NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Investasi

Evaluasi Investasi Bitcoin 2020

3 Mins read
Evaluasi Investasi Bitcoin 2020

Meski tahun 2020 belum berakhir, namun pada menjelang akhir tahun menurut saya sudah saatnya untuk melakukan review terhadap semua investasi yang dijalankan pada tahun 2020. Salah satunya adalah melakukan evaluasi investasi Bitcoin 2020.

Bitcoin Menjadi Salah Satu Pilihan Investasi di Tahun 2020

Bitcoin adalah salah satu pilihan saya untuk berinvestasi di tahun 2020. Alasannya adalah karena Bitcoin masih memberikan keuntungan signifikan jika dibandingkan dengan beberapa investasi lainnya. Dengan fundamental yang kuat karena menjadi penyokong bagi transaksi lainnya yang ada di berbagai pusat pertukaran crypto currency, Bitcoin juga mempunyai pasar kapital yang terbesar jika dibandingkan dengan crypto currency lainnya.

Meski di tahun 2019 menunjukkan bahwa Bitcoin sempat mengalami penurunan yang sangat signifikan, bahkan pada tahun tersebut harga Bitcoin sempat stagnan dengan menunjukkan sideways. Meski demikian, saya masih melihat bahwa volume transaksi masih sangat tinggi dan volume market kapital Bitcoin juga masih bertahan. Waktu itu saya menganalisa bahwa banyak investor Bitcoin yang lebih memilih untuk melihat dan menunggu. Selain itu, pada tahun 2019 juga kita bisa melihat seberapa besar sebenarnya yang memang benar-benar berinvestasi di Bitcoin.

Kenaikan Harga Bitcoin di Tahun 2020 Yang Signifikan

Kenaikan Harga Bitcoin 2020
Kenaikan Harga Bitcoin 2020

Harga Bitcoin Hari ini pada hari ini menunjukkan kenaikan yang signifikan. Pada awal tahun 2020, di situs Indodax menunjukkan harga Bitcoin masih di sekitar 103 juta-an. Namun pada bulan November 2020, harga Bitcoin sudah mencapai 260 juta-an. Artinya kenaikan harga Bitcoin lebih dari 100 persen. Dengan kenaikan harga Bitcoin seperti ini, tentu Bitcoin menjadi investasi yang menarik karena menawarkan imbal balik yang sangat tinggi.

Baca Juga   Portfolio Saham di Bulan Oktober 2018

Volume transaksi serta market kapital Bitcoin juga naik seketika seiring dengan kenaikan harga Bitcoin tersebut. Tentu hal ini menjadi menarik bagi investor maupun calon investor untuk memilih Bitcoin sebagai instrumen investasinya.

Faktor Yang Menjadikan Harga Bitcoin Naik

Ada beberapa faktor yang menjadikan harga Bitcoin bisa naik secara signifikan di tahun 2020, antara lain:

  1. Ketidakpastian Perekonomian Karena Pandemi Covid-19
    Pada tahun 2020 ini, dunia menghadapi pandemi Covid-19 yang tidak hanya berpengaruh pada kondisi kesehatan dan lingkungan namun juga pada perekonomian. Kita bisa melihat bahwa sebagian besar negara masuk ke dalam jurang resesi ekonomi yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang negatif selama dua kuartal berturut-turut. Indonesia saat ini juga termasuk dalam negara masuk ke dalam negara yang mengalami resesi ekonomi. Efek dari pertumbuhan ekonomi yang negatif adalah timbulnya ketidakpastian tentang masa depan. Oleh sebab itu, banyak investor yang mengalihkan investasinya kepada produk investasi jangka panjang atau yang dikenal dengan safe heaven antara lain emas dan juga Bitcoin.

  2. Pemilihan Presiden Amerika Serikat
    Amerika Serikat yang hingga saat ini masih menjadi negara adi daya mempunyai pengaruh yang cukup luar biasa terhadap aktifitas negara di seluruh dunia. Berbagai kebijakan termasuk kebijakan politik juga mempengaruhi kebijakan negara lain. Pada tahun 2020, Amerika Serikat mengadakan pemilihan presiden. Suasana pemilihan presiden yang riuh karena kedua kandidat presiden menunjukkan kekuatan dukungan yang hampir sama. Seperti kejadian pada pemilihan presiden Amerika Serikat sebelumnya, banyak investor yang melakukan pengalihan investasi kepada produk investasi safe heaven. Itulah sebabnya harga emas dan Bitcoin naik secara signifikan di setiap pemilihan presiden Amerika Serikat.
  3. Pamor Blockchain Yang Semakin Naik
    Bitcoin berdiri diatas teknologi yang bernama blockchain. Bisa dikatakan, Bitcoin adalah blockchain pertama yang populer diperkenalkan sebagai cryptocurrency. Saat ini, blockchain telah masuk dalam fase adaptif, dimana implementasi blockchain sudah mulai dilakukan secara masif. Jika pada dahulu masih banyak orang yang belum mengetahui tentang blockchain, namun sekarang sudah banyak yang mulai paham tentang blockchain. di tahun 2017,

    saya pernah memperkenalkan implementasi blockchain untuk logistik di mahasiswa Teknik Industri ITS. Pada saat itu sangat susah menjelaskannya, karena konsep blockchain sendiri masih belum dipahami. Namun sekarang, kita bisa dengan mudah menjelaskannya. Semakin naiknya pamor blockchain sebagai teknologi masa depan, membuat harga Bitcoin yang berdiri di atas teknologi blockchain juga naik.
Baca Juga   Memilih Investasi Deposito Ala digibank Deposito

Apakah Bitcoin Tetap Menjadi Pilihan Investasi di Tahun 2021?

Dari evaluasi investasi bitcoin 2020, apakah Bitcoin bisa tetap menjadi pilihan investasi di tahun 2021? Menurut saya pasti. Namun tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih investasi Bitcoin di tahun 2021.

  1. Pastikan Anda memahami tentang investasi Bitcoin
    Sama seperti investasi lainnya, hampir tidak ada yang bisa meyakinkan bahwa investasi tersebut tidak ada risiko. Risiko utama yang harus diperhatikan adalah turunnya harga Bitcoin. Meski harga Bitcoin saat ini sedang naik, namun ada kalanya harga Bitcoin bisa turun jauh. Risiko inilah yang harus dipahami bagi seorang investor Bitcoin.
  2. Bitcoin Bukan Judi
    Banyak yang beranggapan Bitcoin sebagai judi. Namun sebenarnya Bitcoin sama seperti investasi lainnya, seperti saham, emas, tanah bahkan rumah. Misalnya saja saya mencontohkan investasi rumah. Tentu anda pernah mendengar tentang kejadian lumpur Lapindo. Kebetulan kawan saya mempunyai rumah di sebuah perumahan yang terdampak oleh lumpur Lapindo. Apakah pemilik rumah tersebut tahu jika terjadi luapan lumpur? Tentu saja tidak. Hal seperti ini yang perlu diantisipasi oleh investor Bitcoin
  3. Jangan Serakah
    Seperti investasi lainnya, investor hendaklah bijak ketika akan berinvestasi. Kenaikan harga ataupun grafik pada masa lalu tentu tidak bisa menunjukkan apa yang akan terjadi di masa depan. Namun investor diberi kesempatan untuk belajar dan memahami apakah investasi yang dilakukan sudah tepat. Selain itu juga dipastikan jangka waktu investasi yang akan dilakukan. Banyak investor yang mengalami kerugian hanya karena mengikuti tren harga yang terus naik dan tiba-tiba turun jauh.
1290 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Investasi

Yuk Kenalan Dengan Deposito Online Jika Kamu Punya Planning Lanjut S2

2 Mins read
Sudah bagus jika kamu punya rencana untuk lanjut studi ke S2 sambil bekerja, untuk kamu yang terhalang biaya sebaiknya kenalan dulu dengan…
InvestasiReview Jasa

Panduan Untuk Berinvestasi di Saham Startup Indonesia

4 Mins read
Iklim investasi di Indonesia yang semakin hari semakin membaik. Hal ini membuat banyak perusahaan memberanikan diri untuk berdiri dan masuk ke pasar…
InvestasiReview Produk

Memilih Investasi Deposito Ala digibank Deposito

2 Mins read
Sudah pernah melakukan investasi deposito? Bagi yang sudah pernah pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah itu. Namun untuk kamu yang baru…

26 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.