NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Berita Logistik Indonesia

Truk Sembako Diprediksi Ramaikan Pelabuhan Bakauheni Sepekan Sebelum Ramadan

1 Mins read
Berita Logistik Indonesia

Truk Sembako Diprediksi Ramaikan Pelabuhan Bakauheni Sepekan Sebelum Ramadan

1 Mins read

Truk Sembako Diprediksi Ramaikan Pelabuhan Bakauheni Sepekan Sebelum Ramadan

Disadur dari TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Jelang bulan Ramadan, distribusi barang antarpulau di Pelabuhan Bakauheni belum memperlihatkan peningkatan.

Memasuki akhir pekan ini, Jumat (27/5/2016), arus penyeberangan justru terlihat cukup lengang. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, arus distribusi barang lintas pulau biasanya mengalami peningkatan, menjelang bulan Ramadan.

“Untuk arus penyeberangan logistik barang, masih normal. Bahkan cenderung lengang. Belum ada peningkatan,” ujar Manajer Operasional PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni, Heru Purwanto.

Menurutnya, arus penyeberangan truk angkutan barang, setiap harinya hanya mencapai sekitar 2.000 unit-2.400 unit. Padahal biasanya, menjelang puasa, arus penyeberangan bisa mencapai 3.000 unit per hari.

Dirinya memperkirakan, arus distribusi barang kemungkinan baru meningkat pada sepekan sebelum bulan Ramadan. Dan, peningkatan akan terlihat signifikan pada pekan kedua Ramadan.

“Biasanya, sepekan sebelum puasa, arus penyeberangan truk barang meningkat. Kemudian, pada pekan pertama puasa, turun kembali. Lalu, kembali naik pada pekan ke-2 dan ke-3 puasa,” terang Heru.

Sopir truk ekspedisi lintas pulau, Danang mengatakan, peningkatan distribusi memang biasanya terlihat pada sepekan jelang Ramadan.

“Sebenarnya sudah mulai ada peningkatan. Biasanya, dalam sepekan ada tiga truk. Saat ini, ada empat truk ekspedisi. Tapi kemungkinan, saat menjelang puasa, naik bisa menjadi enam truk pengiriman barang,” ungkapnya.

Menurut Danang, pengiriman logistik saat ini masih didominasi barang kebutuhan pokok. Sedangkan saat menjelang Lebaran, pengiriman sandang biasanya turut mengalami peningkatan.

sumber: http://lampung.tribunnews.com/2016/05/27/truk-sembako-diprediksi-ramaikan-pelabuhan-bakauheni-sepekan-sebelum-ramadan

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.