NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Bisnis

Penyusunan Annual Budget

3 Mins read
Penyusunan Annual Budget

Annual budget atau anggaran tahunan adalah rencana keuangan yang dibuat oleh pemerintah, perusahaan, atau organisasi lainnya yang mencakup estimasi pendapatan dan pengeluaran untuk satu tahun ke depan. Anggaran ini digunakan untuk membuat keputusan pengelolaan keuangan dan memastikan bahwa ada cukup dana untuk mencapai tujuan organisasi. Anggaran tahunan juga dapat digunakan sebagai alat pengendalian untuk memastikan bahwa pendapatan dan pengeluaran selalu berada dalam batas yang ditetapkan.

8 Komponen yang Ada di dalam Annual Budget

  1. Pengeluaran operasional
    Ini termasuk biaya seperti gaji karyawan, biaya pemeliharaan, biaya perjalanan, biaya komunikasi, dan biaya lainnya yang dibutuhkan untuk menjalankan operasional perusahaan.

  2. Pengeluaran investasi
    Ini termasuk biaya untuk membeli peralatan, mesin, atau properti yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas atau produktivitas perusahaan.

  3. Pengeluaran pemasaran dan promosi
    Ini termasuk biaya untuk iklan, promosi, dan pemasaran yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness perusahaan.

  4. Pengeluaran administrasi
    Ini termasuk biaya untuk birokrasi, perijinan, dan biaya lainnya yang diperlukan untuk menjalankan administrasi perusahaan.

  5. Pendapatan
    Ini termasuk pendapatan dari penjualan, royalti, dan pendapatan lainnya yang diperoleh perusahaan.

  6. Proyeksi keuangan
    Ini termasuk proyeksi pendapatan dan pengeluaran yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu, seperti proyeksi laba atau kerugian.

  7. Analisis risiko
    Ini termasuk analisis risiko yang mungkin terjadi dalam operasional perusahaan dan pengembangan rencana untuk mengatasinya.

  8. Rencana pembiayaan
    Ini termasuk rencana pembiayaan yang diperlukan untuk menutupi biaya yang tidak dapat ditangani dengan pendapatan internal perusahaan.

Tahapan Penyusunan Annual Budget

  1. Perencanaan strategis: Pertama-tama, perusahaan harus menentukan tujuan dan strategi jangka panjang untuk mencapai sasaran keuangan yang diinginkan.
  2. Pengumpulan data: Selanjutnya, perusahaan harus mengumpulkan data keuangan seperti laporan laba-rugi, neraca, dan laporan cash flow dari tahun-tahun sebelumnya. Data ini digunakan sebagai dasar dalam menyusun anggaran.
  3. Penyusunan proyeksi: Setelah data dikumpulkan, perusahaan harus menyusun proyeksi keuangan yang realistis berdasarkan tujuan dan strategi yang telah ditetapkan. Proyeksi ini meliputi pendapatan, biaya, dan cash flow yang diharapkan.
  4. Penyusunan anggaran: Berdasarkan proyeksi yang telah dibuat, perusahaan harus menyusun anggaran untuk setiap departemen atau unit kerja. Anggaran ini harus sesuai dengan tujuan dan strategi perusahaan.
  5. Persetujuan anggaran: Setelah anggaran selesai disusun, perusahaan harus menyetujui anggaran tersebut melalui proses persetujuan yang ditentukan.
  6. Pelaksanaan anggaran: Setelah anggaran disetujui, perusahaan harus melaksanakan anggaran sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.
  7. Monitoring dan evaluasi: Selama pelaksanaan anggaran, perusahaan harus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran dan perubahan yang diperlukan.
  8. Laporan keuangan: Setelah pelaksanaan anggaran selesai, perusahaan harus menyusun laporan keuangan yang menunjukkan perbandingan antara anggaran dengan realisasi yang diperoleh.
Baca Juga   Mengembangkan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T Indonesia Melalui Dayamaya

Contoh Annual Budget

Berikut adalah contoh annual budget untuk suatu perusahaan:

  1. Pendapatan:
    • Penjualan produk: Rp 10 miliar
    • Pendapatan dari jasa: Rp 5 miliar
    • Pendapatan investasi: Rp 2 miliar
      Total pendapatan: Rp 17 miliar
  1. Pengeluaran:
    • Gaji karyawan: Rp 5 miliar
    • Biaya operasional: Rp 2 miliar
    • Biaya pemasaran: Rp 1 miliar
    • Biaya pengembangan produk: Rp 1 miliar
    • Biaya pajak: Rp 1 miliar
      Total pengeluaran: Rp 10 miliar
  1. Laba bersih: Rp 7 miliar
  2. Rencana pembelian aset:
    • Pembelian kendaraan: Rp 1 miliar
    • Pembelian peralatan: Rp 2 miliar
    • Pembelian properti: Rp 3 miliar
      Total pembelian aset: Rp 6 miliar
  1. Rencana investasi:
    • Investasi dalam perusahaan lain: Rp 2 miliar
    • Investasi dalam saham: Rp 1 miliar
      Total investasi: Rp 3 miliar
  1. Rencana dividen: Rp 2 miliar

Beberapa tools yang Digunakan dalam Penyusunan Annual Budget

Pertama, alat yang digunakan dalam penyusunan annual budget adalah spreadsheet. Spreadsheet adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data dalam bentuk tabel. Dalam penyusunan annual budget, spreadsheet digunakan untuk menyimpan data anggaran, proyeksi pendapatan, dan pengeluaran selama satu tahun. Spreadsheet juga memungkinkan pengguna untuk membuat laporan keuangan yang dapat di-update secara real-time, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan.

Kedua, alat lain yang digunakan dalam penyusunan annual budget adalah software budgeting. Software budgeting adalah sebuah program komputer yang dapat digunakan untuk menyusun, mengelola, dan menganalisis anggaran selama satu tahun. Software ini dapat digunakan untuk membuat proyeksi pendapatan dan pengeluaran, serta membuat laporan keuangan yang dapat di-update secara real-time. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk membuat laporan yang dapat digunakan oleh pihak eksternal, seperti auditor atau pemegang saham.

Ketiga, alat lain yang digunakan dalam penyusunan annual budget adalah sistem manajemen anggaran (budget management system). Sistem ini digunakan untuk mengelola anggaran dalam jangka panjang, sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren pengeluaran dan pendapatan. Sistem ini juga dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan yang dapat di-update secara real-time, serta mengelola pengeluaran dalam jangka panjang. Ini memudahkan dalam pengambilan keputusan dan mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam jangka panjang.

Baca Juga   Ide Usaha Mandeg Hanya Sampai Proposal? Saatnya Implementasikan!

Penyusunan annual budget ini digunakan sebagai acuan dalam mengelola keuangan perusahaan dan membuat keputusan strategis. Jika terdapat perubahan dalam kondisi keuangan perusahaan, annual budget akan diperbarui sesuai dengan kondisi terbaru.

1395 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Toyota Way Versus Tesla Way

4 Mins read
Toyota Motor Corporation adalah perusahaan otomotif yang didirikan di Jepang pada tahun 1937. Perusahaan ini terkenal dengan produksi mobil dan kendaraan industri….
Bisnis

Proyeksi Industri Pangan Indonesia 2023

3 Mins read
Pertumbuhan industri pangan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat dari tingginya permintaan akan produk-produk…
Bisnis

Layoff di Perusahaan Startup, Biasa atau Luar Biasa?

3 Mins read
Pasti sudah mendengar isu layoff yang beredar di perusahaan startup. Layoff di perusahaan startup selalu menjadi hal yang seksi untuk dibicarakan. Menurut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.