NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Lifestyle

5 Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19

3 Mins read
Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19
Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Pada masa pandemi Covid 19 saat ini, pergerakan manusia menjadi terbatas karena disebabkan adanya aturan dan himbauan dari pemerintah agar melakukan physical distancing dan social distancing di tempat-tempat yang bisa menimbulkan keramaian, seperti tempat berbelanja misalnya. Pada saat dahulu kamu bisa dengan bebas untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan untuk berbelanja, namun pada saat ini sudah tidak bisa dilakukan lagi dengan bebas. Bahkan di beberapa kota ada yang telah menutup tempat pusat perbelanjaan mereka. Di saat seperti ini, maka berbelanja secara online adalah pilihan yang tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan barang konsumsi yang diinginkan. Berbelanja online memang memberikan kemudahan, tetapi kamu juga harus tahu, bagaimana mendapatkan barang dengan harga yang murah pada saat berbelanja online. Pada tulisan kali ini, saya mau membagikan tips belanja online murah di saat Covid 19, simak ulasannya ya.

Ini Tips Belanja Online Murahnya

Berbelanja secara online, memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Kamu tinggal membuka situs belanja online, kemudian cari barang yang kamu inginkan, lalu pilih dan bayar. Selanjutnya, barang akan segera dikirimkan ke tempat kamu.

Namun ada 5 tips agar kamu bisa berbelanja online dengan mudah tetapi juga bisa lebih hemat dengan membayar barang lebih murah. Berikut tipsnya:

1. Bandingkan Penjual

Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19
Gambar oleh John Gibson dari Pixabay

Ketika berbelanja online, yang pertama kali kamu lakukan adalah mencari barang yang kamu inginkan. Setelah kamu memilih barang yang kamu inginkan, selanjutnya kamu bisa membandingkan penjual yang menjual barang yang sama dengan melihat reputasi dari penjual tersebut. Selain harga sebagai pembandingnya, kamu juga harus pastikan bahwa kualitas barang yang dijual tersebut benar-benar sesuai dengan yang kamu inginkan. Sebagai pertimbangan, kamu bisa melakukan pengecekan dari review yang diberikan dari pembeli. Pertimbangan lainnya adalah dengan melihat jumlah transaksi yang berhasil dilakukan. Untuk lebih memastikan ketersediaan barang, kamu bisa bertanya kepada penjual melalui layanan chat yang tersedia.

Baca Juga   Barang Sepele Namun Wajib Kamu Bawa Saat Travelling

2. Perhatikan Berat Barang

Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19
Gambar oleh 272447 dari Pixabay

Perhatikan berat barang yang dijual. Ada kalanya seorang penjual memasukkan berat barang lebih dari yang sebenarnya. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan keuntungan dari ongkos kirim. Meski demikian, untuk kasus-kasus seperti ini pihak marketplace biasanya senantiasa melakukan pengecekan. Namun kamu harus tetap menjadikannya sebagai salah satu pertimbangan, agar barang yang kamu beli menjadi tidak terlalu mahal.

3. Lihat Lokasi Penjual

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Lokasi penjual akan berpengaruh terhadap ongkos kirim yang harus kamu bayarkan. Jadi, selain harga barang, kamu juga harus melihat lokasi penjual serta berapa ongkos kirim yang harus kamu keluarkan. Kamu bisa tambahkan antara harga barang dan ongkos kirim yang harus dibayar. Ada kalanya kita mendapatkan harga barang yang lebih mahal, tetapi jika ditambahkan dengan ongkos kirim, kamu bisa jadi membayarnya lebih murah karena lokasi penjual yang lebih dekat dengan tempat kamu.

4. Pilih Ongkos Kirim Yang Paling Murah

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Pada situs belanja online, sudah menyediakan berbagai kurir pengiriman yang bekerja sama dengan mereka. Salah satu syarat agar dapat bekerja sama dengan situs online tersebut adalah kualitas jasa pelayanan pengiriman barang yang bagus. Dengan demikian, kamu tidak perlu kuatir ketika memilih kurir yang kamu inginkan. Pilih saja yang termurah, karena pastinya kualitas pengirimannya sama. Kemudian hindari sebisa mungkin membeli kebutuhan barang yang sangat mendesak, karena ongkos pengiriman yang membutuhkan waktu lebih cepat, cenderung lebih mahal. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan program bebas biaya kirim yang sering dibuat oleh situs belanja online.

5. Mencari Tambahan Diskon

Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19
Tampilan shopback.com

Selain membandingkan harga barang di penjual dan memperhatikan perhitungan biaya ongkos kirim, kamu juga bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah karena bisa mendapatkan diskon tertentu. Seperti yang diberikan oleh Shopback di halaman shopee ini. Berbagai diskon yang tersedia, bisa kamu manfaatkan. Kamu tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan barang yang kamu inginkan.

Baca Juga   Menampilkan Page View Dari Google Analytics di wordpress

Berbagai kemudahan yang diberikan oleh situs belanja online memang sangat membantu buat kamu. Apalagi pada masa pandemi Covid 19 ini, maka berbelanja secara online menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa tetap beraktifitas di rumah dan barang-barang kebutuhan kamu bisa terpenuhi. Jika kamu ingin mendapatkan barang yang lebih murah, coba tips belanja online murah di saat Covid 19 yang telah saya bagikan tadi, yaitu bandingkan penjual, perhatikan berat barang, lihat lokasi penjual, pilih ongkos kirim yang murah, dan cari tambahan diskon. Semoga bisa bermanfaat dan tetap selalu sehat.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Nuansa Berbeda Dengan Lebaran Mandiri Bareng Ayooklik

2 Mins read
Masa pandemi Covid-19 saat ini tidak terasa telah mencapai ke bulan ramadhan juga. Setelah berbagai aktifitas sosial seperti sekolah yang diliburkan untuk…
kesehatan

7 Cara Sederhana Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

3 Mins read
Banyak orang yang merasa terganggu dengan warna gigi yang tidak putih. Salah satu alasannya adalah gigi yang tidak terlihat putih akan mengganggu…
Lifestyle

Perubahan Tren Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19

2 Mins read
Di masa pandemi Covid-19, banyak landscape kehidupan yang berubah, termasuk di dalamnya adalah perubahan tren belanja online di masa pandemi Covid-19. Uraian…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.