NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Asuransi

Memahami Perlindungan Asuransi

2 Mins read
Perlindungan Asuransi

Seringkali kita mendapati berbagai penawaran asuransi dari berbagai pihak, mulai dari agen asuransi hingga penawaran yang masuk ke email. Namun tahukah kamu mengapa kita memerlukan perlindungan asuransi? Artikel ini akan membantu kamu untuk memahami bagimanana asuransi memberikan perlindungan.

Memahami Risiko

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapi berbagai peristiwa / kejadian yang timbul dan tidak sesuai dengan harapan ataupun rencana yang sudah kita buat. Itulah sebenarnya definisi dari risiko, yaitu berbagai hal yang timbul diluar dari harapan ataupun rencana yang kita telah buat.

Pada prinsipnya risiko bisa terjadi kapan saja, namun yang terpenting adalah menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan risiko yang terjadi.

Ada beberapa risiko yang mungkin kita hadapi dalam kehidupan ini, antara lain:

  1. Kehilangan Sumber Penghasilan
    Penghasilan adalah sesuatu yang nantinya kita tukarkan untuk menjalani kehidupan. Penghasilan diperoleh dari bekerja, melakukan pengelolaan sumber daya ekonomi seperti lahan pertanian dan berbagai sumber penghasilan lainnya.
    Namun yang harus diperhatikan bahwa sumber penghasilan saat ini bagi sebagian besar orang diperoleh dari adanya subyek yang menjadi sumber penghasilan. Sebagai contohnya seorang ayah yang bekerja mencari uang untuk keluarganya.
    Kehilangan sumber penghasilan bisa disebabkan karena subyek sumber penghasilan tidak dapat lagi melakukan aktifitas yang berhubungan dengan penghasilan. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan subyek sumber penghasilan tidak dapat lagi mendapatkan penghasilan misalnya dalam kondisi sakit, alat produksi rusak, bahkan sampai meninggal dunia.

  2. Kehilangan Aset
    Biasanya aset diperoleh dengan cara menyisihkan penghasilan. Berbagai tujuan memiliki aset seperti sebagai investasi, sebagai simpanan, ataupun sebagai persiapan untuk hari tua.
    Tentu saja kita tidak ingin kehilangan aset apalagi aset tersebut kita rencanakan untuk digunakan sebagai persiapan di hari tua.
    Kehilangan aset dapat disebabkan karena misalnya terjadi kerusakan hingga kehilangan.

Menghadapi Risiko Dengan Asuransi

Salah satu cara untuk menghadapi risiko-risiko tersebut adalah dengan memiliki asuransi. Asuransi adalah bentuk perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang perlindungan. Perusahaan asuransi akan menawarkan perlindungan sesuai dengan risiko yang ingin kita hadapi. Semakin banyak risiko yang ingin kita hilangkan, maka semakin besar pula biaya jasa terhadap perusahaan asuransi tersebut. Di dalam perusahaan asuransi sendiri, untuk biaya jasa yang dikenakan terhadap pelanggannya disebut dengan premi.

Beberapa Jenis Asuransi

Perlindungan Asuransi Yang Tepat
Perlindungan Asuransi Yang Tepat

Terdapat beberapa jenis asuransi antara lain:

  1. Asuransi Jiwa
    Memberikan perlindungan terhadap risiko jika terjadi kematian pada seseorang yang menjadi sumber penghasilan.

  2. Asuransi Kesehatan
    Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan terhadap risiko terjadinya sakit penyakit. Beberapa asuransi bahkan menawarkan perlindungan terhadap penyakit-penyakit kritis yang memerlukan biaya mahal untuk pengobatannya. Asuransi kesehatan dapat melindungi mulai dari biaya pengobatan, biaya rumah sakit, hingga penggantian penghasilan selama sakit.

  3. Asuransi Mobil
    Memberikan perlindungan terhadap risiko yang terjadi pada mobil. Saat ini banyak asuransi untuk mobil yang ditawarkan. Pastikan untuk dapat memilih asuransi mobil terbaik sesuai dengan kebutuhan asuransi yang diinginkan.

  4. Asuransi Bangunan
    Memberikan perlindungan terhadap risiko yang terjadi pada bangunan, misalnya kerusakan bangunan, kebakaran, hingga kerusakan karena bencana alam.

Dan masih banyak tipe asuransi lainnya yang bersifat spesifik semisal asuransi pengiriman barang, asuransi penumpang kendaraan umum dan lain sebagainya.

Memilih Perlindungan Asuransi Yang Tepat

Berikut ini adalah tips untuk memilih perlindungan asuransi yang tepat, antara lain:

  1. Produk Asuransi Dimiliki Oleh Perusahaan yang Terpercaya
    Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang akan dipilih mempunyai jejak rekam yang baik, mulai dari pengelolaan pelanggan hingga manajemen perusahaan.

  2. Memiliki Klausul Asuransi yang Jelas
    Setiap asuransi memiliki perjanjian dan peraturan yang harus jelas dan bisa diterima oleh pelanggan. Pastikan untuk mendapatkan klausul asuransi yang jelas dari perusahaan asuransi tersebut.

  3. Menyesuaikan Dengan Risiko yang Ingin Ditanggung
    Memahami risiko adalah kunci utama jika ingin memilih asuransi. Penerimaan terhadap risiko akan berpengaruh terhadap besarnya premi yang harus dibayar. Semakin kecil risiko yang ingin didapat, maka semakin besar premi yang harus dibayar.

Memiliki asuransi pada prinsipnya adalah memiliki perlindungan terhadap terjadinya risiko. Oleh sebab itu sangat penting memahami berbagai risiko yang timbul dan bagaimana mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Asuransi adalah salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi risiko tersebut. Demikian ulasan mengenai perlindungan asuransi, semoga bisa bermanfaat.

1290 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

30 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.