NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Digital MarketingMarketing

4 Manfaat Marketing Online untuk Bisnis Start-Up

2 Mins read

Saat ini, menggunakan strategi pemasaran online adalah cara yang paling efektif untuk memasarkan suatu merek. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan strategi ini, terutama untuk bisnis start-up. Dalam artikel ini kita akan membahas 4 manfaat marketing online untuk bisnis start-up.

Manfaat Marketing Online

Mari kita bahas manfaat marketing online untuk bisnis start-up lebih detail:

1. Hemat Biaya

Mengurangi pengeluaran biaya menjadi prioritas utama dari setiap bisnis start-up. Marketing online saat ini menawarkan berbagai platform dengan biaya yang terjangkau yang dapat membantu Kamu untuk mendapatkan hasil terbaik dalam waktu yang singkat. Kamu dapat menggunakan berbagai media sosial yang anda saat ini seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Tiktok. Berbagai media sosial ini akan memberikan Kamu banyak fleksibilitas untuk mempromosikan bisnis start-up milikmu.

Ada satu penelitian dari HubSpot yang menunjukkan bahwa penggunaan strategi marketing online memerlukan biaya yang lebih rendah hingga 61% jika dibandingkan dengan strategi marketing tradisional. Hal ini membuktikan bahwa marketing online sangat bermanfaat bagi semua bisnis, termasuk bisnis start-up.

2. Menciptakan Brand Awareness Melalui Marketing Online

Tersedianya informasi secara online akan memudahkan pelanggan untuk selalu mendapatkan informasi sebelum membuat keputusan akhir untuk membeli. Ini adalah suatu fakta yang menunjukkan jika bisnis start-up kamu tidak mempunyai informasi secara online ataupun tidak memperbarui informasi secara online, maka kemungkinan besar bisnis kamu akan kehilangan banyak peluang.

Baca Juga   Apakah Manfaat Backlink Untuk Sebuah Website?

Beberapa cara terbaik untuk menciptakan brand awareness terhadap bisnis start-up Kamu adalah dengan mempromosikannya melalui:

  • Media Sosial
  • Berbagai posting di blog
  • Email
  • SEO dan SEM.

3. Akses Global Dengan Strategi Marketing Online

Beberapa bisnis start-up memerlukan strategi untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis di luar batas geografis tertertentu. Dengan marketing online, Kamu dapat mempromosikan bisnismu di seluruh dunia. Pelanggan kamu akan dimudahkan unutk dapat berkonsultasi kapan saja tanpa batasan waktu dari bagian manapun di seluruh dunia.

Kamu dapat memperluas portfolio bisnimu melalui marketing online dengan memberikan informasi dan edukasi kepada prospekmu melalui berbagai channel seperti media sosial dan blog. Kamu juga bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan kamu dengan menyediakan media online untuk menampungnya. Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengirim email kepada pelanggan tentang layanan baru yang mungkin menarik bagi mereka. Oleh karena itu, marketing online adalah cara yang efektif untuk dapat berkomunikasi dengan seluruh dunia di sepanjang waktu.

4. Marketing Online Membantu Menargetkan Pada Audiens Tertentu

Fakta menunjukkan bahwa suatu produk atau layanan tidak dapat menarik perhatian semua orang. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih target pasar tertentu untuk bisnis start-up Kamu. Selain itu juga penting untuk dapat mengetahui mengapa mereka ingin membeli dari bisnis start-upmu.

Salah satu cara untuk dapat mengetahui target pasar yang tepat adalah dengan melakukan evaluasi bagaimana bisnismu dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu juga perlu untuk menyusun pesan marketing yang sesuai dengan target pasar Kamu.

Penting Untuk Melakukan Strategi Marketing Online

Keempat manfaat marketing online tersebut menunjukkan betapa pentingnya untuk melakukan strategi marketing online untuk bisnis start-up kamu. Selain implementasi strategi online, yang perlu diperhatikan bagi bisnis start-up adalah memastikan adanya pengatur keuangan, terutama pencatatan berbagai transaksi baik yang bersifat pendapatan maupun penghasilan. Dengan demikian bisnis start-up kamu dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga   Jangan Takut Gagap Dengan Digital Marketing
Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Review Jasa

Apakah Manfaat Backlink Untuk Sebuah Website?

3 Mins read
Manfaat Backlink Untuk Sebuah Website. Salah satu media online yang saat ini lazim digunakan adalah website. Saya kurang lebih mengenal website hingga…
Teknologi

Manfaatkan Instagram Sebagai Solusi Marketing Online

2 Mins read
Saat ini, hampir segala proses bisnis dilakukan dengan berorientasi secara online. Demikian juga jika kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam bidang jual-beli…
Teknologi

Jangan Takut Gagap Dengan Digital Marketing

2 Mins read
Buat kamu yang mempunyai usaha ataupun menjadi marketing di sebuah perusahaan, pastinya pada jaman sekarang ini sering mendengar istilah digital marketing. Paling…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.