NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
kesehatan

8 Manfaat Baik Bawang Putih Untuk Kesehatan 

2 Mins read
Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tetapi tahukah kamu ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat. Sebagian orang mungkin menganggap kalau bawang putih ini hanya bumbu dapur untuk ditambahkan ke dalam masakan. Bawang putih tidak hanya akan meningkatkan aroma saja, tetapi juga bisa menambahkan cita rasa yang khas pada masakan. 

Padahal manfaat bawang putih tidak hanya sebatas untuk meningkatkan aroma dan cita rasa masakan saja, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Sekedar info jika bawang putih ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat serta memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Berikut dibawah ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan, diantaranya yaitu : 

  1. Menangkal Pilek

Untuk mencegah hidung tersumbat karena pilek, kamu bisa memasukkan bawang putih kedalam masakan untuk menangkal pilek. Meningkatkan sistem imun tubuh adalah salah satu manfaat dari bawang putih. Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih mengandung allicin yang mampu mengurangi peluang terkena pilek serta membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh. 

  1. Meningkatkan Perfoma Olahraga

Ternyata untuk meningkatkan perfoma olahraga juga dapat memanfaatkan bawang putih. Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jantung akan lebih baik perfoma olahraganya setelah diberikan minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu. 

  1. Antibiotik Alami

Bawang putih mengandung diallyl sulphide yang bermanfaat untuk melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan dan bahkan hingga 100 kali lipat lebih efektif jika dibandingkan dengan antibiotik yang biasanya digunakan. Manfaat bawang putih yang bisa melawan bakteri ini pastinya membuat bumbu dapur yang satu ini berpotensi untuk menjadi alternatif “antibiotik alami”. 

  1. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Orang yang mengkonsumsi bawang putih mentah setidaknya seminggu dua kali memiliki risiko lebih rendah sebesar 44 persen untuk terkena kanker paru. Meski begitu masih diperlukannya penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikan manfaat bawang putih yang mampu mencegah kanker paru. 

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol
Baca Juga   7 Makanan Penghambat ASI: Kenali dan Hindari untuk Kesehatan Ibu dan Bayi!

Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL juga bisa memanfaatkan bawang putih. Pemberian suplemen bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol LDL hingga sebanyak 10 hingga 15 persen. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bukan rahasia lagi jika penderita hipertensi juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk menurunkan tekanan darahnya. Sebuah studi menemukan bahwa pemberian 600 hingga 1500 miligram ekstrak bawang putih mampu memberikan efek yang sebanding dalam menurunkan tekanan darah seperti obat Atenolol selama dalam jangka waktu 24 minggu. Jika suka bawang putih mentah, kamu bisa mengkonsumsi bawang putih mentah sebanyak empat suing setiap hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi

  1. Mampu Melindungi Jantung

Minyak bawang putih mengandung diallyl trisulfide yang mampu melindungi jantung setelah serangan jantung serta usai bedah jantung. Bisa juga digunakan untuk menangani gagal jantung. Penelitian yang dilakukan pada tikus menununjukkan bahwa telah terjadinya penurunan kerusakan jantung sebanyak 61 % setelah tikus yang terkena serangan jantung mendapatkan zat diallyl sulphide. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang Pada Wanita 

Pengeroposan tulang pada tikus betina bisa ditanggulangi dengan pemberian bawang putih untuk meningkatkan kadar estrogen. Oleh karena itu bawang putih tidak hanya berpotensi mampu meningkatkan kadar estrogen saja tetapi juga mampu mencegah pengeroposan tulang pada wanita. 

Selain itu masih ada manfaat baik lainnya dari bawang putih untuk kesehatan seperti dapat mencegah demensia serta Alzheimer. 

1464 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

Kurang Tidur? Kenali 7 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan!

4 Mins read
Efek kurang tidur bisa lebih serius daripada yang kita bayangkan, lho!  Pernah merasa seperti zombie setelah begadang sepanjang malam untuk memenuhi deadline…
kesehatan

Mengenal Penyebab Kurang Darah

2 Mins read
Anemia, atau kondisi kurang darah, bisa memengaruhi siapa saja, dari segala usia dan latar belakang. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang…
kesehatan

Membuat Penglihatan Jelas dan Kualitas Hidup Menjadi Lebih Baik dengan Lasik

4 Mins read
Mari kita bahas tentang sesuatu yang bisa mengubah hidup Anda yaitu Lasik. Apa sih Lasik itu? Bagaimana prosedur ini bisa memperbaiki penglihatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.