NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Bisnis

6 Jenis Pembayaran Online untuk Mendukung Bisnis Anda

3 Mins read
pembayaran online

Pembayaran online semakin banyak peminatnya. Apalagi sekarang semakin banyak penyedia jasa dan barang yang lebih memilih untuk menerima pembayaran secara online. Jika dulu sistem pembayaran ini menjadi pilihan banyak konsumen toko online, sekarang pun banyak yang melakukan pembayaran secara online ketika berbelanja di toko offline.

Kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan pembayaran menjadi alasan kenapa semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membayar secara online. Ini tentu saja mengurangi penggunaan uang secara cash.

Sistem cashless ini bisa menjadikan pekerjaan penjual atau pebisnis semakin efisien. Dengan demikian mempunyai banyak waktu untuk mengembangkan usahanya. 

6 Jenis Pembayaran Online

Dengan semakin banyaknya peminat yang menggunakan pembayaran secara online menjadikan jumlah perusahaan keuangan yang menyelenggarakannya pun bertambah. Untuk cara bertransaksi tidak hanya melalui transfer dari ATM, tetapi semakin banyak yang bisa menjadi pilihan. Untuk pilihan jenis pembayaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Selain efisien, pembayaran dengan cara cashless juga lebih aman. Anda tidak perlu mengambil uang kemudian membawanya ke tempat transaksi. Cukup dengan menggunakan kartu atau smartphone semua pembayaran bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Beberapa pilihan jenis pembayaran secara online adalah: 

  1. Kartu Kredit
    Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sudah cukup lama digunakan oleh sebagian orang. Jenis pembayaran ini tidak menggunakan uang cash, melainkan memakai kartu. Di dalam kartu tersebut terdapat chip yang bisa menyimpan berbagai informasi mengenai transaksi yang dilakukan. 

    Ketika menggunakan kartu kredit, pengguna membayar namun ditalangi oleh pihak penerbit. Dengan kata lain pengguna berutang sejumlah pembayaran dan harus melunasinya ketika jatuh tempo. Karena dirasa praktis dan tidak harus membawa uang ketika berbelanja atau membayar berbagai tagihan, sampai sekarang banyak yang menggunakan kartu kredit. 
  1. Paylater
    Berkembangnya marketplace dan Perusahaan keuangan mendorong munculnya sistem pembayaran dengan menggunakan paylater. Seperti namanya, paylater berarti berbelanja sekarang dan membayarnya nanti. Pada prinsipnya paylater hampir sama dengan penggunaan kartu kredit, namun tanpa kartu. Sedangkan penerbitnya bisa berupa toko online yang bekerja sama dengan Perusahaan keuangan. 

    Dengan payalater pengguna bisa mengubah sistem pembayaran dari cash menjadi kredit sesuai dengan fitur yang ada di penyedia jasa. Selain untuk pembayaran online, beberapa penyelenggara juga menyediakan fasilitas pinjaman uang cash
  1. E-Wallet
    Seperti namanya, E-wallet adalah dompet digital dimana Anda bisa menyimpan sejumlah uang dan menggunakannya untuk berbelanja. Saat ini semakin banyak toko atau merchant yang menerima pembayaran dengan E-wallet sehingga memudahkan penggunanya. 

    Selain itu, karena transaksi menggunakan sistem, setiap pengeluaran dan pemasukan langsung tercatat. Hal ini memudahkan pengguna yang ingin mengontrol pengeluaran karena semua data tersimpan dengan aman. 
  1. Virtual Account
    Hampir seperti nomor rekening, namun virtual account bersifat pribadinya, artinya hanya bisa digunakan oleh orang yang melakukan transaksi saja. Sedangkan jika ada orang lain yang akan melakukan pembayaran, maka pihak penerima harus membuatkan nomor virtual yang baru.

    Meski terkesan ribet karena harus membuat nomor untuk masing-masing pelanggan, namun sebenarnya proses membuatnya sangat simpel. Penggunaan virtual account justru memudahkan pebisnis karena bisa langsung tahu siapa yang melakukan pembayaran tanpa harus mengecek mutasi saldo. 
  1. Direct Debit
    Bagi yang senang berbelanja atau harus melakukan pembayaran secara berulang, sistem direct dari kartu debit ini bisa menjadi pilihan terbaik. Anda tidak perlu khawatir menerima tagihan yang membengkak karena ketika melakukan pembayaran dengan direct debit, dana yang tertarik berasal dari rekening sendiri. 

    Justru cara ini bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan karena hanya akan berbelanja atau mengeluarkan uang sejumlah yang ada dalam saldo rekening saja. Jika membutuhkan produk barang atau jasa kembali dan ingin melakukan pembayaran, maka harus mengirim saldo rekening tersebut lebih dulu.
  1. QRIS
    QRIS merupakan jenis pembayaran non tunai yang banyak digunakan oleh penyedia layanan pembayaran cashless seperti E-Wallet Ovo, Dana, GoPay, ShopeePay dan lainnya. Sistem pembayaran dengan QRIS sangat simpel. Pengguna cukup scan barcode dan sejumlah nominal pembayaran akan segera ditransfer. 
Baca Juga   Toyota Way Versus Tesla Way

Salah satu penyedia layanan pembayaran online dan sudah digunakan oleh banyak pebisnis adalah Fazz Business. Perusahaan ini merupakan perusahaan keuangan yang menjalankan jasa pelayanan di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara. 

Fazz Business ini siap membantu dalam proses pembayaran dengan berbagai pilihan seperti QR code, e-wallet, virtual account, maupun transfer bank. Anda akan banyak menerima keuntungan jika menggunakan Fazz karena Perusahaan ini melakukan sistem pembayaran yang otomatis dan terintegrasi.

Selain itu, Fazz dapat melakukan proses transfer hingga ke 10 rekening hanya dengan 1 kali klik saja. Anda pun bisa dengan mudah mengelola pembayaran yang masuk hanya dengan menggunakan satu dashboard saja. Untuk memilih layanan pembayaran online tidak perlu bingung, percayakan pada Fazz Business!

1468 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Strategi Efektif untuk Mengevaluasi Bisnis Setiap Bulan

1 Mins read
Mengelola bisnis membutuhkan pemantauan yang teratur dan evaluasi yang cermat untuk memastikan kinerja yang optimal. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah…
Bisnis

Strategi Marketing dengan Armada Operasional

3 Mins read
Strategi marketing dengan armada operasional menjadi kunci sukses bagi perusahaan yang memiliki banyak armada. Dengan memanfaatkan armada operasional sebagai media promosi, perusahaan…
Bisnis

Tips Membangun Bisnis Franchise

2 Mins read
Franchise adalah salah satu model bisnis yang populer dan telah terbukti sukses di seluruh dunia. Bisnis franchise memberikan kesempatan kepada individu atau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.