NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

4 cara menghilangkan plak pada gigi Yang Membandel

2 Mins read
4 cara menghilangkan plak pada gigi
4 cara menghilangkan plak pada gigi

Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih dan bersih? Semua ingin memiliki gigi putih dan bersih. Namun bagaimana jika ada plak di gigi kamu? Tentunya akan sangat mengganggu baik dari sisi kesehatan dan penampilan. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai 4 cara menghilangkan plak pada gigi yang membandel. Semoga bermanfaat.

Penyebab Timbulnya Plak di Gigi

Hampir setiap orang akan cenderung untuk mendapati adanya plak di giginya. Plak merupakan lapisan yang dibuat oleh bakteri yang ada di mulut dan menumpuk di permukaan gigi. Bakteri yang ada di mulut akan semakin berkembang biak pada karbohidrat terutama pada gula. Mungkin kamu pernah merasakan bahwa lapisan plak semakin banyak ketika kamu mengkonsumsi makanan seperti coklat, gula, dan jenis makanan manis lainnya. Selain itu, didapati juga bahwa wanita dalam keadaan hamil akan mempunyai kemungkinan lebih tinggi timbulnya plak di gigi.

Mengetahui Adanya Plak di Gigi

Plak sebenarnya adalah zat lunak dan lengket yang berada di gigi. Plak ini merupakan penyebab utama kerusakan gigi dan penyakit gusi. Terkadang plak ini sulit untuk dilihat mata karena sewarna dengan warna gigi. Oleh sebab itu kita perlu melakukan beberapa tes untuk mengetahui adanya plak.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi plak yang ada di gigi, antara lain:

  1. Menggunakan tablet khusus yang berwana dan akan menunjukkan plak. Penggunaannya bisa dilakukan dengan cara mengunyah tablet ini. Biasanya gigi yang memiliki area plak akan bernoda sesuai warna dari tablet tersebut.
  2. Cara kedua adalah dengan menggunakan lampu plak dan area plak akan ditunjukkan dengan memberikan larutan fluorese khusus di area mulut. Setelah larutan diberikan, maka pada area yang terdapat plak akan terlihat berwarna.
  3. Selain dengan dengan kedua cara tersebut, kamu bisa mengunjungi dokter gigi untuk mendeteksi plak dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada gigi kamu.
Baca Juga   Manfaat Vitamin D3 Bagi Tubuh

Dampak Yang Ditimbulkan Dari Plak Gigi

Jika kita membiarkan plak yang ada di gigi dapat menimbulkan masalah pada gigi. Bakteri yang ada akan menghasilkan asam tertentu akan menyebabkan enamel gigi tergerus dan semakin memperbanyak plak di gigi. Beberapa masalah yang dapat terjadi karena plak gigi antara lain:

  • Kerusakan gigi
  • Penyakit gusi
  • Gigi kuning
  • Bau mulut

4 Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Karena plak pada gigi dapat menyebabkan masalah pada kesehatan gigi, maka diperlukan perawatan untuk menghilangkan plak gigi. Berikut ini adalah 4 cara menghilangkan plak pada gigi:

  1. Menggunakan Alat Penghilang Plak
    Saat ini di pasaran telah ada alat penghilang plak. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai online shop. Namun kamu perlu berhati-hati menggunakan alat penghilang plak karena alat ini dapat merusak gigi atau gusi yang ada di sekitar gigi yang ada plak.

  2. Menggunakan Pasta Gigi Untuk Menghilangkan Plak
    Dengan menggunakan pasta gigi penghilang plak, kamu tinggal menggunakan pasta gigi ini pada saat menyikat dan membersihkan gigi setiap hari. Beberapa bahan yang ada dalam pasta gigi untuk menghilangkan plak antara lain sodium pyrophosphate, baking soda, tricolosan, dan zinc.

  3. Menghapus Plak Pada Gigi Dengan Tablet Pembersih
    Cara lain untuk menghapus plak pada gigi adalah dengan menggunakan tablet pembersih. Cara ini dapat kamu gunakan ketika kamu menggunakan gigi palsu. Cara penggunaannya adalah dengan merendam gigi palsu dengan air yang telah diberikan tablet pembersih. Selanjutnya kamu bisa menyikat gigi tersebut setelah direndam, Tablet pembersih ini akan membantu menghilangkan bakteri sekaligus menjaga gigi palsu tetap halus dan bersih.

  4. Meminta Bantuan Klinik Perawatan Gigi
    Terkadang ada plak gigi yang mengeras atau yang dikenal dengan karang gigi. Untuk plak yang sudah menjadi karang gigi ini harus dihilangkan dengan bantuan spesialis gigi profesional. Nantinya akan digunakan alat pembersih khusus untuk melepaskan lapisan plak yang mengeras dan menempel di gigi kamu.
Baca Juga   Cara Menangani Ruam Popok

Demikian informasi mengenai 4 cara menghilangkan plak pada gigi yang membandel, semoga tips ini bisa berguna. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

Manfaat Vitamin D3 Bagi Tubuh

2 Mins read
Sebagai bagian dari komitmen hidup sehat, melakukan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan yang menyehatkan, berolahraga secara teratur, dan beristirahat yang…
kesehatan

Cara Tradisional Menurunkan Kadar Kolesterol pada Tubuh

3 Mins read
Kolesterol tinggi di dalam tubuh adalah sebuah kondisi bertambahnya kadar kolesterol di dalam darah yang melewati ambang batas kadar kolesterol padakeadaan normal….
kesehatan

8 Manfaat Baik Bawang Putih Untuk Kesehatanย 

2 Mins read
Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tetapi tahukah kamu ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat. Sebagian orang mungkin menganggap kalau…

31 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.