Pengalaman Merasakan Status Twitter Account is Suspended

Twitter Account is Suspended

Kurang lebih satu bulan yang lalu ketika membuka Twitter, saya mendapati status Twitter account is suspended. Bagaimana bisa akun Twitter saya tersuspend, dan apa yang saya lakukan untuk membukanya kembali? Berikut ceritanya.

Pagi itu tanggal 19 maret 2020, karena terinspirasi dengan kejadian pandemi COVID-19 yang pada saat itu mulai ramai, saya tweet sesuatu. Beberapa hari sebelumnya, pemerintah Indonesia mengumumkan tentang adanya pasien positif COVID-19 di Indonesia. Selanjutnya pemerintah mulai menyarankan untuk melakukan social distancing. Sebagai pekerja yang berhubungan dengan penjualan, saya tweet seperti ini:

Twitter Account is Suspended

Tidak lupa, saya menambahkan hashtag di kata sales.

Selesai tweet, masih belum ada respon apapun dari Twitter. Sayapun melanjutkan aktifitas bekerja. Seperti biasa, saya menyempatkan untuk membuka media sosial di jam istrirahat juga pada beberapa menit sebelum jam kerja berakhir. Pada waktu istirahat, akun Twitter saya masih terlihat normal. Namun ketika sore hari, saya sudah mendapati jika akun Twitter saya tersuspend.

Awalnya saya membiarkan kondisi akun Twitter saya tersebut, karena saya pikir status tersebut akan hilang dengan sendirinya. Saya pernah mengalami kejadian serupa. Pada saat itu saya follow banyak akun Twitter, ternyata Twitter membatasi jumlah penambahan akun yang bisa kita follow dalam satu hari. Jika melebihi batas, akan ada peringatan kalau kita sudah melebihi dari batas yang ditentukan.

Lapor ke Twitter

Ternyata sampai keesokan harinya, akun Twitter saya masih tetap tersuspend. Saya mulai panik pada saat itu. Apalagi ketika melihat jumlah follower dan followingnya menjadi 0. Sore harinya, sebelum pulang kerja saya coba klik link more di notifikasi suspend. Kemudian dari situ diarahkan ke semacam halaman FAQ tentang suspended account. Dari halaman tersebut, sekilas saya baca bahwa suatu account akan disuspend oleh Twitter karena beberapa hal berikut yaitu akun melakukan spam, adanya deteksi gangguan keamanan pada akun dan akun melakukan abusive. Wah, saya merasa akun saya selama ini aman-aman saja, dan saya juga tidak merasa melakukan spam atau abuse tweet. Setelah membaca keseluruhan halaman tersebut, saya mendapati bagian cara membuka account yang disuspend yang kemudian diarahkan untuk mengisi form ini.

Tidak lama setelah mengisi form tersebut, saya mendapatkan balasan email. Isi dari email tersebut antara lain: kita diminta untuk membalas email tersebut sebagai konfirmasi. Selain itu email tersebut berisikan peringatan tentang penyebab suatu akun Twitter disuspend, yaitu karena pelanggaran Twitter rules ataupun pelanggaran term of services.

Karena saya sempat mengisi form tersebut dengan mengisikan email yang berbeda, email yang pertama tidak saya reply. Namun akhirnya saya baru sadar jika justru pengisian form pertama diisi dengan email yang benar. Akhirnya saya baru membalas email tersebut pada tanggal 31 maret 2020.

saya juga sempat posting tentang akun Twitter saya yang tersuspend di halaman Facebook saya, dan ada yang berkomentar jika akun yang tersuspend akan dibuka beberapa hari setelah kita me-reply email dari Twitter.

Tidak Kunjung Dibuka

Ternyata setelah saya menunggu selama satu minggu semenjak saya reply email dari Twitter, status akun saya masih “Twitter account is suspended”. Akhirnya saya putuskan untuk memberikan tenggat waktu selama 2 minggu. Jika akun saya belum pulih selama 2 minggu, maka saya akan membuat akun Twitter yang baru.

Hingga waktu 2 minggu pun tiba. Akhirnya saya putuskan untuk membuat akun baru. Namun sebelumnya yang saya lakukan adalah mencoba untuk menghapus akun lama saya. Tujuannya adalah agar di akun yang baru saya bisa memakai nama akun yang lama. Ternyata akun Twitter yang sedang tersuspend tidak bisa melakukan aktifitas apapun, termasuk menghapus ataupun mengganti nama akun.

Selanjutnya saya membuat akun baru lagi dengan nama baru yaitu artha_jonar. Kemudian, dengan akun baru ini, saya kebingungan untuk mencari follower. Lalu saya membuat tweet pertama saya yang menyampaikan jika ini adalah akun baru saya pengganti akun lama saya yang tersuspend. Saya juga mencoba follow kembali beberapa akun kawan blogger yang saya kenal. Saya juga posting di halaman Facebook saya untuk mengumumkan akun Twitter baru saya.

Nuansa Baru

Karena ini adalah akun yang masih baru, saya berpikir untuk membuat nuansa baru di akun ini. Sekalian saya mencoba re-personal branding ke arah supply chain dan logistik. Saya mencoba untuk follow akun-akun yang berkaitan dengan supply chain dan logistik. Saya juga mencoba untuk mengutamakan penggunaan bahasa inggris pada setiap tweet. Tweet yang kedua setelah tweet perkenalan adalah sebuah tweet dari postingan yang saya tulis di Linkedin.

Twitter Account is Suspended

Akun baru ini lumayan mendapatkan animo dari akun yang meminati bidang supply chain dan logistik. Ditandai dengan beberapa follow back dan reply ketika saya mention.

Akhirnya Semua Berbalik

Kemarin pagi (16 April 2020), saya mendapatkan balasan email dari Twitter yang memberitahukan jika akun saya sudah dibuka kembali. Antara bingung dan senang yang saya rasakan ketika mendapatkan kabar ini. Rasa bingung karena berpikir tentang akun yang baru saya buat dan rasa senang karena akun Twitter saya telah dibuka kembali. Bukan hanya dibuka, tetapi juga mengembalikan ke kondisi semula yaitu kembalinya follower dan following akun saya.

Twitter Account is Suspended

Dengan follower sekitar 2000-an, tentu sangat sayang sekali jika ditinggalkan. Belum lagi dengan nama akun baru yang memakai underscore (artha_jonar) terlihat tidak menarik. Akhirnya saya memutuskan untuk memakai akun yang lama.

Apa Yang Menyebabkan Akun Twitter di Suspend

Ini adalah poin yang sangat penting. Supaya kita mengetahui penyebab dari suatu akun Twitter disuspend. Hingga email terakhir yang saya dapatkan dari Twitter, saya sama sekali tidak mendapatkan penjelasan yang spesifik mengapa akun saya disuspend. Pada email tersebut hanya berisi penjelasan mengenai penyebab suatu akun disuspend, yaitu karena adanya pelanggaran Twitter rules. Twitter rules yang dimaksud adalah tweet yang berisikan spam, akun Twitter yang diduga akun palsu. Selain itu juga dijelaskan bahwa sebuah akun bisa disuspend jika tweetnya mengandung konten yang bersifat menjual sesuatu. Penggunaan aplilasi pihak ketiga juga bisa menyebabkan sebuah akun bisa disuspend. Selain itu kalau kamu ikut program di suatu grup untuk saling follow, itu juga bisa dikenakan suspend.

Dari semua kemungkinan pelanggaran tersebut, sebenarnya semua sudah pernah saya lakukan. Mulai dari membagikan informasi jasa dari tempat saya bekerja, saya juga pernah ikut suatu grup untuk saling follow. Saya juga sering memakai aplikasi pihak ketiga (Hootsuite) untuk mempublikasikan tweet secara terjadwal. Namun sebelumnya tidak pernah menjadi masalah.

Saya menduga akun Twitter saya disuspend adaah karena penggunaan hashtag pada kata sales di tweet terakhir. Kemungkinan ini bisa terjadi, karena untuk melakukan kontrol terhadap pelanggara rule, pastinya Twitter menggunakan suatu aplikasi dan aplikasi tersebut bisa saja salah. Asumsi ini saya ambil, sebab Twitter sendiri tetap membuka kesempatan untuk meminta membuka kembali akun jika akun kita disuspend melalui form yang disediakan

Masalah Lain di Akun Lama

Meski akun lama saya sudah kembali normal, namun saya merasa masih ada masalah lain sebenarnya di akun saya tersebut. Saya merasa isi timeline saya tidak informatif buat saya. Dengan banyaknya akun yang saya follow, maka konsekuensinya adalah berbagai macam isi tweet keluar di timeline. Saya mencoba membatasi tweet yang ada di timeline dengan cara mute beberapa akun yang menurut saya tidak memberikan tweet yang informatif. Hingga saat ini saya masih terus mute akun-akun tersebut. Namun sebenarnya saya merasa cara mute ini tidak efektif, dan saya belum menemukan cara yang tepat selain cara tersebut.

Nasib Akun Baru

Untuk akun yang baru saya buat, saya berencana untuk menutupnya dan akan fokus ke akun lama saja.

Demikian adalah pengalaman saya ketika mendapati status Twitter account is suspended. Semoga cerita saya ini bisa berguna dan bermanfaat.

49 comments

  1. Akun saya belum pernah kena supend dari Twitter, dan semoga tidak. Memang rawan suspend katanya belakangan ini, terutama dengan kata atau hestek tertentu. Kalau ngejob dengan tujuan angkat isu buat treding topic aja suka waswas, Mas, khawatir kena ban karena ngetweet terlalu sering bisa dikira spam. Banyak contohnya. Aku biasanya selingi dengan tweet organik tanpa hestek, misal kehidupan keseharian terutama dengan foto-foto menarik, makanan misalnya, yang memikat pengguna lain. Apa pun itu, memang kena suspend tentu ga enak, apalagi follower udah ribuan, kebayang neyesek banget. Semoga ga terulang ya Mas, dan akun baru diteruskan saja, siapa tahu bisa jadi ladang rezeki.

  2. sayang banget ke susend ya kang, padahal followernya sudah banyak. Sekarang twitter lebih garang dan lebih memperketat aturan.
    Sudah banyak cerita temenku yang akun ke suspend, ada yang happy ending ada juga yang bye bye forever. semoga tak terulang lagi

  3. Hahaha… akhirnya jadi tulisan ya pengalaman yang satu ini. Kayaknya waktu itu kita barengan dengan kena suspend-nya. Syukurlah ya bisa balik lagi. Mesti hati-hati dan sesuai dengan rulenya twitter nih kalau next bikin postingan

  4. Zaman awal bikin instagram kak aku pernah mengalami ini, akun ke suspend padahal rasanya ga ngapa-ngapain padahal namanya udah disamain sama nama twitter dan blog. Tapi kadung bikin akun baru, akhirnya jalan dengan akun baru deh. Kalau twitter aku baru tau nih penggunaan hastag bisa bikin akun kita di suspend

  5. Twitter memang ‘spesial’ ya, boleh mencuit apa saja, tapi ada aturan ‘tak tampak’ yang bisa membuat sebuah akun kena suspend.
    Syukur akunnya akhirnya bisa kembali ya, mas. Suseh nyari follower 2rb lebih itu di twitter.
    Terima kasih infonya, mas Artha.

  6. Akun Twitter saya belum pernah kena suspend. Gimana mau di-suspend, wong saya jarang main di Twitter. Malahan, sampai sekarang masih agak bingung makenya. Btw. Alhamdulillah ya, akun Twitter-nya udah balik lagi. Semoga ini menjadi kejadian yang pertama dan terakhir.

  7. Twitter sekarang lebih sering ngesuspend akun, kayaknya peraturannya makin ketat. Banyak juga temanku yang akunnya suspend malah ga bisa balik lagi. Kasian banget terutama yang akunnya udah lama. Banyak kenangannya di sana. Setuju sama tulisan di atas, saat ini harus lebih hati-hati untuk ngetwit agar ga suspend.

  8. Wah termasuknya lama ya kak dibukanya lagi, tapi untung sudah kembali dibuka jadi punya dua akun deh. Twitter suspen itu musuh banget, nggak pengin pokoknya 🥺

  9. Aku ada pengalaman aku ke suspend
    Dan bisa diaktifkan beberapa hari kemudian mas
    Trus akun Twitter aku yg lain juga ada yg kesuspend tapi belum aku benahi lagi sampe skrg
    Belum aku urus juga soalnya followers dikit. Tapi tetep bakalan aku urus ini akun tsb

  10. Jadi karena ada aktivitas yang tidak biasa dibaca twiter membuat akun disuspend…dan butuh waktu 2 minggu juga agar kembali normal.. jadi teringat beberapa teman blogger lainnya mengalami hal serupa..jadi harus lebih hati2 bermain2 dengan twitter

  11. Selama ini aku jarang aktif di twitter tapi udah set otomatis buat share postingan blog. Kalau kondisinya kayak gini terus bisa-bisa dianggap robot juga nantinya. Wah, kudu diaktifin nih. Thanks infonya ya Mas.

    1. Ya, katanya salah satu yang bisa berpotensi disuspend jika menggunakan tools untuk otomastis tweet. Tapi mestinya ada kerjasama langsung antara pengelola otomatis tweet seperti misalnya Hotsuite dengan Twitter ya

  12. Akun Twitter saya juga pernah terkunci kayaknya enyah karena menggunakan tagar yg dideteksi Twitter menganggu. Butuh waktu sekitar satu bulan baru kemudian akunnya dibuka kembali. Eh Pak itu akun barunya nggak papa diaktifkan aja, siapa tahu nanti butuh. Buat akun cadangan jg jika akun utamanya kenapa2 lagi.

  13. memang kalau pake tagar dan cepat ngetwitnya kadang memicu suspend. akun saya belum pernah sampai ke suspend aja, cuma sampai verifikasi karena dianggap robot.

    sebenarnya demi keamanan juga sih

  14. Hestek pengaruhnya luar biasa ya, apalagi karena kondisi sensitif jadinya memang kudu hati-hati juga misalnya mau nge Tweet apa.

    NB: jangan tutup Pak Akun barunya, sayang hahah

  15. Kalau akun twitter saya waktu itu juga pernah kena pembatasan. Saya gabisa follow dan unfollow orang selama beberapa hari. Hal itu terjadi karena saya terlalu banyak follow orang dalam waktu yang singkat 🙁
    Tapi alhamdulillah gasampe berujung kena banned hihihi

  16. wah pengalaman menarik mas, dan kalo Twitter sudah sensitif, memang ngeri-ngeri sedap. Pernah saking paniknya karena habis banyak follow akun untuk jbjb, aku jg mengalami limit dan berpuasa untuk ga ngtweet selama 3 hari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.