NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Asuransi

4 Tips Memilih Asuransi yang Harus Diperhatikan Para Pemula

2 Mins read
Tips Memilih Asuransi

Setiap orang pastilah menginginkan badannya tetap bugar dan sehat. Sayangnya, selalu ada bayang-bayang risiko kesehatan yang menghantui manusia. Karena alasan tersebut, memiliki tambahan proteksi untuk risiko kesehatan melalui produk asuransi sangat dibutuhkan. Tentunya, dalam memilih asuransi juga tidak bisa sembarangan. Diperlukan tips memilih asuransi yang tepat agar proteksi yang diperoleh sesuai dengan keinginan pun kebutuhan.

Tips Memilih Produk Asuransi

Saat ini, ada banyak sekali produk-produk asuransi yang bertebaran di pasar Indonesia. Tiap-tiap produk tersebut memiliki penawaran manfaat dan syaratnya masing-masing. Disini, tugas Anda adalah memilih salah satu produk tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi atas manfaat asuransi.

Lebih jauh, berikut merupakan beberapa tips praktis dalam memilih produk asuransi yang bisa Anda gunakan sebagai acuan.

1. Melihat Track Record Perusahaan Asuransi

Secara garis besar, asuransi jiwa mempunyai tenggat pemakaian yang relatif panjang. Karenanya, Anda perlu memeriksa kembali apakah kondisi finansial perusahaan asuransi yang dipilih cukup stabil atau tidak. Pun bisa dipercaya atau tidak.

Selain itu, Anda dapat memeriksa kredibilitas perusahaan asuransi lewat prosedur pendaftarannya. Mungkinkan perusahaan tersebut telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Pada fase ini, Anda dapat mengamati media social, blog, atau review terkait perusahaan tersebut di Youtube.

2. Memilih Premi Asuransi Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Memilih produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial kita juga penting untuk dipertimbangkan. Sebagaimana diketahui, sebagian besar anak muda jaman sekarang mempunyai gaya hidup yang tinggi tanpa memikirkan perkara masa depannya.

Padahal, seharusnya anak muda mulai merencanakan kehidupannya dengan baik. Seperti mempersiapkan perencanaan kesehatan dan jiwa misalnya. Sehingga kedepannya mereka tak lagi harus bergantung pada orang tuanya di masa mendatang. Nah, untuk melakukan hal itu, Anda dapat membuat catatan alokasi anggaran premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda saat ini.

3. Jangan Menunda Membeli Asuransi

Beberapa kalangan masyarakat enggan membeli produk asuransi lantaran merasa tidak akan menerima manfaatnya secara langsung. Apabila Anda membeli asuransi di usia yang sudah matang, harga preminya akan semakin tinggi. Mengingat biasanya perusahaan asuransi mengharuskan calon nasabahnya untuk melakukan medical check-up terlebih dahulu guna memeriksa kondisi kesehatannya sebelum mereka memperoleh manfaat asuransi.

Kondisi kesehatan pada dasarnya dapat mempengaruhi harga premi suatu produk asuransi. Oleh sebab itu, pastikan untuk segera membeli produk asuransi saat usia Anda masih muda dan juga sehat. Jangan sampai Anda menunda pembelian asuransi dan berakibat pada tarif premi yang memberatkan.

4. Produk Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat banyak sekali produk asuransi yang tersedia, sebut saja asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, hingga asuransi dana pensiun. Oleh karena itu, pastikan untuk hanya memilih produk asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Produk Asuransi
Tips Memilih Produk Asuransi

Lebih lanjut, Anda disarankan untuk tidak membeli produk asuransi yang menawarkan banyak fitur tambahan, yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Sebab, harga premi yang perlu dibayarkan per bulannya juga akan ikut meningkat.

Seleksi kembali apa kebutuhan proteksi yang Anda perlukan. Jika proses ini dirasa berat bila dilakukan secara mandiri, cobalah untuk meminta pendapat ahli untuk menjelaskan berbagai produk asuransi lengkap dengan cakupan dan manfaatnya.

Biar bagaimanapun juga, perlindungan asuransi dibutuhkan untuk menghindarkan pemegang premi dari berbagai risiko yang mungkin mengancam jiwa. Dengan menerapkan tips memilih asuransi di atas, Anda dapat meraih manfaat optimal dari produk proteksi untuk meminimalisir risiko yang bisa saja mengenai kesehatan Anda di masa mendatang.

1290 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

19 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.