NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Tulisan Lepas

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto

3 Mins read
Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto

Pada tanggal 22 Februari 2020 Expert Club Indonesia chapter Surabaya membuat acara Expert Talks yang keren untuk membuka kegiatan di awal tahun 2020. Bertajuk How To Power Up your Marketing Strategy, kami belajar marketing dari pak Glenn Karela Purwanto, selaku Area Marketing Manager East Java dan Eastern Indonesia Reddoorz.

Pertama, sekali lagi saya mau memperkenalkan tentang Expert Club Indonesia (ECI) sebuah komunitas dengan anggota para profesional di bidangnya. Segala hal tentang ECI dapat dibuka di situs ini. Saya sudah mengikuti beberapa aktifitas ECI, khususnya yang diselenggarakan oleh ECI Surabaya. Mulai dari buka puasa bersama ECI Surabaya yang sekaligus menjadi acara yang pertama saya ikuti, lalu ada event kebersamaan ECI Chapter Surabaya yang diadakan di kebun Raya Purwodadi dan bermain board games. Sebetulnya cukup banyak acara lainnya, sayang saya tidak bisa menghadiri semuanya.

Nah untuk acara kali ini, saya paksakan untuk menghadirinya. Sedikit memaksa karena acaranya diadakan di hari sabtu, di mana saya masih masuk kerja. Lokasi acara diadakan di Pakuwon Center, Reddoorz Office pada pukul 08.30. Waww, quite morning, hehehe.

Untuk acara ini setiap peserta diminta iuran sebesar 100,000 sebagai pengganti konsumsi. Dan masa pendaftarannya pun cukup lama. Yang saya ingat, saya mendaftar di awal februari. Dan rasanya menunggu waktu yang cukup lama untuk menuju ke hari H.

Hari H

Akhirnya hari H pun tiba, total yang terdaftar di daftar yang ada di grup Whatsapp berjumlah 27 orang. Saya berangkat pagi, setelah finger absen di kantor. Sampai Tunjungan Plaza masih jam 08.15. Nah kendala berikutnya adalah mencari tempat parkir. Gedung Pakuwon Center terletak satu komplek dengan Tunjungan Plaza. Saya nekat saja jalan lewat depan Pakuwon Center, dan bertemu sekuriti di sana dan diarahkan untuk parkir ke TP 4. Masuk ke TP 4, saya pede aja parkir di lantai 2. Begitu mau masuk mall, eh ternyata pintunya masih dikunci. Beruntung ada petugas sekuriti di dekat pintu. Setelah saya bertanya bagaimana cara untuk menuju ke Pakuwon Center, saya diarahkan untuk menuju ke lantai 5. Ternyata lantai 5 adalah salah satu akses untuk masuk ke TP jika mall ini belum buka. Dan benar pintunya terbuka. Saya pun menyusuri TP menuju ke lantai bawah untuk selanjutnya berpindah ke gedung Pakuwon Center.

Baca Juga   Manfaatkan Instagram Sebagai Solusi Marketing Online

Sampai di gedung Pakuwon Center, setelah menukar KTP dengan Access Card, sayapun naik ke lantai 15. Sampai di kantor Reddoorz, ternyata masih sepi dan hanya ada satu karyawan RedDoorz. Sembari menunggu, saya ngobrol saja. Ternyata operasional kantor ini baru berjalan 3 bulan. Hmmm cukup baru. Pantes kursinya masih bau plastik semua, hahaha. Overall dari pengamatan sekilas kantornya cukup cozy. Tapi kata mas yang saya temui itu, pegawainya justru jarang di kantor karena tugas di luar. Oh okelah.

Akhirnya satu persatu peserta berdatangan. Acarapun dimulai sekitar pukul 09.30. Salah satu penyebabnya adalah kesulitan untuk mencari tempat parkir dan menuju ke gedung Pakuwon Center.

Acara Dimulai

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto
pak Glenn in Action

Dibuka oleh cak Suryo wahono, acarapun dimulai dengan perkenalan satu persatu peserta. Mostly ini kayaknya orang logistik yang datang, hehehe. Selanjutnya pak Glenn memulai materinya.

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto
Peserta

Beliau menyampaikan pengalamannya dalam membangun marketing di Reddoorz, terutama dengan menggunakan komunitas sebagai cara untuk membangun brand, terutama untuk daerah Jawa Timur dan sekitarnya yang merupakan area baru yang dimasuki oleh RedDoorz. Pendekatan komunitas yang dilakukan adalah untuk membentuk brand awareness. Selanjutnya komunitas tersebut juga disegmentasi.

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto
Consumer disposition Funnel

Beliau juga menjelaskan mengenai Consumer Disposition Funnel sebagai bagian dari brand strategy. Wah cukup banyak metode marketing yang saya baru dengar. Cukup banyak catatan yang saya buat pada saat acara ini dan menjadi insight bagi saya. Saya yakin ini bisa berguna untuk saya terapkan di tempat kerja saya.

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto
Snack Time

Acara selanjutnya di break untuk snack. Di saat itu kami melakukan networking, ya istilahnya ngobrol-ngobrol aja deh, hahaha. Kalau networking kesannya gimana gitu. Soalnya kalau networking kan protokolnya harus sama dulu, eh itu kan computer network.

Baca Juga   Manfaatkan Instagram Sebagai Solusi Marketing Online

Wah Dapat Doorprice

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto
Wah dapat doorprice

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Nah beruntung saya mendapat doorprice dari Reddoorz. Lumayan dapat satu bag yang berisi kaos, notebook dan pulpen. Beberapa peserta juga mendapatkan doorprice yang berbeda-beda. Ada yang dari RedDoorz sampai buku Supply Chain Management untuk UMKM karya cak Suryo Wahono.

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto
Foto dengan cak Suryo Wahono

Setelah acara tanya jawab, dilanjutkan dengan lunch bareng. Saya sekalian minta tanda tangan ke cak Suryo untuk buku Supply Chain Management untuk UMKM.

Anyway, belajar marketing dari Pak Glenn Karela Purwanto ini keren dan mendapatkan insight yang banyak dari situ. Sekaligus kita juga bisa bernetworking dan saling mengenal dengan profesional lainnya. Ditunggu acara ECI Surabaya selanjutnya ya.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Manfaatkan Instagram Sebagai Solusi Marketing Online

2 Mins read
Saat ini, hampir segala proses bisnis dilakukan dengan berorientasi secara online. Demikian juga jika kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam bidang jual-beli…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.