NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Jangan Lupakan Studi Kelayakan Dari Sebuah Rencana Bisnis

2 Mins read
studi kelayakan

Saat ini semakin banyak orang yang ingin menjalankan bisnis. Berbagai peluang bisnis dijajaki. Namun sebelum menjalankan sebuah bisnis, sangat diperlukan untuk memiliki rencana bisnis yang matang. Setelah rencana bisnis dibuat, agar dapat diketahui apakah rencana tersebut dapat berjalan, maka diperlukan sebuah studi kelayakan sebelum bisnis tersebut benar-benar dijalankan.

Memulai Dengan Rencana Bisnis

Hal yang lazim dijalankan oleh seseorang sebelum menjalankan sebuah bisnis adalah membuat sebuah rencana bisnis. Beberapa faktor yang harus diperhatikan di dalam rencana bisnis antara lain:

  1. Produk Atau Jasa Yang Ditawarkan
    Bagian dari rencana bisnis yang pertama kali harus dipikirkan adalah nengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan. Apakah produk atau jasa tersebut diproduksi sendiri atau mengambil dari orang lain, termasuk juga kapasitas dalam penyediaannya.

  2. Modal Yang Diperlukan
    Langkah selanjutnya adalah menghitung modal yang diperlukan. Kemudian memastikan darimana modal didapat. Sumber permodalan bisa dari modal sendiri ataupun dari pihak lain.

  3. Operasional Bisnis
    Jika sudah menentukan produk atau jasa dan modal yang diperlukan, selanjutnya melakukan perencanaan tentang operasional bisnis. Ini kaitannya dengan jalannya bisnis tersebut, misalnya tentang jam operasional, pegawai dan sebagainya.

Jangan Lupakan Studi Kelayakan

Ketika akan menjalankan sebuah bisnis, tidak cukup hanya membuat sebuah rencana bisnis saja, tetapi juga diperlukan sebuah studi kelayakan. Pada studi ini yang dilakukan pada sebuah rencana bisnis akan terlihat apakah bisnis tersebut dapat dijalankan atau tidak.

Melakukan Studi Kelayakan

Ketika sebuah rencana bisnis sudah masuk dalam studi kelayakan, maka akan dilakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Analisa Potensi Pasar
    Pada tahap ini akan dianalisa potensi pasar dari bisnis tersebut. Ada beberapa hasil yang bisa dilihat mulai dari pasar yang potensial berkembang hingga pasar yang sudah ramai. Selain itu pada analisa ini juga akan dilihat mengenai kompetisi di dalam pasar tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar rencana bisnis tersebut memang tepat dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di pasar.

  2. Evaluasi Pada Berbagai Aspek
    Evaluasi terhadap berbagai aspek juga dilakukan. Mulai dari aspek hukum, aspek manajemen, aspek teknis, hingga aspek keuangan. Semakin banyak aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut yang dievaluasi, maka akan semakin banyak hal yang bisa dieksplorasi.

  3. Rencana Pelaksanaan
    Selanjutnya dilakukan pembuatan rencana dan persiapan pelaksanaan. Untuk itu dibutuhkan koordinasi dari semua pihak yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

  4. Pelaksanaan
    Pada tahap pelaksanaan, diharapkan berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

  5. Evaluasi Pelaksanaan
    Selama proses pelaksanaan bisnis berlangsung, dilakukan evaluasi terhadap setiap kegiatan dalam proses bisnis tersebut. Evaluasi dilakukan agar proses bisnis akan semakin menjadi lebih baik.
Baca Juga   Teori Z

Gunakan Jasa Studi Kelayakan Yang Terpercaya

Untuk melakukan studi kelayakan dapat dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa studi kelayakan. Namun ketika menyerahkan rencana bisnismu kepada jasa tersebut perlu dipertimbangkan dengan hal yang berkaitan dengan kerahasiaan dari bisnis tersebut. Hal ini disebabkan karena untuk melakukan studi kelayakan maka berbagai aspek dalam bisnis harus diserahkan kepada jasa tersebut.

Oleh sebab sangat penting untuk memilih jasa yang terpercaya. Jika menggunakan jasa yang sekaligus dapat memberikan jasa pembuatan rencana bisnis dan jasa pembuatan studi kelayakan, akan sangat memudahkan dan memberikan keuntungan. Mulai dari proses yang komprehensif karena ditangani oleh satu lembaga saja, selain itu juga bisa mendapatkan biaya yang lebih murah.

Jasa konsultan seperti Grapardi group yang melayani pembuatan rencana bisnis sekaligus studi kelayakan akan sangat membantu buat kamu yang akan menjalankan bisnis. Dengan pengalaman yang dimiliki dan tenaga ahli yang kompeten di bidang bisnis tentu akan membuat bisnis yang kamu inginkan dapat dipersiapkan dengan baik. Grapardi Group juga bisa membantu kamu untuk menjalankan strategi bisnis yang tepat untuk bisnis yang kamu jalankan.

Jadi jika kamu berencana menjalankan bisnis, jangan pernah lupakan untuk membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan studi kelayakan terhadap rencana bisnis tersebut. Jika kamu tidak memiliki keahlian tersebut, jangan kuatir. Kamu bisa menyerahkan kepada jasa konsultan agar rencana bisnismu dapat dilakukan analisa secara komprehensif.

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Peluang Usaha yang bisa kita lirik di Masa Pandemi

4 Mins read
Di masa pandemi karena Covid-19 ini, banyak pekerja yang terpaksa harus memutar otak karena adanya efisiensi perusahaan yang menyebabkan pemotongan gaji atau…
Bisnis

Tips Cara Jualan Online Laris di Marketplace

5 Mins read
Perkembangan internet yang semakin masif menimbulkan dunia bisnis baru yang berkembang di masyarakat, yaitu bisnis online. Kemudahan yang didapatkan oleh pembeli ketika…
Bisnis

Mengembangkan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T Indonesia Melalui Dayamaya

3 Mins read
Saat ini ekonomi digital dipandang sebagai salah satu penggerak perekonomian suatu negara. Dengan penduduk yang banyak, maka Indonesia mempunyai potensi ekonomi digital…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.