NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Hardware

Review SSD Terbaik, Verbatim Vi550 S3 256GB

3 Mins read
ssd terbaik

Saat ini Solid State Drive atau disingkat SSD adalah media penyimpanan yang paling populer untuk personal komputer dan laptop. Posisinya telah menggantikan Hard Disk Drives (HDD) dan SSD memiliki keunggulan sebagai media penyimpanan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar namun dengan harga yang ditawarkan menjadi relatif lebih murah. Kali ini saya ingin mengenalkan sebuah SSD terbaik dari Verbatim yaitu seri Vi550 S3 dengan kapasitas sebesar 256GB.

Tentang Verbatim

Saya cukup lama mengenal produk dengan merek Verbatim ini. Kalau pada saat sekolah dulu, saya sering memakai produk Verbatim yang berupa floppy disk atau yang sering disebut disket karena pada saat itu dikenal memiliki kualitas yang bagus. Ternyata hingga saat ini, produk dengan merek Verbatim tetap mempertahankan kualitasnya sehingga merek ini masih dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Merek yang dikenal dengan berbagai produk media penyimpanan ini, dimiliki oleh perusahaan dari Taiwan yang bernama CMC Magnetic Corporation (CMC). Berbagai produk dengan merek Verbatim antara lain hard disk, usb, ssd, dan masih banyak lagi. Dengan riset yang kuat, CMC dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas namun bisa memiliki harga yang bersaing dibandingkan dengan kompetitornya. Inilah yang membuat merek Verbatim hingga 40 tahun mampu bertahan di tengah persaingan.

Review Verbatim Vi550 S3 256GB

SSD Laptop

Kalau kamu sedang mencari SSD yang mempunyai kapasitas sebesar 256GB, Verbatim Vi550 S3 ini akan menjadi pilihan SSD terbaik saat ini. Biasanya ketika melakukan upgrade untuk media penyimpanan baik dari Hardisk maupun juga dari SSD, yang diharapkan pastinya adalah untuk mendapatkan peningkatan performa pada komputer ataupun notebooknya.

Sebagai media penyimpanan terbaru, SSD memiliki kemampuan yang melebihi dari hardisk. Media penyimpanan SSD menggunakan memori flash yang mempunyai kemampuan lebih cepat, sehingga dampak yang dihasilkan adalah komputer akan menjadi lebih cepat para proses akses pembacaan file.

Verbatim Vi550 S3 ini merupakan produk SSD terbaik yang memiliki kemampuan sebagai media penyimpan data yang cocok untuk kamu. Tentunya ini akan menjadi pilihan yang tepat ketika akan membeli SSD dengan kapasitas 256GB.

Spesifikasi Verbatim Vi550 S3 256GB

Pada box produk ini terdapat tulisan tipe SSD Verbatim Vi550 S3 2.5″ Sata III 7 mm. Kapasitas SSD yang saya beli ini sebesar 256 Gb. SSD ini diklaim memiliki kecepatan tertinggi untuk pembacaan atau read up to 560 MB/s. Sedangkan untuk penulisan atau write up to 460 MB/s.

Tentu ini sudah sangat mumpuni, apalagi jika sebelumnya kamu masih memakai media penyimpanan hard disk. SSD ini bisa dipasangkan menjadi SSD PC ataupun SSD Laptop.

Berikut ini adalah detail dari spesifikasi Verbatim Vi550 S3 256GB:

Capacity256 GB
InterfaceSATA III
Form Factor2.5”
Dimensions7mm x 69.9mm x 100.5mm
Sequential Read/Write Speed (6Gb/s)560MB/s / 460MB/s
Spesifikasi Verbatim Vi550 S3 256GB

Review SSD Verbatim Vi550 S3 256GB

Pembelian Verbatim Vi550 S3 256GB

SSD PC

Untuk pembelian produk ini, saya memilih untuk membelinya secara online karena pertimbangan praktis. Saat ini, Verbatim Indonesia juga memiliki official store diberbagai marketplace yang ada di Indonesia. Jadi kamu tidak perlu kuatir lagi tentang layanan dan keaslian produk yang dijual di market place tersebut, asal kamu membelinya di official store Verbatim.

Adapun tujuan saya untuk membeli SSD ini adalah untuk menambah kapasitas dari media penyimpanan komputer yang saat ini saya miliki. Pemilihan media penyimpanan SSD ini saya tujukan agar proses pembacaan data di komputer bisa lebih cepat. Apalagi saya juga memiliki beberapa file yang harus dijalankan yang berhubungan dengan pemrograman berbasis web, dimana dengan akses data yang cepat, server bisa memprosesnya dengan cepat pula. Ini menjadi pertimbangan utama saya untuk memilih SSD.

Pengujian Produk

Sebetulnya ketika melakukan upgrade untuk penambahan SSD dan ketika saya menggunakan komputer yang telah diupgrade SSDnya ini, kegegasan dalam proses pembacaan dan penulisan data sudah sangat terasa. Namun memang agak sulit untuk membandingkannya jika tidak diuji secara komprehensif. Perlu alat ukur yang pas dan bisa dijadikan acuan, agar performanya bisa benar-benar terlihat.

SSD terbaik inipun saya tambahkan ke perangkat komputer yang saya miliki di rumah. Adapun spesifikasi dari komputer yang saya gunakan sebagai berikut:

PROCESSORAMD RYZEN 5 3500
MOTHERBOARDASROCK B450 SREEL LEGEND (P 4.00)
RAM16GB
GPUASUS ROG STRIX 1070 
CASELIAN-LI PC 011 DYNAMIC
PSUANTEC HCG 750W GOLD
OS WINDOWS 10 HOME
Spesifikasi PC yang Saya Miliki

Melakukan Pengujian

Saat ini terdapat banyak alat atau tools yang bisa digunakan sebagai acuan hasil untuk menguji suatu media penyimpanan. Namun kali ini saya memilih untuk menggunakan tools CrystalDiskMark yang sudah dipakai oleh banyak orang.

CrystalDiskMark adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membandingkan kemampuan media penyimpanan pada komputer berbasis Microsoft Windows. Hal yang akan diuji meliputi kinerja SSD pada saat melakukan pembacaan maupun penulisan file. Tools ini akan menghasilkan kecepatan baca/tulis pada posisi berurutan dan acak dengan berbagai variasi.

Berikut ini adalah hasil pengujian dari Verbatim Vi550 S3 256GB.

review ssd
review SSD melalui pengukuran dengan Crystal Disk Mark

Dari hasil ini, kita bisa mendapati jika performa SSD ini terlihat sangat menjanjikan.

Pilihan Yang Tepat

Review Verbatim Vi550 S3 256GB
Review Verbatim Vi550 S3 256GB

Dari review SSD Verbatim Vi550 S3 256GB adalah pilihan produk tepat untuk SSD terbaik dengan kapasitas 256GB. Selain mempunyai kekuatan sebagai produk yang sudah memiliki merek mendunia. Jika kamu menggunakannya untuk upgrade media penyimpanan untuk komputer atau notebookmu, niscaya kamu akan mendapatkan perubahan yang signifikan dari sisi perfomanya.

Selain dari sisi performa, Verbatim Vi550 S3 256GB juga memberikan nilai ekonomis yang relatif lebih baik dibandingkan kompetitornya karena menawarkan harga yang bersaing dan dengan adanya garansi produk selama 3 tahun juga memberikan perlindungan buat yang ingin memiliki produk ini.

1315 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.