NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Digital Marketing

Kegunaan Backlink Berkualitas Untuk Trafik Website

2 Mins read
kegunaan backlink

Salah satu cara agar website bisa mendapatkan pengunjung adalah dengan menggunakan metode SEO (Search Engine Optimization). Hingga saat ini, secara organik, pengunjung website bisa didapatkan dari mesin pencari Google. Ketika seseorang mencari dengan kata kunci tertentu, maka Google memberikan urutan halaman website yang bisa diakses berdasarkan algoritma yang sudah ditentukan oleh Google. Untuk bisa mendapatkan peringkat awal pada mesin pencari Google, salah satu caranya adalah dengan membangun backlink. Pada artikel ini akan dibahas tentang kegunaan backlink berkualitas untuk trafik pengunjung website.

Kegunaan Backlink Berkualitas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membangun backlink berkualitas merupakan salah satu metode SEO yang digunakan agar website dapat muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Analoginya sebetulnya cukup mudah. Sebuah backlink ibaratnya adalah sebuah referensi atau rekomendasi yang diberikan website lain kepada website milik kita. Sedangkan backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari website yang mempunyai kualitas yang baik.

Sebuah backlink akan bernilai ketika link yang menuju ke website milik kita di klik oleh pengunjung ataupun pada saat mesin pencari Google melakukan indexing terhadap website tersebut. Ada beberapa istilah dari backlink antara lain:

  1. Do Follow Link
    Pada Do Follow Link, maka sebuah link yang ditautkan pada website tersebut juga akan ikut diindeks oleh Google.

  2. No Follow Link
    Sedangkan pada No Follow Link digunakan pada link yang akan kita tautkan tapi kita tidak ingin agar link tersebut juga diindeks oleh Google. Salah satu penyebabnya misalnya website yang kita taruh linknya di website memiliki kualitas yang tidak baik dan jika ikut terindeks maka akan mempengaruhi SEO dari website yang kita kelola.
Baca Juga   Permudah Strategi Digital Marketing Dengan Jasa SEO Bulanan

Kriteria Backlink Berkualitas

Beberapa kriteria untuk sebuah website bisa menjadi backlink berkualitas antara lain:

  1. Memiliki Trafik Pengunjung Yang Ramai
    Salah satu kriteria sebuah website dapat menjadi backlink yang berkualitas adalah banyaknya pengunjung ke website tersebut. Kita bisa mendapatkan statistik jumlah pengunjung website melalui Google Analytics, Alexa Rank, atau Histats. Dengan banyaknya pengunjung, maka peluang pengunjung website tersebut untuk juga mengunjungi website milikmu juga akan semakin tinggi.

  2. Mempunyai Indikator Website Yang Baik
    Kriteria lainnya untuk menjadikan sebuah website menjadi bakclink berkualitas adalah website tersebut mempunyai indikator yang baik. Kita bisa memanfaatkan beberapa indikator yang sudah biasa digunakan untuk menilai sebuah website, misalnya Domain Authority (DA) dan Page Authority(PA) dari MOZ ataupun Domain Rating(DR) dari Ahref. Semakin tinggi nilai yang ditunjukkan dari indikator tersebut, maka semakin berkualitas pula backlink yang diberikan.

  3. Website Berada di Halaman Pertama Google
    Kriteria lainnya adalah dengan melihat berapa banyak website tersebut berada di halaman pertama. Semakin sering sebuah website berada di halaman pertama, maka peluang pengunjung datang akan lebih besar.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, kita bisa melakukan beberapa cara antara lain:

  1. Secara Organik
    Mendapatkan backlink berkualitas secara organik dapat kita lakukan dengan cara membuat konten yang berkualitas. Ketika konten artikel yang kita buat dijadikan referensi oleh website lain, secara otomatis kita mendapatkan backlink dari website tersebut.

  2. Meminta Kepada Pengelola Website
    Cara lainnya adalah dengan meminta kepada pengelola website untuk bekerja sama memasang link website milik kita. Tentu cara ini tidaklah mudah, karena perlu pendekatan secara personal dan memerlukan proses agar pemilik website yakin dengan website yang kita kelola.

  3. Memanfaatkan Jasa Backlink Berkualitas
    Namun ada cara lain agar bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, yaitu dengan memanfaatkan jasa backlink. Dengan memanfaatkan jasa backlink, sebenarnya kita bisa mendapatkan dengan mudah berbagai backlink yang berkualitas. Biasanya jasa backlink sudah memberikan informasi berdasarkan indikator website tersebut dan kita tinggal memilihnya sesuai dengan biaya yang ditawarkan jika ingin menggunakan backlink tersebut.
Baca Juga   4 Manfaat Marketing Online untuk Bisnis Start-Up

Bagaimana? Apakah kamu tertarik meningkatkan pengunjung websitemu dengan menambahkan backlink berkualitas di websitemu? Semoga artikel ini dapat berguna dan bisa diimplementasikan.

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Digital MarketingMarketing

4 Manfaat Marketing Online untuk Bisnis Start-Up

2 Mins read
Saat ini, menggunakan strategi pemasaran online adalah cara yang paling efektif untuk memasarkan suatu merek. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan…
Review Jasa

Apakah Manfaat Backlink Untuk Sebuah Website?

3 Mins read
Manfaat Backlink Untuk Sebuah Website. Salah satu media online yang saat ini lazim digunakan adalah website. Saya kurang lebih mengenal website hingga…
Teknologi

Jangan Takut Gagap Dengan Digital Marketing

2 Mins read
Buat kamu yang mempunyai usaha ataupun menjadi marketing di sebuah perusahaan, pastinya pada jaman sekarang ini sering mendengar istilah digital marketing. Paling…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.