NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
ReviewReview Jasa

Tonjolkan Kemasan Cantik Untuk Produk Oleh-Oleh Dari Bali

2 Mins read
kemasan cantik untuk produk oleh-oleh
kemasan cantik untuk produk oleh-oleh
Photo by Daily Nouri on Unsplash

Pulau Bali adalah episentrum dari pariwisata yang ada di Indonesia. Biro Pusat Statistik (BPS) propinsi Bali mencatat bahwa pada bulan Oktober 2019 sudah terdapat 568,067 wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali dengan dominasi wisatawan dari mancanegara. Bisnis pariwisata di pulau Bali yang berkembang ini juga membuat industri oleh-oleh di pulau Bali ikut terdongkrak naik. Dengan persaingan bisnis oleh-oleh yang begitu ketat, maka diperlukan suatu terobosan agar produk oleh-oleh tersebut mampu menang dalam persaingan. Salah satu cara agar produk tersebut mempunyai daya saing adalah dengan cara membuat kemasan cantik untuk produk oleh-oleh tersebut.

Tentunya kamu tidak bisa secara sembarangan untuk membuat suatu kemasan produk. Selain memastikan bahwa bentuk kemasan harus sesuai dengan produk oleh-olehmu, kamu juga harus memastikan bahwa kemasan dari produk tersebut memiliki estetika sekaligus filosofi yang senada dengan produk oleh-oleh yang kamu kelola.

Manfaat Kemasan Produk

Kemasan suatu produk akan memiliki 2 manfaat berikut ini, antara lain:

  1. Kemasan Sebagai Identitas Suatu Produk
    Melalui kemasan suatu produk, konsumen akan bisa dengan mudah mengenali produk tersebut dengan melihat bentuk ataupun warnanya. Hal ini tentunya akan memudahkan konsumen untuk mengenali produkmu ketika produk oleh-olehmu sedang dipajang dengan produk oleh-oleh lainnya. Karena itu, kamu harus pastikan jika kemasan produk oleh-olehmu ini mempunyai keunikan yang berbeda dengan produk oleh-oleh Bali lainnya.
  2. Kemasan Akan Memberikan Perlindungan Terhadap Kualitas dan Kuantitas Produk
    Manfaat kemasan yang lainnya adalah untuk melindungi produk yang ada di dalamnya. Perlindungan yang diberikan untuk memastikan bahwa kualitas maupun kuantitas produk tersebut tidak mengalami penurunan.

Namun sebenarnya pada kemasan suatu produk tidak hanya akan memberikan 2 manfaat itu saja, tetapi kemasan suatu produk juga akan memberikan manfaat yang lain yaitu memberikan nilai tambah pada produk oleh-oleh tersebut. Tidak jarang ditemukan jika ada konsumen yang lebih memilih untuk membeli suatu produk hanya karena melihat kemasan produk yang menarik bagi dia. Dengan demikian kemasan suatu produk juga bisa dijadikan sebagai alat promosi yang efektif.

Membuat Kemasan Produk

Jika kamu memiliki usaha produk oleh-oleh dari Bali, maka kamu harus pastikan jika kemasan dari produk oleh-oleh kamu itu menjadi menarik. Untuk membuat kemasan suatu produk yang diperlukan pertama kali adalah adanya desain kemasan. Untuk membuat desain kemasan, kamu bisa menggunakan perangkat lunak untuk desain dengan panduan konsep desain yang telah kamu buat sebelumnya. Namun kamu juga bisa membuat desain kemasan produkmu dengan hanya membuat sketsa di sebuah kertas.

Untuk tahap awal, kamu bisa membuat contoh dari kemasan produkmu, kemudian kamu bisa mencoba untuk memasukkan produkmu ke dalam kemasan tersebut. Jika hasil dari contoh tersebut masih belum sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa mencoba untuk mendesain ulang kemasannya dan membuat contohnya sekali lagi. Lakukan hal ini sampai kemasan contoh tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa meminta masukan mengenai desain kemasan tersebut kepada keluarga ataupun teman-teman terdekat.

Jika desain kemasan sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa lanjutkan dengan melakukan proses pembuatan kemasan. Jika kamu berada di Bali, kamu bisa mencari dan memilih jasa print shop Bali yang terkemuka untuk membuat kemasan dari produk oleh-olehmu. Namun jika kamu belum mempunyai desain, tidak perlu kuatir karena biasanya jasa printing Bali juga akan membantu kamu untuk membuatkan desain kemasan, tentunya sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Jadi jika kamu ingin mempunyai kemasan cantik untuk produk oleh-oleh, pastikan untuk memilih dan menggunakan jasa packaging Bali yang terpercaya untuk membuat kemasan produk oleh-olehmu.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.