NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

4 Alasan Mengapa Gusi Menjadi Bengkak

2 Mins read
Mengapa Gusi Menjadi Bengkak

Kamu tentu pernah mendengar sebait lagu yang kira-kira begini bunyinya :”Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ini”. Yups, sakit gigi adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas kita sebagai manusia. Nyeri gigi yang sebagian besar disebabkan karena gusi yang bengkak membuat kita harus mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri yang biasanya akan menimbulkan efek kantuk sehingga mengganggu aktivitas kerja harian kita. Lalu kenapa gusi bengkak? Ada banyak penyebabnya yang akan kita bahas lebih lanjut dibawah.

4 Alasan Gusi Menjadi Bengkak

Gusi bengkak bukanlah masalah sepele jika itu berlangsung terus menerus. Karena itu kita harus mencari penyebab gusi bengkak dan bagaimana cara mencegahnya. Beberapa penyebab gusi bengkak antara lain :

  1. Masa Kehamilan
    Percaya atau tidak, gusi yang bengkak umum dialami oleh wanita disaat masa kehamilan mereka. Mengapa gusi menjadi bengkak di masa kehamilan? Hal ini disebabkan oleh adanya  infeksi bakteri dan munculnya plak (karang gigi).

    Lho? Kok bisa? Tentu saja bisa karena dimasa kehamilan, wanita akan mengalami perubahan hormon dimana hal tersebut akan memicu terjadinya peningkatan aliran darah ke jaringan gusi. Peningkatan aliran darah ke gusi ini yang membuat gigi pada wanita hamil menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri yang dapat menimbulkan bengkak pada gusi.

  2. Kekurangan Vitamin C
    Saya adalah salah satu manusia yang sangat dekat dengan vitamin C. Jika saya tidak mendapat asupan vitamin c yang cukup dari buah buahan maupun makanan dan minuman lain yang saya konsumsi, maka saya akan mencukupi kebutuhan vitamin c saya dari suplemen yang selalu ada di kotak obat keluarga kami. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat diperlukan dan penting bagi tubuh.

    Lalu apa kaitannya vitamin C dan kenapa gusi bengkak hanya karena kekurangan vitamin C? hal ini karena vitamin C bertugas untuk membantu membentuk kolagen dalam tubuh serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh kita. Fungsi vitamin C dalam mulut manusia salah satunya adalah untuk membantu menguatkan jaringan ikat, yang dalam hal ini adalah gusi. Nah jika kamu kekurangan vitamin C maka otomatis gusimu akan menjadi lemah bahkan bisa meradang yang menybabkan penyakit gusi berdarah dan gusi membengkak.

  3. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut
    Menggosok gigi secara teratur dua kali dalam sehari saat bangun dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi yang minim deterjen adalah cara termudah menjaga kesehatan mulut. Saya dan mungkin banyak orang lain terkadang masih suka lupa menggosok gigi sebelum tidur padahal menggosok gigi sebelum tidur adalah hal penting yang tidak bisa diabaikan.

    Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride namun minim busa yang menandakan pasta gigi tersebut tidak mengandung deterjen yang malah membawa efek buruk pada gigi dengan pemakaian yang lama.

  4. Sariawan
    Sariawan adalah penyakit gigi yang paling sering kita alami. Lalu kenapa gusi bengkak karena sariawan? Semua itu dikarena Ketika kita terkena sariawan di dasar gusi maka gusi kita akan mengalami infeksi maupun luka terbuka yang otomatis membuat gusi kita bengkak.

    Waspadalah jika mengalami sariawan di gusi karena jika tidak diobati dengan benar, sariawan akan sangat lama sembuhnya bahkan bisa Kembali sakit lagi setelah tidak lama sembuh. Sariawan yang sampai menimbulkan gusi bengkak dikarenakan  adanya gangguan sistem imun, ataupun infeksi dari bakteri atau virus herpes.
Baca Juga   4 Rekomendasi Susu Penambah Tinggi Badan Terbaik untuk Anak di bawah 13 Tahun

Apapun penyebab gusi bengkak, kita harus waspada dan memperhatikan sebabnya. Jika kamu mengalami masalah gusi bengkak yang tidak sembuh selama 3 hari maka ada baiknya kamu segera mengunjungi dokter gigi langgananmu. Ingatlah, semakin dini kamu memeriksakan kondisi kesehatanmu maka akan lebih mudah dan cepat kondisi gusi bengkak diobati. Salam sehat.

1379 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

4 Pilihan Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Ingat

2 Mins read
Seiring dengan usia yang bertambah memang daya ingat seseorang umumnya secara perlahan akan mulai menurun, tetapi kondisi ini merupakan hal yang sangat…
kesehatan

Rambut Anda Mengalami Kerontokan? Simak Cara Berikut Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria

2 Mins read
Rambut sebagai mahkota ternyata tidak hanya berlaku pada wanita melainkan pada pria juga. Sehingga para pria pun berusaha sebaik mungkin untuk menjaga…
kesehatan

Daftar Obat Gusi Bengkak. Efektif Dan Ampuh!

3 Mins read
Gigi dalam mulut merupakan salah satu bagian dalam mulut yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya agar selalu sehat dan tidak menimbulkan berbagai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.