NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

Manfaatkan Instagram Sebagai Solusi Marketing Online

2 Mins read
Manfaatkan Instagram Sebagai Solusi Marketing Online
Gambar oleh Wokandapix dari Pixabay

Saat ini, hampir segala proses bisnis dilakukan dengan berorientasi secara online. Demikian juga jika kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam bidang jual-beli barang. Tentunya kamu juga jangan sampai ketinggalan untuk juga mengikuti tren ini. Salah satu platform yang dapat digunakan adalah Instagram. Kamu bisa manfaatkan Instagram sebagai solusi marketing online dari bisnis kamu. Dalam tulisan kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana cara berjualan di Instagram.

Mengenal Instagram

Awalnya Instagram adalah sebuah aplikasi yang pertama kali dirilis di telepon seluler dengan sistem operasi IOS atau yang dikenal dengan Iphone. Namun seiring dengan semakin banyaknya permintaan dari pengguna Android, maka dibuatlah versi Android. Seperti yang sudah diduga , setelah versi Android dirilis, pengguna Instagram semakin banyak hingga saat ini.

Aplikasi Instagram pada dasarnya adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto. Fitur yang paling favorit di Instagram adalah fitur filter yang akan membuat sebuah foto yang diunggah menjadi tampak luar biasa. Aplikasi yang saat ini secara resmi dikelola oleh Facebook, saat ini tidak hanya dimanfaatkan untuk sekedar berbagi foto antar pengguna saja, tetapi telah dijadikan sebagai media untuk mengenalkan produk atau jasa.

Instagram bisa menjadi media yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa karena Instagram dapat menampilkan gambar atau video produk atau jasa milik kamu sebagai salah satu bentuk promosi. Kegiatan promosi adalah salah satu aktifitas marketing yang harus dilakukan. Seiring dengan kemajuan teknologi, maka promosi dalam definisi ilmu marketing online adalah melakukan promosi dengan menggunakan media online. Oleh sebab itu, Instagram menjadi media yang sangat tepat untuk dapat melakukan promosi secara online dengan menampilkan gambar atau video dari produk atau jasa kamu.

Baca Juga   Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto

Pastikan agar gambar atau video dapat ditampilkan secara bagus, paling tidak produk atau jasa kamu bisa terlihat dengan sangat jelas.

Lalu bagaimana cara agar postingan promosi produk atau jasa kamu di Instagram bisa optimal? Kamu bisa gunakan 3 cara ini, antara lain:

  1. Perbanyak Follower
    Agar produk atau jasa kamu mendapatkan atensi, kamu harus memiliki follower sebanyak mungkin agar materi promosi melalui akun Instagram kamu bisa terdistribusikan sebanyak mungkin.
  2. Menggunakan Iklan di Instagram
    Jika kamu merasa terlalu lama untuk bisa mendapatkan follower di Instagram, kamu bisa gunakan jasa dari Instagram untuk mengiklankan materi postinganmu. Keuntungan menggunakan iklan di Instagram adalah kamu tidak membutuhkan follower yang banyak supaya postinganmu dapat terdistribusi secara luas. Keuntungan lainnya adalah iklan kamu buat akan bisa tersegmentasi atau terfokus kepada target pasar yang ingin kamu capai.
  3. Menggunakan Jasa Endorser
    Cara lainnya adalah menggunakan jasa endorser. Seorang endorser biasanya sudah memiliki follower yang sangat banyak. Biasanya, besarnya tarif unutk mempromosikan produk atau jasa kami di postingan mereka akan sangat tergantung dari jumlah follower yang mereka miliki. Semakin banyak jumlah followernya maka akan semakin tinggi tarifnya.

Itu tadi ulasan tentang bagaimana cara manfaatkan Instagram sebagai solusi marketing online untuk bisnis kamu, semoga bisa bermanfaat.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
MarketingTulisan Lepas

Belajar Marketing Dari Pak Glenn Karela Purwanto

3 Mins read
Pada tanggal 22 Februari 2020 Expert Club Indonesia chapter Surabaya membuat acara Expert Talks yang keren untuk membuka kegiatan di awal tahun…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.