NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Olahraga

Ukuran Lapangan Badminton/Bulu Tangkis

4 Mins read
Ukuran Lapangan Badminton

Badminton selalu menjadi olahraga ringan paling banyak digemari oleh berbagai kalangan. Olahraga ini dianggap bertabur wajah rupawan seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon hingga Jonathan Christie. Namun, masih saja banyak yang belum tahu ukuran lapangan badminton/bulu tangkis.

Karena itulah tidak sedikit yang hanya langsung ikut bermain tanpa tahu berapa sebenarnya ukuran lapangan badminton tersebut. Padahal lapangan tempat Anthony Ginting dan kawan-kawan ini bermain bukan hanya sekedar berbentuk persegi panjang dan terbagi dua saja.

Apa Itu Olahraga Badminton/ Bulu Tangkis?

Badminton/bulu tangkis merupakan olahraga yang dimainkan oleh orang-orang menggunakan raket dan shuttlecock dengan cara dipukul sampai melampaui jaring pembatas (net). Permainan olahraga ini sudah ada sejak ribuan tahun silam dan sering dilakukan oleh bangsa Jepang, Yunani, Thailand hingga China.

Badminton mulai memasuki wilayah Indonesia sejak tahun 1930 tepatnya di daratan Sumatera. Kemudian pada tahun yang sama, di Jakarta dibentuklah Bataviase Badminton Bond dan Bataviase Badminton League.

Selanjutnya tahun 1934 muncul berbagai macam kejuaran badminton di Jawa Barat dan sekitarnya. Kemudian pada masa kependudukan Jepang sekitar tahun 1942 badminton terus berkembang dengan pesat karena adanya nuansa anti barat yang diciptakan oleh bangsa tersebut.

Lalu pada tahun 1951 muncul PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia di Bandung tepatnya 05 Mei. Dengan adanya kepengurusan pusat ini, maka kepengurusan di tingkat cabang berubah menjadi Pengda atau Pengurus Daerah.

Sampai akhir Agustus tahun 1977 setidaknya terdapat 26 Pengda di Indonesia. Jumlah perkumpulannya mencapai 2000 titik. Saat ini PBSI diketuai oleh Agung Firman Sampurna yang memiliki periode jabatan 2020 sampai 2024 menggantikan ketua sebelumnya yaitu Wiranto.

Baca Juga   Karpet Badminton Murah Dan Berkualitas

Macam-Macam Ukuran Lapangan Badminton/Bulu Tangkis

Pada dasarnya memang benar bahwa lapangan badminton mempunyai bentuk persegi panjang yang kemudian dibagi menjadi dua bagian. Nantinya tiap-tiap pemain akan menempati masing-masing bagiannya dengan net sebagai pembatas. Namun, sebenarnya ada banyak macam ukuran lapangan ini.

  1. Ukuran Lapangan Permainan Badminton Standar

Ukuran lapangan badminton standar merupakan ukuran yang banyak dipakai oleh permainan ini dimanapun berada (standar BWF). Standar ukuran lapangan badminton ini biasanya juga menjadi patokan dalam menentukan harga karpet badminton. Berikut merupakan detail informasi ukuran lapangan badminton tersebut. Kiranya bisa dijadikan acuan ketika hendak melakukan permainan olahraga ala Greysia Polii ini.

Panjang lapangan13,40 meter
Lebar lapangan6,10 meter
Tinggi net1,52 meter
Tinggi tiang net1,52 meter
Jarak di antara garis sisi samping pada permainan tunggal dan garis pinggir dari lapangan0,46 meter
Jarak antara garis service bagian belakang dengan garis belakang lapangan (permainan ganda)0,76 meter
Jarak antara garis service bagian tengah dengan garis sisi samping lapangan3,05 meter
Jarak antara garis service bagian depan dengan garis net1,98 meter

Perlu diketahui bahwa standar ukuran menurut Badminton World Federation tersebut dipakai oleh orang dewasa saja. Standar internasional ukuran lapangan badminton bagi anak-anak juga ada yakni seperti berikut.

  • Untuk anak-anak di bawah usia 9 tahun mempunyai standar ukuran lapangan dengan panjang 10,05 meter dan lebar 4,40 meter.
  • Untuk anak-anak di antara usia 9 sampai 12 tahun memiliki standar ukuran lapangan badminton dengan panjang mencapai 11,88 meter dan lebar 5,18 meter.
  1. Ukuran Lapangan Permainan Badminton Tunggal Putra/Putri

Permainan badminton tunggal putra atau putri juga memiliki standar tersendiri. Di dalam permainan seperti ini, maka lebar di area permainan mencakup garis samping bagian dalam. Kemudian, panjangnya memakai garis belakang bagian luar dengan rincian lengkapnya sebagai berikut.

Baca Juga   Karpet Badminton Murah Dan Berkualitas
Ukuran panjang13.40 meter
Ukuran lebar5,18 meter
Ukuran panjang dari bidang penerima service4,72 meter
Ukuran lebar dari bidang penerima service2,59 meter
  1. Ukuran Lapangan Permainan Badminton Partai Ganda

Permainan bulu tangkis dengan sistem partai ganda mempunyai standar tersendiri. Di dalam permainan semacam ini, lebar wilayah permainan mencakup garis samping bagian luar. Panjang areanya mencakup garis belakang bagian luar. Berikut merupakan detail ukuran lapangan badminton partai ganda tersebut.

Ukuran panjang13.40 meter
Ukuran lebar6,10 meter
Ukuran panjang dari bidang penerima service3,96 meter
Ukuran lebar dari bidang penerima service3,05 meter
  1. Ukuran Garis Lapangan Permainan Badminton

Untuk area lapangan saat melakukan servis, pada permainan partai tunggal area akan mencakup garis bagian belakang luar serta garis samping bagian dalam. Untuk area servis ganda, maka mencakup garis belakang bagian dalam serta garis samping bagian luar.

Untuk ukurannya, maka pada partai tunggal ukuran panjang adalah 13,40 meter dengan lebar 5,18 meter. Bentuk partai ganda mempunyai panjang 11,88 meter dengan lebar 6,10 meter. Ukuran-ukuran yang sudah disebutkan tersebut sudah menjadi ketentuan sekaligus standar yang ditetapkan oleh PBSI.

Bukan hanya PBSI saja melainkan juga BWF. Dengan demikian, wajar saja jika permainan bulu tangkis sekarang selalu menyesuaikan dengan standar tersebut. Terlebih pada gelaran permainan nasional bulu tangkis.

Tiga Istilah Populer dalam Permainan Badminton/Bulu Tangkis

Badminton Olahraga Populer
Badminton Olahraga Populer

Bulu tangkis selalu menjadi olahraga yang disukai oleh berbagai kalangan. Apalagi semakin kesini, kian bagus pula prestasi yang dicetak oleh pemain-pemain kebanggan Indonesia yang tentunya sangat asyik ditonton. Alangkah serunya apabila juga tahu apa saja istilah yang ada dalam permainan olahraga ini.

  1. Smash
Baca Juga   Karpet Badminton Murah Dan Berkualitas

Tentunya ini adalah istilah yang paling sering didengar ketika menonton permainan olahraga badminton. Membicarakan tentang smash, pasti yang akan diingat di antaranya Parupalli Kashyap, Mads Pieler Kolding, Lee Chong Wei, Jan O Jorgensen, Viktor Axelsen dan Taufik Hidayat.

Smash merupakan istilah dalam permainan bulu tangkis yang memang sangat populer. Smash bermakna sebagai pukulan kencang dan diarahkan kepada lawan. Pukulan seperti ini yang seringkali mencetak poin bagi seorang pemain bulu tangkis tersebut. Tentu saja karena lawan akan merasa kewalahan.

  1. Drop Shot

Selain smash, di dalam permainan bulu tangkis juga dikenal dengan drop shot. Istilah ini mengandung makna sebagai tipuan dorongan sekaligus sentuhan yang halus dengan mengarah tepat pada net lawan. Pemain bulutangkis Kevin Sanjaya Sukamulja paling sering melakukan teknik ini.

Jenis pukulan dropshot kerap berhasil menghasilkan poin tambahan karena sanggup untuk menipu lawan dengan sangat baik. Tentunya sulit diantisipasi oleh pihak lawan. Jadi, selain smash pemain juga bisa menggunakan teknik ini.

  1. Rally

Rally adalah jalannya pertandingan bulu tangkis yang mengambil awalan sejak pemain melakukan servis. Kemudian sampai tercapai satu poin tambahan untuk yang berhasil memenangkan satu kali permainan tersebut.

Rally panjang kerap terjadi apabila dua pemain mempunyai kemampuan yang berimbang. Contoh rally terpanjang dalam permainan bulu tangkis ialah Lin Dan dan Chen Jin serta Liliyana Natsir/Nova Widianto dan Gao Ling/Zhang Jun.

Jangan mengaku pecinta bulu tangkis tanpa tahu ukuran lapangan badminton/bulu tangkis. Ukuran lapangan permainan tersebut sangat bervariasi. Mulai dari ganda, tunggal hingga anak-anak. Akan tetapi, tetap saja mengikuti standar BWF dan PBSI.

Informasi tambahan bagi Anda yang mencari kontraktor pembuatan lapangan badminton bisa menggunakan jasa dari www.jasapembuatanlapangan.id. Jasa pembuatan lapangan paling recommended untuk membuat lapangan berkualitas. Tidak perlu ragu lagi, karena mereka juga menerima jasa konsultasi untuk lapangan Anda!

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Olahraga

Karpet Badminton Murah Dan Berkualitas

2 Mins read
Sebagai bagian dari komitmen untuk hidup sehat adalah berolahraga secara teratur. Salah satu olahraga yang menyenangkan adalah badminton. Cukup banyak orang yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.