NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Logistik

Memilih Jasa Kurir Untuk Pesan Antar Makanan

3 Mins read
Jasa Kurir Untuk Pesan Antar Makanan
Jasa Kurir Untuk Pesan Antar Makanan
Gambar oleh wal_172619 dari Pixabay

Berkembangnya minat pada hobi kuliner saat ini, menimbulkan efek semakin maraknya orang yang berusaha pada bidang makanan. Tidak hanya membuka tempat di mall maupun pertokoan saja, bahkan telah sampai ke dapur-dapur rumah. Tren kuliner ini menjadikan banyak tempat makan yang direview dengan menampilkan kelezatan dan keistimewaannya. Namun banyak dari tempat makan tersebut yang terkadang berada di tempat yang tidak kondusif dan representatif, misalnya banyaknya antrian pengunjung, sulitnya mencari tempat parkir hingga tempat makan yang sulit untuk diakses. Hal inilah yang membuat jasa kurir untuk pesan antar makanan berkembang.

Klasifikasi Jasa Pesan Antar Makanan

Dalam perkembangannya, semakin banyak jasa kurir yang memberikan spesialisasi layanan untuk pesan antar makanan. Jasa kurir yang melayani pesan antar makanan bisa dibagi dengan 3 klasifikasi berikut ini:

  1. Jasa Kurir Terjadwal
    Jasa kurir ini biasanya sudah memiliki jadwal rutin pengantaran makanan. Sebagai contohnya adalah jasa kurir yang digunakan oleh pengelola katering yang rutin mengirimkan katering ke pelanggannya.
  2. Jasa Kurir Dengan Layanan Sesuai Permintaan
    Jasa kurir ini akan mengirimkan makanan sesuai permintaan. Pengguna jasa kurir ini bisa dari pemilik makanan yang ingin mengirimkan pesanan makanan ke pelanggannya ataupun dari seseorang yang ingin membeli makanan dari suatu tempat.
  3. Jasa Kurir Pengiriman Antar Kota
    Jasa kurir ini akan mengirimkan makanan dari kota satu ke kota lainnya.

Pengelola Jasa Kurir Makanan

Ada 2 klasifikasi dari pengelola jasa kurir makanan, yaitu:

  1. Individu
    Pengelola jasa kurir makanan yang bersifat individu bisa banyak kita temukan. Keunggulannya adalah sifat layanannya yang bersifat personal dan fleksibelsehingga lebih memahami pelanggannya. Namun jasa kurir yang bersifat individu ini mempunyai keterbatasan dalam hal jangkauan dan banyaknya order yang bisa diterima.
  2. Perusahaan
    Pengelola jasa kurir makanan yang dikelola oleh perusahaan lebih bersifat profesional. Keunggulannya adalah mampu mengelola banyak order pesan antar makanan serta mempunyai kurir yang banyak.
Baca Juga   Yuk Kita Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Kurir Indonesia

Kendaraan yang Digunakan

Beberapa kendaraan yang biasanya digunakan oleh jasa kurir pesan antar makanan antara lain:

  1. Berjalan Kaki
    Jika area pengantaran makanan tidak jauh, biasanya kurir akan berjalan kaki saja untuk mengantarkan makanan. Misalnya untuk jasa kurir antar makanan yang berada di area apartemen atau perkantoran dengan pemesanan layanan yang berada di sekitar area tersebut.
  2. Sepeda
    Kendaraan lain yang sering digunakan adalah sepeda kayuh. Beberapa area menjadi lebih praktis jika menggunakan sepeda kayuh. Terutama untuk jarak yang tidak terlalu jauh serta penggunaan sepeda dapat menghemat biaya bahan bakar dan biaya parkir.
  3. Sepeda Motor
    Untuk area yang lebih jauh lagi, dapat digunakan motor. Sangat praktis untuk digunakan terutama jika akses jalan tidak terlalu besar. Keunggulan lainnya adalah bisa menaruh makanan yang dipesan dengan cara digantung ataupun membuat tas khusus yang bisa menahan panas agar makanan bisa tetap hangat ketika sampai di pelanggan.
  4. Mobil
    Untuk pemesanan yang lebih banyak, kendaraan yang digunakan adalah mobil.
  5. Truk
    Truk biasanya digunakan untuk pengiriman makanan ke luar kota. Meski ada kemungkinan bercampur dengan barang lain, pengelola transportasi biasanya sudah menyediakan tempat khusus jika membawa makanan di dalam truknya.
  6. Kereta Api
    Kereta api adalah moda transportasi yang efisien dan cepat. Waktu kedatangannya terukur. Namun kelemahannya adalah keberangkatan yang terjadwal, sehingga tidak fleksibel jika harus terburu-buru untuk mengirimkan makanan ke kota lain.
  7. Pesawat Terbang
    Moda ini digunakan jika membutuhkan pengiriman makanan ke luar kota dengan waktu yang cepat. Namun untuk makanan, biasanya ada persyaratan tertentu ketika akan dikirimkan. Misalnya harus masuk karantina makanan dahulu sebelum diberangkatkan untuk mengidentifikasi bahan makanan apa saja di dalam makanan tersebut.
Baca Juga   Yuk Kita Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Kurir Indonesia

Teknologi yang Digunakan

Ada 5 teknologi yang digunakan oleh jasa kurir pesan antar makanan untuk menerima ordernya, antara lain:

  1. Telepon
    Jasa kurir akan menerima order melalui telepon, kemudian mencatat order beserta alamat tempat makanan dipesan dan alamat pengiriman. Teknologi ini sebetulnya adalah teknologi lama, akan tetapi masih banyak jasa kurir pesan antar makanan yang masih menggunakan cara ini.
  2. SMS
    Order melalui SMS juga termasuk teknologi lama yang masih digunakan oleh jasa kurir pesan antar makanan untuk menerima order hingga saat ini.
  3. Aplikasi Messenger
    Teknologi yang saat ini banyak digunakan oleh jasa kurir pesan antar makanan adalah menggunakan aplikasi messenger seperti misalnya WhatsApp.
  4. Aplikasi khusus Pesan Antar Makanan
    Beberapa perusahaan yang mengelola jasa kurir pesan antar makanan sudah banyak yang membuat aplikasi khusus untuk menerima order kurir makanan. Kelebihannya adalah pelanggan yang meminta order tercatat secara data. Kemudian perusahaan juga bisa membuat pola data dari pemesanan makanan tersebut.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak perusahaan jasa kurir antar makanan yang menggunakan teknologi berupa aplikasi berbasis mobile untuk menerima order pemesanan, misalnya saja Gojek yang menggunakan layanan GoFood. Namun untuk kurir yang tidak menggunakan aplikasi, misalnya masih menggunakan telepon, SMS ataupun aplikasi messenger, juga masih banyak diminati. Kualitas layanan dan kemudahan ketika melakukan order akan menjadi 2 kunci utama untuk mampu bersaing di jasa kurir untuk pesan antar makanan ini.

[wp_ad_camp_5]

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Logistik

Yuk Kita Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Kurir Indonesia

2 Mins read
Pastinya kamu sudah sering mendengar tentang jasa kurir. Sebetulnya seperti apa sih jasa kurir itu? dan pekerjaan apa yang dilakukan? Dalam artikel…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
BlogTulisan Lepas

4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog