NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Lifestyle

Perubahan Tren Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19

2 Mins read
Perubahan Tren Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19
Perubahan Tren Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19
Gambar oleh Hannes Edinger dari Pixabay

Di masa pandemi Covid-19, banyak landscape kehidupan yang berubah, termasuk di dalamnya adalah perubahan tren belanja online di masa pandemi Covid-19. Uraian tulisan ini akan mengulas mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap tren belanja online 2020.

Tren Belanja Online yang Berubah

Masa lalu tidaklah selalu bisa dijadikan sebagai acuan untuk apa yang akan terjadi di masa mendatang

by unknown

Ungkapan ini juga terjadi pada tren belanja online. Pada tahun 2019, Iprice merilis laporan risetnya. Pada laporan tersebut diungkapkan jika pada tahun 2019 ada 4 kategori yang menjadi katergori terlaris diberbagai situs belanja online. Kategori tersebut antara lain: Elektronik, fashion, health and beauty dan home living.

Perubahan Tren Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19
grafik Iprice

Secara sekilas, kita bisa mengamini bahwa sudah selayaknya keempat kategori tersebut memang pantas untuk menjadi kategori produk terlaris. Bahkan tidak hanya di tahun 2019 saja, tetapi juga untuk beberapa tahun sebelumnya. Sehingga pada tahun 2019, dengan tren produk yang tetap, tetapi ada peningkatan volume transaksi. Peningkatan ini disebabkan oleh adanya dukungan terhadap infrastruktur internet yang semakin baik, kemudahan pembayaran hingga dukungan logistik. Tren produk terlaris ini bisa dikatakan tidak mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Namun pada masa pandemi Covid-19 ini, rupanya landscape untuk kategori produk terlaris tersebut mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dari riset yang juga dilakukan oleh Iprice, dengan melakukan pendataan terhadap impresi di Google Analytics selama bulan februari 2020 hingga maret 2020, didapatkan bahwa telah terjadi perubahan kategori produk terlaris pada situs belanja online. Iprice mencatat ada 4 kategori yang tren-nya naik cukup signifikan, yaitu:

  1. Produk Kesehatan
    Dengan semakin meluasnya pandemi Covid-19 ini, maka kecenderungan orang untuk menjaga kesehatan juga semakin meningkat. Masyarakat membutuhkan berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan imun mereka. Selain itu, produk-produk pencegah penularan dan penyebaran virus seperti masker dan pembersih tangan, juga naik secara signifikan.

  2. Produk yang Mendukung Aktifitas Dari Rumah
    Kategori produk lainnya yang naik secara signifikan adalah produk-produk yang mendukung aktifitas dari rumah. Pada saat ini, berbagai aktifitas banyak yang dipindahkan ke rumah, misalnya bekerja dan bersekolah. Salah satu aktifitas yang saat ini sering dilakkan adalah mengadakan meeting secara online. Aktifitas ini menjadi sarana untuk berkomunikasi bagi seseorang yang bekerja di rumah, dan juga dipergunakan oleh guru dan murid dalam aktifitas belajar dan mengajar. Salah satu contoh produk yang penjualannya meningkat adalah webcam.

  3. Produk yang berkaitan dengan hobi
    Pada saat ini juga terjadi peningkatan pembelian terhadap produk-produk yang berkaitan dengan hobi. Misalnya sepeda dan pembelian perangkat game.

  4. Produk Makanan dan Minuman
    Transaksi produk makanan dan minuman yang dijual secara online sesuai prediksinya mengalami peningkatan, terutama pada produk makanan instan lokal.
Baca Juga   5 Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19

Peluang Di Tengah Ketidakpastian

Meski hingga saat ini masih belum ada kejelasan yang pasti mengenai kapan pandemi Covid-19 akan berakhir, namun kita harus bisa melaluinya dengan tetap berpikir positif. Salah satunya adalah mencari peluang usaha di tengah pandemi Covid-19. Misalnya dengan ikut menjual produk-produk terlaris pada saat ini, terutama pada penjualan secara online. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk rekan-rekan yang saat ini dirumahkan ataupun terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena adanya efisiensi di tempatnya bekerja. Dengan mengetahui perubahan tren belanja online di masa pandemi Covid-19 ini, maka akan memudahkan untuk memetakan produk-produk yang bisa cepat laku terjual.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Nuansa Berbeda Dengan Lebaran Mandiri Bareng Ayooklik

2 Mins read
Masa pandemi Covid-19 saat ini tidak terasa telah mencapai ke bulan ramadhan juga. Setelah berbagai aktifitas sosial seperti sekolah yang diliburkan untuk…
Lifestyle

5 Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19

3 Mins read
Pada masa pandemi Covid 19 saat ini, pergerakan manusia menjadi terbatas karena disebabkan adanya aturan dan himbauan dari pemerintah agar melakukan physical…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.