NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
ProgrammingTeknologi

Meetup #5 Surabaya JS – Reactivity in Vue.js and Web Scraping with Puppeteer

2 Mins read
Meetup #5 Surabaya JS

Ah… karena kemalasan saya, reportase acara ini baru saya tuliskan hari ini. Padahal materi yang dibagikan sungguh keren banget. Acara meetup #5 Surabaya JS ini sesungguhnya diadakan pada bulan desember 2019. Bahkan pada bulan januari 2020 lalu juga sudah diadakan meetup yang ke #6.

Oiya sebelumnya saya ingin memperkenalkan tentang Surabaya JS. Surabaya JS adalah sebuah komunitas IT yang ada di Surabaya dengan fokus kegiatan untuk saling berbagi tentang perkembangan pemrograman Java Script.

Acara meetup #5 Surabaya JS ini diadakan tepatnya tanggal 14 Desember 2019,.Ini adalah meetup Surabaya JS ketiga yang pernah saya hadiri.

Meetup #5 Surabaya JS
https://www.eventbrite.com/e/meetup-5-surabaya-js-tickets-85450541871#

Seperti di event Surabaya JS sebelumnya, lokasi meetup diadakan di Dilo Telkom yang berada di satu kawasan dengan Geco Jalan Ratna Surabaya.

Topik meetup kali ini cukup seru. Topik pertama yaitu “Reactivity in Vue” disampaikan oleh mas Andrie Prasetyo, Front Engineer dari Bukalapak. Sedangkan topik yang kedua adalah “Web Scraping with Puppeteer” yang disampaikan oleh mas Agung darmanto, senior software developer Yuca ltd.

Topik pertama tentang Reactivity in Vue, dibawakan dengan baik oleh mas Andrie. Pada topik ini, beliau memperkenalkan tentang konsep reactivity pada java script, dan bagaimana konsep itu berjalan pada framework Vue. Wah ini ilmu baru buat saya. Maklum, saya gak begitu mendalami tentang konsep pemrograman karena lebih berfokus pada tujuan praktis saja ketika membangun suatu aplikasi.

Sementara topik yang kedua yaitu “Web Scrapping with Puppeteer” juga tidak kalah serem. Topik yang dibawa mas Agung ini bener-bener memberikan insight saya, terutama tentang bagaimana cara kerja web scrapping tersebut. Saya juga jadi lebih tahu tentang Chromeless.

Baca Juga   Mau Cari Coworking Space di Surabaya? Pastikan Memenuhi Kriteria Ini

Untuk materi yang dibawakan oleh mas Andrie dan mas Agung, bisa didapat di link berikut ini ya:

Link materi web scrapper
https://docs.google.com/presentation/d/161BHrgVf5p9OlVIQpgZdcEC682NjbnNIpy8d-2sQ-kA/edit#slide=id.p

Link materi reactivity
https://docs.google.com/presentation/d/1I6RnhWpUe_IJAzCeWda4rg5ZXr4AOYBDiigUNR-Q55Y/edit

Kemudian kalau kepengen ngintipin keseruan Meetup #5 Surabaya JS dalam foto, bisa diintip di link berikut ini:
https://www.icloud.com/sharedalbum/#B0f5fk75vsyeJoj

Nah seperti saya yang mendapatkan banyak manfaat dan insight dari meetup komunitas Surabaya JS ini. Tentunya kamu kepengen juga kan. Apalagi nih Javascript saat ini sudah menjadi bahasa pemrograman yang populer di dunia, maka tidaklah salah untuk join dan bergabung dengan komunitas Surabaya JS. Supaya kamu bisa terus pantau ada kegiatan apa saja di Surabaya, kamu bisa ikutan ke telegram Surabaya JS.

o iya, saya sebelumnya juga menuliskan meetup Surabaya JS yang kedua, siapa tahu pengen tahu ceritanya.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Mau Cari Coworking Space di Surabaya? Pastikan Memenuhi Kriteria Ini

3 Mins read
Saat ini sudah banyak remote-worker, startup, dan juga pemilik usaha kecil yang memilih coworking space sebagai tempat bekerja. Coworking space saat ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.