NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Bisnis

Menggali Ide Dari Potensi Diri Untuk Peluang Usaha

2 Mins read
ide dan peluang usaha
ide dan peluang usaha
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

“Bro, aku ingin memulai peluang usaha nih. Kira-kira usaha apa ya yang bisa aku jalankan saat ini?” Begitu temanku bertanya ketika aku bertemu dengannya. Langsung saja aku balik bertanya kepada dia, “Eh bro, apa sih kegiatan yang kamu sukai? Atau hobi apa deh yang kamu suka?” Itu pertanyaan saya kepada dia. Pada dasarnya, saya adalah orang yang percaya bahwa ide dan peluang usaha itu bisa kita gali dari potensi diri. Asumsi saya adalah daripada kita capek memikirkan di luar kita, mengapa kita tidak memperkuat apa yang kita punya, kemudian hal tersebut kita arahkan untuk dapat menciptakan peluang usaha baru.

Pada dasarnya setiap manusia itu adalah unik. Meski misalnya kamu memiliki bakat yang sama semisal melukis, tentu kita tidak pernah melihat seorang pelukis menghasilkan karya yang sama persis di saat yang sama. Nah menariknya, manusia kaya akan berbagai potensi diri yang terpendam. Beberapa hal bisa disebut bakat jika tiba-tiba tanpa melalui pembelajaran tertentu, kamu bisa melakukan sesuatu. Ataupun sebaliknya dengan pelatihan tertentu, kamu bisa melakukan sesuatu hal, atau yang disebut dengan minat.

Ambil contoh saja dengan karya lukisan. Saya mempunyai teman yang semenjak kecil sudah menunjukkan kemampuannya dalam melukis. Tanpa melalui pembelajaran melalui kursus melukis manapun, secara alami dia bisa melukis dengan baik. Lain halnya dengan teman saya yang lain. Saya mengikuti prosesnya mulai dari hasil gambarnya yang tidak begitu bagus, namun semakin lama menunjukkan perbaikan pada hasil gambarnya dengan seiring proses pembelajaran yang dia jalani, hingga saat ini dia sudah memiliki galeri lukisan sendiri. Kawan saya yang pertama saya sebut sebagai bakat, sedangkan yang kedua adalah minat yang tinggi. Hebatnya, keduanya memiliki hasil yang sama.

Proses Selanjutnya Adalah Menggali Ide Dari Potensi Diri

Nah dari pemikiran tadi, maka saya percaya bahwa setiap manusia itu pada dasarnya mempunyai potensi diri, entah yang bisa muncul secara langsung seiring bakat, ataupun harus diberikan pembelajaran tertentu sesuai keminatan. Potensi diri yang muncul ini akan menjadi nyata dalam setiap aktifitas yang dilakukan. Misalnya jika minat atau bakat pada melukis, tentu hal ini akan ditunjukkan pada kesukaannya pada kegiatan melukis. Maka jika ditanyakan tentang hobi, biasanya akan selalu merujuk pada minat dan bakat tersebut.

Dari potensi diri yang muncul dalam aktifitas yang disukai atau hobi ini, dapat kita manfaatkan untuk menggali ide untuk membuat suatu peluang usaha. Harapannya adalah peluang usaha yang sejalan dengan hobi atau kesukaan kita akan bisa lebih bertahan. Keuntungan lainnya adalah kamu akan lebih mengenal dunia usaha yang akan kamu jalani. Hal ini disebabkan kamu sudah terbiasa melakukan aktifitas tersebut.

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah coba gali lagi peluang usaha apakah yang berkaitan dengan hobi kamu. Saya akan coba beri contoh misalnya kamu mempunyai hobi melukis. Ada beberapa peluang usaha yang kamu bisa jalankan yang sejalan dengan hobi melukis kamu. Peluang usaha yang kamu bisa lakukan misalnya membuka usaha penjualan peralatan melukis, mulai dari kuas, cat hingga kanvas. Kamu bisa menjualnya di komunitas kamu ataupun bisa menjual secara online. Karena kamu terbiasa membeli peralatan melukis tersebut, maka kamu jadi tahu peralatan lukis apa yang nyaman buat kamu dan juga mengetahui harga jual dari peralatan lukis tersebut. Selain itu, kamu bisa menggali dari kebutuhan peralatan melukis tersebut dari pelukis lain di komunitas kamu.

Nah cukup mudah bukan. Intinya sih kamu tidak perlu terlalu bingung jika ingin memulai suatu usaha. Kamu cukup gali ide saja dari potensi diri yang kamu miliki, kemudian eksplorasi kemungkinan peluang usaha apa yang bisa dijalankan.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.