan-perusahaan milik negara juga mendukung adanya penggunaan mobil listrik. Akan diadakan pula stasiun khusus pengisian daya baterai sebagai energi utama dari mobil listrik.

Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Mungkin perkembangan mobil listrik di Indonesia sendiri tidak terlalu pesat, sehingga masih banyak pula masyarakat yang belum memiliki pengetahuan lebih tentang mobil listrik. Padahal, kini mobil listrik sudah mulai memasuki pasar Indonesia.

Tren penjualan mobil listrik di Indonesia diketahui mengalami peningkatan. Hal ini juga didukung dengan adanya infrastruktur penunjang lainnya seperti stasiun pengisian kendaraan listrik yang sudah ada di beberapa lokasi di Indonesia.

Menurut Kementerian Perindustrian, dalam Rencana Pengembangan Industri Nasional (RIPIN), prioritas pengembangan industri otomotif pada periode 2020-2025 ialah pengembangan kendaraan listrik, termasuk dalam komponennya yaitu baterai, mobil listrik, dan inverter.

Dalam RIPIN juga, roadmap mengenai industri otomotif nasional telah ditargetkan akan mengalami peningkatan hingga 20%. Maka dari itu, nantinya akan ada banyak kendaraan listrik yang mulai beroperasi di jalan-jalan raya Indonesia.

Di sisi lain, Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) juga telah menyiapkan peta jalan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Di roadmap ini, ditujukan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan cara mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan BBM dan impor BBM.

Strategi Pengembangan Mobil LIstrik

Karena sudah memiliki peluang besar dalam hal memasarkan kendaraan listrik. Indonesia kini memiliki strategi pengembangan kendaraan listrik, mulai dari membangun industri baterai, memastikan kesiapan infrastruktur pengisian daya, dan memastikan harga kendaraan listrik yang terjangkau.

Baca Juga   Lelang Motor Online Melalui Aplikasi IBID, Pasti Aman dan Terpercaya

Harga baterai litium sebagai bahan utama pembuatan baterai mobil listrik juga mengalami penurunan. Bersumber pada Gaikindo, PLN, dan Bloomberg Nef, harga baterai litium pada tahun 2020 seharga US$1,191/kWh, hingga pada 2020 di angka US$138/kWh.

Penurunan harga mobil listrik mengikuti harga baterai tersebut. Dalam satu decade saja, harga baterai mengalami penurunan hingga 89% dan baterai mewakili 35% biaya produksi kendaraan listrik.

Dilihat dari data-data tersebut, dapat disimpulkan bahwa peluang mobil listrik untuk dipasarkan di Indonesia semakin besar dan masyarakat mulai dapat beralih ke mobil listrik. Apalagi mengingat keunggulannya yang bisa mengurangi bahan bakar minyak (BBM) dan mengurangi pencemaran lingkungan.

NETA V Sebagai Mobil Listrik Berteknologi Canggih

Penggunaan kendaraan listrik kini semakin diakui dan diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia. NETA V ialah salah satu mobil listrik berteknologi canggih yang menggunakan baterai lithium-ion sebagai bahan utama baterainya.

Tampilan dari mobil listrik NETA V sangat mewah dan elegan dengan pilihan warna-warna yang soft dan berbeda dari kebanyakan mobil konvensional pada umumnya. NETA V menawarkan 5 pilihan warna unik seperti moonlight green, sky blue, sakura pink, white storm, dan midnight grey.

Harga mobil listrik ini dibanderol mulai dari Rp379.000.000 OTR Jakarta dan memiliki fitur-fitur keamanan yang lengkap dan memadai. Desain interiornya yang stylish, mewah, elegan, dan tentunya proses pengisian daya baterai yang mudah.

Beberapa fitur lainnya dari NETA V adalah sebagai berikut.

  • Rear View Camera & Parking Radar : memudahkan Anda untuk parker di medan apapun dengan teknologi radar dan kamera intuitif.
  • Enhanced Smart Safety Features : merupakan sistem keselamatan Electronic Stability Control System (ESC) yang dapat memberikan kendali penuh ketika Anda melakukan manuver tajam.
  • Drive Safety with NETA V : NETA V juga dilengkapi dengan cakram di setiap rodanya, Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Electronic Parking Brake (EPB).
Baca Juga   Keunggulan Suzuki Address Dibandingkan Motor Matic Lainnya

Fitur Eksterior dan Interior NETA V

NETA V menawarkan exterior features yang lengkap. Seperti tersedianya projector headlights, automatic on-off headlights, daytime running lights, dan rear spoiler. Lalu, ada juga LED tail lights, LED high mounted stop light, electric outside door mirrors, dan front engine room cover.

Bagian interiornya didominasi oleh warna hitam dan joknya menggunakan bahan kulit sintetis yang berkualitas tinggi. Kursi bisa diatur kemiringannya sesuai dengan kenyamanan penggunanya.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui seperti apa perkembangan mobil listrik di Indonesia dan NETA V sebagai rekomendasi mobil listrik berteknologi canggih yang cocok untuk Anda. Segera dapatkan mobil listrik NETA V sekarang juga!

1456 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Otomotif

Honda Vario 125: Skutik Sejuta Umat, Cocok Untuk Kerja Harian

1 Mins read
Honda Vario 125 merupakan salah satu motor skutik unggulan yang telah diperkenalkan oleh Honda, perusahaan otomotif ternama asal Jepang. Model ini hadir…
Otomotif

Mudahnya Memiliki Motor Dengan Cicilan Motor Honda

2 Mins read
Sudah dipastikan sebagian besar orang pasti tahu dengan motor merek Honda. Saat ini motor Honda mempunyai berbagai varian yang menjangkau ke berbagai…
Otomotif

Perbedaan Shockbreaker Tabung dengan Shockbreaker Biasa

3 Mins read
Sekarang ini kita bisa melihat ada banyak kendaraan sepeda motor keluaran Suzuki yang menggunakan shockbreaker tabung. Memang shockbreaker tabung menjadi aksesoris yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.