NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

Daftar Obat Gusi Bengkak. Efektif Dan Ampuh!

3 Mins read
Daftar obat gusi bengkak

Gigi dalam mulut merupakan salah satu bagian dalam mulut yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya agar selalu sehat dan tidak menimbulkan berbagai masalah. Meskipun begitu, masih banyak sekali orang-orang yang melakukan kesadarannya untuk membersihkan gigi mereka.

Sisa-sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan dengan baik biasanya menjadi salah satu penyebab gusi menjadi bengkak. Lalu apa saja penyebab gusi bengkak? Dan apa saja obat yang bisa mengatasi penyakit gusi bengkak ini? Mari simak lebih lengkap pada pembahasan dibawah ini!

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi yang bengkak akan sangat mengganggu dan tidak nyaman bagi para penderitanya. Umumnya, gusi yang bengkak disebabkan oleh berbagai faktor seperti pada pembahasan dibawah ini!

Gingivitis

Ahli endodontik asal New York, Adam S. Hardwood, DMD mengatakan jika salah satu penyebab yang paling umum untuk gusi bengkak adalah Gingivitis. Hal ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan partikel makanan yang tertinggal sehingga membentuk lapisan plak di atas gigi yang akan menjadi karang gigi penyebab gusi bengkak.

Jika tidak diobati, Gingivitis ini akan berubah menjadi penyakit gusi tingkat lanjut yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan gigi. Oleh karena itu, penting sekali untuk memeriksakan kondisi gusi bengkak kepada dokter gigi yang mampu menangani masalah gusi bengkak yang kamu alami.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan berbagai dokter secara online. Kamu bisa melakukan konsultasi dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas oleh waktu. Kamu hanya perlu memilih dokter spealisasi yang sesuai untuk penyakit yang kamu alami dan melakukan konsultasi dengannya. Lebih lanjut download di sini.

Baca Juga   Relaksasi Tubuh Anda Dengan Layanan Massage Karawaci

Drama perangkat gigi yang tidak sesuai

Tahukah kamu jika penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai dapat menyebabkan gusi menjadi iritasi dan mengalami pembengkakan. Biasanya pembengkakan gusi yang disebabkan oleh hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki letak gigi palsu tersebut agar tidak menyentuh gusi sehingga pembengkakan gusi dapat diatasi dengan mudah.

Obat Apotek Gusi Bengkak

Obat Apotek Gusi Bengkak

Ibuprofen

Ibuprofen menjadi salah satu obat yang mampu mengatasi pembengkakan pada gusi. Obat ini akan memberikan hasil berupa pengurangan pembengkakan gusi dan demam yang mungkin saja terjadi pada penderitanya.

Ibuprofen termasuk kedalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang dapat saja menimbulkan beberapa efek samping yang ringan hingga berat. Karena efeknya yang sangat kuat dibandingkan obat sejenis lainnya, maka ada baiknya pahami dulu penggunaan obat ini sebelum mengkonsumsinya.

Dosis yang sesuai untuk orang dewasa mencapai 200-400 miligram (mg) yang diminum setiap 4-6 jam sekali. Sedangkan, pada anak-anak dosis yang sesuai mencapai 4-10 miligram untuk usia 6 bulan-12 tahun yang dapat diminum setiap 6-8 jam sekali.

Sebaiknya minumlah obat ini setelah makan sesuai dengan anjuran dan dosis yang telah ditetapkan. Segera hentikan jika mengalami efek samping yang berlebihan dari penggunaan ibuprofen ini.

Hidrogen peroksida

Jika kamu mengalami pembengkakan gusi dan tidak ingin mengkonsumsi obat yang terlalu berat, maka kamu bisa menggunakan obat kumur yang satu ini. Obat ini biasanya dijual di apotek tanpa resep dokter.

Hidrogen peroksida ini merupakan antiseptik cair yang mampu mengatasi seluruh bakteri penyebab masalah gusi dan sariawan. Larutan ini akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mampu membersihkan area kulit yang terluka.

Sebelum mengkonsumsi obat ini, sebaiknya encerkan terlebih dahulu larutan ini dengan sedikit air sebelum berkumur karena cairan kentalnya mampu melukai gusi dalam mulutmu.

Baca Juga   Memberikan Manfaat Susu Kepada Anak Dengan Padu Padan Makanan

Paracetamol

Obat ini menjadi salah satu obat apotek yang paling ampuh untuk mengatasi gusi yang bengkak. Obat ini tersedia di berbagai apotek dan sangat mudah untuk ditemukan. Obat ini juga aman digunakan untuk anak-anak dan dewasa.

Namun sebelum mengkonsumsi obat ini sebaiknya patuhilah anjuran pengkonsumsian obat ini karena takaran dan dosis setiap penderita berbeda-beda. Untuk orang dewasa dianjurkan mengkonsumsi sekitar 500 mg sedangkan unruk bayi berkisar 60-120 mg saja.

Chlorhexidine

Alternatif obat lainnya yang mampu mengatasi gejala pembengkakan gusi ini adalah Chlorhexidine yang hanya bisa didapatkan lewat resep dokter. Obat ini memiliki berbagai bentuk yang disediakan seperti salep, larutan, dan obat kumur.

Setelah menggunakan versi obat kumur dari obat ini, sebaiknya hindarilah mengkonsumsi makanan dan minuman agar larutan bisa bekerja dengan baik. Selalu diskusikan hal apapun yang berkaitan dengan gusi mulutmu dengan dokter gigi yang bersangkutan.

Obat-obatan apotek untuk gusi bengkak lainnya bisa kamu pahami lebih lanjut melalui obat gusi bengkak

Obat Alami Gusi Bengkak

Obat Alami Gusi Bengkak

Selain obat-obatan kimia dari apotek, gusi bengkak juga bisa diatasi dengan obat-obat yang terbuat dari bahan alami. Berikut daftar lengkapnya!

Air garam

Air garam menjadi salah satu obat alami yang mampu mengobati gusi yang bengkak. Kamu bisa mencampurkan air dengan garam dan gunakan campuran larutan ini sebagai obat kumur. Penggunaan obat kumur ini sebagai alternatif jika penempelan secara langsung garam pada bagian yang bengkak akan menyebabkan gusimu menjadi sangat perih.

Kompres es baru dan air hangat

Cara alami ini juga sering digunakan sebagai alternatif untuk mengobati gusi yang bengkak. Kompreslah gusi yang bengkak tersebut dengan es batu yang diletakkan didalam balutan kain. Jika terasa nyeri, kamu juga bisa menggunakan kompresan air hangat yang lebih memudahkanmu dalam proses penyembuhannya.

Baca Juga   7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Melawan Segala Penyakit

Madu asli

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gusi yang bengkak adalah dengan mengggunakan madu asli yang mengandung gula alami sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dan bagus untuk penyembuhan gusi yang bengkak.

Air serai

Kamu juga bisa menggunakan serai sebagai obat gusi bengkak. Kamu hanya perlu merebus serai dan menggunakan air rebusan serai menjadi obat kumur untuk membantu proses penyembuhan gusi yang bengkak tersebut. Jika kamu rajin untuk menggunakan obat kumur ini, maka kamu akan terhindari dari penyakit gusi bengkak di lain harinya.

1379 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

4 Alasan Mengapa Gusi Menjadi Bengkak

2 Mins read
Kamu tentu pernah mendengar sebait lagu yang kira-kira begini bunyinya :”Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ini”. Yups, sakit gigi adalah…
kesehatan

4 Pilihan Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Ingat

2 Mins read
Seiring dengan usia yang bertambah memang daya ingat seseorang umumnya secara perlahan akan mulai menurun, tetapi kondisi ini merupakan hal yang sangat…
kesehatan

Rambut Anda Mengalami Kerontokan? Simak Cara Berikut Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria

2 Mins read
Rambut sebagai mahkota ternyata tidak hanya berlaku pada wanita melainkan pada pria juga. Sehingga para pria pun berusaha sebaik mungkin untuk menjaga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.