NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Warehouse

Mengelola Gudang Dengan Software ERP Manufaktur Pergudangan Terbaik

3 Mins read
software erp manufaktur pergudangan terbaik

Mengelola suatu gudang manufaktur bukanlah hal yang mudah. Banyak proses yang harus dijalankan. Gudang manufaktur tidak terpisah dari alur kerja pabrikasi yang memiliki proses kerja cukup kompleks. Dalam melakukan pengelolaan gudang yang terintegrasi dengan proses manufaktur diperlukan dukungan software ERP manufaktur pergudangan yang terbaik.

Proses Di Dalam Perusahaan Manufaktur

Di dalam perusahaan manufaktur banyak sekali proses yang melibatkan berbagai departemen dan bagian. Termasuk didalamnya adalah bagian gudang. Dalam perusahaan manufaktur, akan ada proses mulai dari pengadaan bahan baku hingga menjadi bahan jadi. Selama dalam proses tersebut, kita akan bisa melihat bagaimana masing-masing departemen bekerja sama untuk mendukung setiap prosesnya.

Dimulai dari pengadaan bahan baku, kemudian proses penyimpanan bahan baku itu sendiri. Selanjutnya bahan baku akan diproses menjadi produk jadi melalui proses pembuatan yang membutuhkan banyak bahan baku. Setelah produk jadi, selanjutnya produk tersebut akan di simpan di dalam gudang.

Jika dirangkum dalam proses manufaktur akan melalui proses berikut ini:

  • Pengadaan Bahan Baku
  • Penyimpanan Bahan Baku
  • Proses Produksi
  • Penyimpanan hasil produksi
  • Distribusi hasil produksi

Beberapa Bagian Yang Ada Pada Proses di Perusahaan Manufaktur

Adapun beberapa bagian yang ada pada proses di perusahaan manufaktur antara lain:

  • Sumber Daya Manusia (SDM)
    Sumber daya manusia (SDM) diperlukan untuk menggerakan proses produksi seperti mengoperasikan mesin, menyimpan barang di gudang serta melakukan koordinasi antar bagian.

  • Keuangan
    Pada bagian keuangan berkaitan dengan biaya-biaya yang harus dikeluarkan pada setiap prosesnya. Mulai dari untuk pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, pembelian mesin, pemeliharaan mesin, dan sebagainya.

  • Mesin Produksi
    Mesin produksi adalah alat produksi yang akan melakukan proses perubahan dari bahan baku menjadi produk jadi.

  • Alat Distribusi
    Alat distribusia adalah bagian yang akan membawa hasil produksi kepada pelanggan akhir.

Dukungan Sistem ERP

Dengan kompleksitas berbagai proses serta berbagai macam stakeholder, dibutuhkan suatu sistem yang mampu mengelola dan melakukan integrasi di setiap proses dan bagiannya. Sistem yang mendukung untuk hal ini adalah sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

Sistem ERP akan melakukan integrasi terhada setiap bagian dan proses dengan mempertimbangkan tingkat efisiensi dan efektifitas. Dengan adanya sistem ERP ini, maka pengelolaan perusahaan manufaktur akan dapat berjalan dengan baik karena dikelola oleh manajemen yang dibantu suatu sistem yang baik.

Sistem ERP akan melakukan pengelolaan mulai dari bagian keuangan, akuntansi, persediaan barang, proses produksi hingga kepada pengelolaan sumber daya manusia, termasuk juga dengan pengelolaan gudang.

Memilih Sistem ERP Terbaik

Sistem ERP yang terbaik adalah sistem yang mampu mengakomodasi berbagai aktifitas perusahaan dan mampu menyediakan informasi untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Dengan software ERP manufaktur pergudangan terbaik, maka pengelolaan gudang yang akan menjadi lebih efisien, terutama pada pengelolaan sumber daya manusia, kapasitas penyimpanan, hingga kebutuhan pada tempat penyimpanan.

i7 Software ERP Terbaik dari SytemEver

SystemEver memiliki software ERP terbaik yaitu seri i7. Seri ini sudah mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan perusahaan manufaktur untuk mengelola berbagai proses dan bagian yang ada di dalamnya.

Mengenal SystemEver

Sebelum lebih jauh, mari mengenal perusahaan SystemEver.

SystemEver adalah sistem cloud ERP yang dibangun oleh Younglimwon softlab, sebuah perusahaan asal Korea Selatan. Mulai tahun 2017, perusahaan ini telah hadir di Indonesia dengan memberikan berbagai solusi untuk pelaku bisnis pada skala UKM.

System

Keunggulan Software ERP i7

Salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh Younglimwon Softlab adalah software ERP i7. Pada seri ini dikhususkan untuk pengelolaan perusahaan yang kompleks seperti perusahaan manufaktur.

Sistem ERP i7 ini sudah terintegrasi mulai dari pengelolaan biaya, akunting, pengadaan barang, produksi, pengelolaan sumber daya manusia, hingga penjualan. Keunggulan lainnya adalah adanya fitur untuk menampilkan yang dinamakan Visual K-Process Map yang sangat memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Pengguna Sistem ERP SystemEver

Salah satu pengguna produk dari SystemEver adalah sebuah produk kecantikan ternama dari Korea Selatan yaitu Jung Saem Mool. Produk dari SystemEver dapat mengintegrasikan berbagai lini dari Jung Saem Mool mulai dari proses penjualan, melakukan pengecekan ketersediaan barang, arus uang keluar dan masuk, serta adanya analisa data untuk membuat perusahaan lebih efektif dan efisien.

Sistem ERP Menjadi Sebuah Kebutuhan Bagi Perusahaan Manufaktur

Dari penjelasan yang sudah diberikan, maka dipastikan jika sistem ERP akan menjadi sebuah kebutuhan bagi perusahaan manufaktur. Tetapi tentunya dengan sistem ERP terbaiklah yang harus dipilih. SystemEver Indonesia telah menyediakan sistem ERP yang handal yang akan membantu mitra bisnis untuk berkembang lebih maju lagi. https://systemever.co.id/id/join-partner.

1315 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

19 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.