NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Pendidikan

Mengenal Anak Generasi Alfa, Karakteristik dan Cara Mendidiknya

3 Mins read
anak generasi alfa

Generasi alpha adalah istilah untuk menyebut anak-anak yang lahir pada tahun 2010-2025. Anak generasi alfa merupakan penerus dari Generasi Z atau yang biasa disebut dengan Gen Z.

Karakteristik anak generasi alfa umumnya kerap menguasai teknologi, memiliki pemikiran dan opini yang kuat, memiliki pemikiran inovatif yang tinggi, serta tidak suka dibatasi aturan.

Apa Itu Anak Generasi Alfa

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah generasi X, generasi Y (Milenial), hingga generasi Z (gen Z). Istilah generasi ini sering digunakan untuk menyebut sekelompok orang dengan rentang usia dalam periode yang sama sekitar 20 tahun.

Generasi alfa adalah anak-anak yang lahir pada tahun 2010-2025. Anak-anak yang masuk kategori ini, lahir di abad 21 setelah generasi Z. Istilah anak generasi alpha ditentukan dari hasil survey online oleh Mark Mccrindle (analis sosial dan demografi) pada tahun 2008.

Kata alpha diambil pola abjad Yunani yang menjadi awal dari sesuatu yang baru (alfa). Sehingga nama alpha ini diputuskan menjadi penerus generasi Z yang diambil dari bahasa latih.

Sama halnya seperti generasi Z, anak generasi alfa juga memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri. Biasanya anak gen Alpha lebih menguasai teknologi, memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif, serta sulit untuk diatur.

Mengingat karakteristiknya yang khas, orangtua dan pendidik juga harus berperan penting dalam tumbuh kembangnya. Cara mendidik anak generasi alfa juga tentu akan berbeda dengan didikan pada masa kita kecil.

Berikut ini adalah cara mendidik anak generasi alfa yang bisa kamu terapkan:

Cara Mendidik Anak Generasi Alfa

cara mendidik anak generasi alfa

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh anak generasi alfa adalah gangguan kecemasan. Menurut beberapa penelitian, gangguan kecemasan pada anak generasi alpha ini kerap terjadi akibat penggunaan gadget yang berlebihan.

Baca Juga   Ini Saatnya Bisa Belajar Tanpa Batas

Oleh karena itu, orangtua perlu menerapkan cara mendidik anak generasi alfa berikut ini:

1. Buat Lingkungan yang Suportif untuk Anak

Lingkungan yang suportif bisa kamu bangun mulai dari rumah. Pasalnya, rumah merupakan tempat singgah untuk setiap anggota keluarga. Namun jika anak merasa tidak nyaman berada di rumah, mereka akan mencari lingkungan baru yang lebih nyaman.

2. Tingkatkan Komunikasi dengan Anak

Komunikasi merupakan salah satu komponen penting dalam membangun keluarga yang harmonis. Untuk meningkatkan komunikasi dengan anak, ajak mereka berbicara dan bercerita.

Biarkan mereka mengutarakan perasaan maupun pikirannya. Jangan sekali-kali kamu meremehkan pendapatnya atau bahkan mengabaikan ceritanya. Luangkan juga waktu untuk bermain atau berjalan-jalan dengan anak.

3. Batasi Penggunaan Gadget Anak

batasi penggunaan gadget anak

Penggunaan gadget memang sangat diperlukan pada masa kini. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak tentu akan sangat berbahaya untuk mereka.

Seperti yang kita ketahui, saat ini kita bisa mengakses berbagai informasi dengan bebas melalui gadget dan internet. Sayangnya, semua informasi yang beredar tidak selalu positif. Ada banyak informasi negatif yang sangat berbahaya jika dilihat anak.

Karenanya, kamu perlu pengawasan yang ketat untuk memberikan akses internet pada anak. Selain itu, kamu juga bisa membatasi penggunaan gadget pada anak agar tidak kecanduan.

Jangan sampai mereka terlalu asyik hingga melupakan aktivitas penting lainnya. Hindari menggunakan gadget sebagai senjata untuk membuat anak duduk diam. Hal ini bisa membuatnya kecanduan.

4. Berikan Fasilitas Pendidikan Terbaik

berikan fasilitas pendidikan terbaik

Karakteristik anak generasi alfa yang kreatif dan inovatif tentu sangat berpotensi besar untuk membangun generasi muda yang lebih maju. Karenanya, fasilitas pendidikan harus sangat diperhatikan.

Sebagai orangtua, kamu harus memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak. Daftarkan anak di sekolah bereputasi tinggi untuk menunjang perkembangannya.

Baca Juga   Cara Menghemat Biaya Kuliah

Sekolah bereputasi tinggi biasanya tak hanya mengajarkan pelajaran umum saja. Tapi juga menawarkan beragam ekstrakulikuler khusus yang mampu mendukung tumbuh kembang anak.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang mengabaikan pendidikan anak. Sebagian orangtua bahkan cenderung mencari sekolah dengan biaya pendidikan paling murah atau bahkan gratis untuk anak mereka.

Memang tak bisa dipungkiri, hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi ekonomi tertentu. Karenanya, penting untuk mempersiapkan dana masa depan anak dari sekarang.

Salah satu cara mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan menggunakan produk asuransi pendidikan. Seperti halnya produk Asuransi Beasiswa Ciputra yang ditawarkan oleh Ciputra Life.

Apa Itu Asuransi Beasiswa Ciputra?

apa itu asuransi beasiswa ciputra

Asuransi Beasiswa Ciputra, merupakan salah satu produk unggulan dari Ciputra Life untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia akan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak. Cukup 5 tahun bayar premi, dana pendidikan akan cair sebanyak 5x pada waktu yang telah ditentukan:

  • Tahun Polis ke 1 – 5: Orang tua bayar premi.
  • Tahun Polis ke 6: Cair sebesar 10% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 9: Cair sebesar 15% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 12: Cair sebesar 20% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 15: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 18: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.

Keuntungan Asuransi Beasiswa Ciputra

Tak hanya itu saja, ada banyak keuntungan dari asuransi beasiswa Ciputra yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

  • Kamu dapat memilih sendiri besaran beasiswa sekolah atau dana pendidikan yang dibutuhkan anak hingga perguruan tinggi.
  • Masa bayar premi yang cukup singkat, hanya 5 tahun saja dengan nilai premi tetap.
  • Waktu pencairan dana terencana dan dibagi dalam 5 tahap.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) terdiagnosa penyakit kritis tahap akhir seperti yang tertera dalam polis dan telah melewati masa tunggu, maka Ciputra Life akan membebaskan pembayaran premi hingga masa pembayaran premi berakhir.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) dalam masa pembayaran premi dan sudah melewati masa tunggu mengalami resiko meninggal dunia karena sakit atau penyakit kritis, maka anak akan mendapatkan santunan duka sebesar 25% dari total nilai beasiswa sekolah yang dipilih di awal.
  • Apabila memilih pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi.
Baca Juga   Pendidikan Di Kampus Binus Malang Untuk Masa Depan Terbaik

Dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra, kamu tak perlu menyisihkan anggaran untuk dana pendidikan anak dalam jangka waktu yang panjang. Cukup 5 tahun bayar premi, kamu sudah bisa mendapatkan jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi. 

Kunjungi website asuransibeasiswa.ciputralife.com untuk informasi selengkapnya tentang produk asuransi beasiswa Ciputra. 

1379 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Pendidikan

Keuntungan Menggunakan e-learning Dari Pijar Sekolah

3 Mins read
Berkurang hingga ditiadakannya kehadiran siswa di sekolah akibat pandemic Covid19 membuat dunia pendidikan mulai mengenal sistem pembelajaran menggunakan berbagai aplikasi e-learning. Lalu…
Pendidikan

5 pekerjaan ini Takkan Lekang Dimakan Waktu

8 Mins read
Diakui atau tidak, teknologi bagai pisau bermata ganda. Memberi banyak keuntungan namun sekaligus bisa membawa efek buruk bagi kehidupan. Di akhir tahun…
Pendidikan

5 Tips Memilih Bimbel Online Yang Bisa Bantu Kamu Masuk ke PTN Impian

3 Mins read
Mau tahu 5 tips memilih bimbel online yang bisa bantu kamu masuk ke PTN impian? Simak sampai habis ya ulasannya! Perubahan Tata…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.