NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Otomotif

Mazda CX-8 2020, SUV Premium Yang Benar-Benar Berkelas

2 Mins read
Mazda CX-8 2020

Jika saya disuruh menyebutkan merek mobil yang keren, maka saya pastinya akan menyebutkan merek Mazda salah satunya. Mazda memang sudah dikenal sebagai salah satu dari jajaran mobil berkelas di dunia. Meski Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mazda sempat hengkang dari Indonesia, tetapi unit mobil Mazda hingga saat ini masih tetap terjual secara built-up melalui PT Eurokars Motor Indonesia. Ini membuktikan bahwa Mazda tetap menganggap Indonesia sebagai pasar yang potensial. Dalam ulasan kali ini, saya akan membahas mengenai Mazda CX-8 2020, sebuah unit SUV premium besutan Mazda.

Hadir dengan Completly Built-Up (CBU) dari Jepang pada akhir tahun 2019 lalu, menunjukkan bahwa unit yang masuk ke Indonesia ini memang berkualitas. Meski sebelumnya sudah ada unit Mazda dengan tipe CX-5 dan CX-9, tipe CX-8 diharapkan akan mengisi kebutuhan permintaan spesifikasi di antara tipe CX-5 dan CX-9. Para pelanggan Mazda menganggap jika tipe CX-5 ini terlalu kecil kapasitasnya untuk mereka, sedangkan jika diberikan tipe CX-9 terlalu besar. Sebenarnya Mazda CX-8 sendiri dibuat untuk mengisi pasar di negara Jepang saja untuk mengisi kebutuhan pengganti Mazda CX-9 yang tidak lolos regulasi karena ukurannya melebihi batas yang sudah ditetapkan. Namun ternyata, banyak negara lain yang juga berminat dengan tipe CX-8 ini. Mazda CX-8 2020 ini hadir di Indonesia dengan 2 tipe, yaitu tipe Elite dan Touring.

Eksterior

Dari penampilannya, Mazda CX-8 ini mirip banget dengan Mazda CX-9. Mungkin karena Mazda ini memiliki tampilan grille depan yang hampir mirip. Meski demikian, juga bisa menemukan perbedaannya. Untuk bagian depan, bisa dijumpai grille depan yang besar. Kemudian pada lampu depan terkesan seperti mata sipit. Lampu depan ini sudah berteknologi LED. Pada bagian bemper ini juga dilengkapi dengan lampu kabut berukuran kecil.

Pada bagian samping, terdapat dua perbedaan antara tipe Elite dan Touring. Pada tipe Elite, terdapat bilah chrome yang berada di bawah pintu. Kedua tipe menggunakan velg alloy dengan ukuran 19 inci.

Mazda CX-8 2020

Pada bagian belakang, penampilan Mazda CX-8 ini hampir sama dengan model Mazda lainnya. Lampu belakang yang berbentuk sipit menyatu dengan chrome horizontal. Selain itu, Mazda CX-8 juga sudah menggunakan knalpot ganda.

Interior

Kendaraan yang digolongkan sebagai SUV premium ini sudah pasti memberikan kesan mewah dan nyaman. Misal pada dashboard yang menghadirkan fitur layar sentuh 8 inci model floating yang didukung oleh teknologi Mazda Connect dengan perpaduan lapisan kulit dan material plastik di bawahnya juga dipercantik dengan aksen chrome. Ada perbedaan di sisi dashboard antara tipe Elite dan Touring, yaitu adanya aksen wood panel pada tipe Elite.

Mazda CX-8 2020

Pada bagian setir dengan balutan kulit Nappa mempunyai multi fungsi dengan tombol audio switch. Setirnya pun sudah dilengkapi dengan fitur tilt dan telescopic.

Untuk kursi yang disediakan pada Mazda CX-8, terdapat perbedaan antara tipe Elite dan Touring. Pada tipe touring disediakan kursi untuk 7 penumpang dan kursinya dibuat dengan lapisan bahan kain berwarna hitam. Sedangkan pada tipe Elite, disediakan untuk kapasitas 6 penumpang dengan layout captain seat serta memiliki bahan pelapis yang berbeda dengan tipe Touring, yaitu bahan dengan lapisan kulit Nappa.

Spesifikasi

Mazda CX-8 mengandalkan mesin bensin SkyActiv 1.5L dengan 4 silinder DOHC dengan 16 katup. Dengan kompresi BBM sebesar 13:1, mobil ini memiliki tenaga maksimal 187 Horse Power pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak pada 252 Nm pada 4.000 rpm.

Harga

Mazda CX-8 2020

Mobil ini memiliki varian warna hingga empat, yaitu Snowflake White Pearl Mica, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic. Harga Mazda CX-8 2020 dibandrol sekitar 660 jutaan untuk varian Touring dan 740 jutaan untuk varian Elite. Sedangkan jika memilih warna Soul Red Crystal dan Machine Grey akan ada tambahan harga.

Dari ulasan ini, kita tahu bahwa positioning Mazda CX-8 berada di antara Mazda CX-5 dan Mazda CX-9. Dengan mesin yang handal dan kenyamanan sebagai sebuah SUV premium, menjadikan Mazda CX-8 2020 ini menjadi pilihan konsumen di Indonesia.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.